Home » » Tunjangan Profesi Guru Prabumulih Belum Dibayar Selama 3 Bulan

Tunjangan Profesi Guru Prabumulih Belum Dibayar Selama 3 Bulan

Written By Posmetro Prabu on 04/08/14 | 4.8.14

PRABUMULIH – Sejumlah guru pegawai negeri sipil (PNS) dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, kembali mempertanyakan dana sertifikasi atau uang tunjangan profesi yang sampai sekarang belum mereka terima. Padahal berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0411.1161/C5.6/TP/TI/2014 tentang penerima tunjangan profesi bagi guru pegawai negeri sipil (PNS) untuk semester satu (1) tahun anggaran 2014 uang tersebut sudah harus dibayarkan setiap bulannya, sejak SK Kemendikbud itu diberlakukan.

“Dana sertifikasi ini semestinya setiap bulan kita terima, terhitung dikeluarkan SK tersebut, namun baru dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan itu pun setelah ada desakan,” ungkap salah satu guru yang namanya minta tidak ditulis, kepada wartawan, Senin (4/8).

Menurut ia, semenjak SK itu dikeluarkan terhitung 1 Januari 2014 hingga batas tanggal 30 Juni 2014 atau untuk selama semester 1 pembayaran dana tunjangan profesi tersebut banyak tidak jelas. Bahkan sampai minggu pertama bulan Juli, dana sertifikasi tersebut masih banyak yang belum dibayarkan.

“Baru dibayarkan sebelum lebaran tadi, itu pun baru dibayarkan tiga bulan. Sementara sisanya sampai saat ini belum jelas,” keluhnya, seraya mewanti agar namanya jangan ditulis.

Terkait itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, H M Rasyid SAg MM, ketika dikonfirmasi mengatakan, pembayaran dana tunjangan profesi bagi guru PNS baru bisa dilakukan setelah pihaknya mendapatkan data dan jumlah kongkrit penerima uang tersebut dari pihak Kemendikbud pusat.

“Kita Dinas Pendidikan hanya menyalurkan saja, jika data penerima yang kita peroleh 30 guru 30 itulah yang kita bayarkan, dan seterusnya,” sebut Rasyid, ketika ditemui diruangan kerjanya, beberapa waktu lalu.

Rasyid menuturkan, besarnya tunjangan profesi yang diterima guru tergantung dari besarnya gaji pokok guru yang bersangkutan yang dihitung 1 kali gaji pokok. “Besarnya tunjangan profesi ini setara dengan 1 kali gaji pokok guru bersangkutan,” jelas Rasyid.

Dia juga menjelaskan, factor lain keterlambatan dibayarkannya tunjangan profesi bagi guru tersebut dikarenakan aturan dan teknis pelaksanaannya dari pusat yang kerap berubah sehingga proses penyalurannya ke daerah terhambat dan memakan waktu.


“Lebih dikarenakan aturan pelaksanaannya yang sering berubah, SK nya bisa dua bulan, dan baru tahun ini diberlakukan per enam bulan (1 semester), kalau kita sih inginnya cepat karena ini menyangkut hak dan prestasi bagi guru bersangkutan,” pungkasnya.(pp/dn) 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu