Home » , » 25 Persen Perusahaan di Prabumulih Belum Berikan Jaminan Kesehatan Pekerjanya

25 Persen Perusahaan di Prabumulih Belum Berikan Jaminan Kesehatan Pekerjanya

Written By Posmetro Prabu on 23/09/14 | 23.9.14

SUDIRMAN, PP - Dari 418 perusahaan yang terdaftar di kota Prabumulih, baru sekitar 75 persen perusahaan saja, yang telah mendaftarkan karyawannya ke pemberi jaminan kesehatan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) kota Prabumulih, Drs Zulkifli AB seusai membuka acara Sosialisasi Peraturan Norma Ketenaga Kerjaan di aula Hotel Grand Nikita, selasa (23/9).

"Sampai saat ini baru sekitar 75 persen saja perusahaan yang telah memberikan jaminan kesehatan pada karyawan," ungkapnya.

Zulkifli mengatakan, memberikan jaminan kesehatan terhadap pekerja merupakan kewajiban perusahaan. Karena itulah pihaknya selama ini terus melakukan Pengawasan serta pemantauan terhadap perusahaan perusahaan tersebut.

"Jika perusahaan perusahaan tersebut tetap bersikukuh tidak mau menjamin kesehatan karyawannya, maka perusahaan itu bisa dikenakan sanksi sesuai undang undang ketenagakerjaan," ujarnya.

Disinggung terkait sanksi yang akan diberikan bagi perusahaan yang belum memberika jaminan kesehatan pada pekerjanya, Zulkifli menuturkan jika hal tersebut ada tahapan tahapannya.

"langkah awal kita beri himbauan terlebih dahulu,  dan jika sudah dihimbau juga belum maka akan kita berikan pembinaan, setelah pembinaan jika memang belum juga akan kita lakukan pemanggilan dan langkah terakhir adalah  pencabutan izin," tuturnya.

Diterangkan Zulkifli, sesuai peraturan presiden No 111 Tahun 2013, perusahaan dideadline untuk mendaftarkan karyawan ataupun pekerjanya ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada tanggal 1 Januari 2015 mendatang.

"Untuk itulah kita mengundang sejumlah prusahaan keacara ini untuk sosialisasi. Selain itu, kita juga turut mengundang pihak BPJS untuk menerangkan mekanisme pendaftaran jaminan kesehatan tersebut," jelasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu