HEADLINE NEWS

Dinkes Prabumulih Himbau Warga Cambai Jangan Gunakan Air Sumur Untuk Memasak

CAMBAI, PP - Dinas Kesehatan Kota Prabumulih bersama Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup Kota Prabumulih, tadi siang sekitar pukul 11.00 WIB, turun ke Desa Cambai untuk melakukan pengecekan terkait tercemarnya sejumlah sumur warga dalam beberapa hari terakhir.

Kedua dinas tersebut, langsung melakukan uji sampel menggunakan sejumlah alat, seperti alat pengukur Ph air, kadar oksigen, dan lainnya. Sampel pun diambil dari beberapa sumur warga yang dinilai memiliki pencemaran lebih tinggi.

Kepala Dinas kesehatan Kota Prabumulih, Iwan Hasibuan, melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Juadi  mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab pencemaran air sumur tersebut.

"Belum kita ketahui, karena sampel ini juga akan kita lakukan uji lab," ungkapnya.
Namun, Juadi menjelaskan secara kasat mata air sumur tersebut masuk kategori tidak layak untuk dikonsumsi.

" Kalau secara fisik air tersebut berbau, jadi dari situ saja kita sudah menyimpulkan kalau air tersebut tidak layak untuk diminum," jelasnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh warga Desa Cambai yang air sumurnya tercemar, tidak memanfaatkan air tersebut untuk makan dan minum.

"Karena nantinya ditakutkan dapat menimbulkan sakit, seperti diare. Sebab air sumur itu tidak memenuhi unsur kesehatan. Tapi kalau untuk mandi itu tidak apa apa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup, Juaidi  mengatakan, untuk sementara pihaknya menyimpulkan jika tercemarnya sumur tersebut akibat perubahan iklim.

"Untuk pencemaran tidak ada. Namun, sementara ini kita menyimpulkan tercemarnya air sumur itu terjadi karena perubahan iklim. Mengingat, kejadian ini terjadi setelah hujan turun, ," ungkapnya

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *