Home » » Prabowo Menggugat, KPU Prabumulih Buka 37 Kotak Suara

Prabowo Menggugat, KPU Prabumulih Buka 37 Kotak Suara

Written By Posmetro Prabu on 12/08/14 | 12.8.14

PRABUMULIH – Menyusul perselisihan sengketa pemilihan presiden (pilres) yang saat ini masih disidangkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih membuka 37 kotak suara di 17 kelurahan yang ada di kota Prabumulih.

Ketua KPUD Kota Prabumulih, M Takhyul SIP mengatakan, pembukaan kotak suara tersebut berdasarkan surat dari KPU RI, terkait materi gugatan tambahan pasangan capres Prabowo–Hatta. “Di Sumsel hampir seluruh kabupaten dan kota diperintahkan untuk membuka kotak suara. Kita (Prabumulih,red) diminta untuk membuka 37 kotak suara,” ungkap Takhyul.

Dijelaskan mantan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana ini, TPS yang kotak suaranya dibuka terbagi dalam dua permasalahan. Salah satunya adalah seperti yang dituduhkan pihak Prabowo-Hatta, yakni terkait kejanggalan jumlah seluruh pengguna hak pilih tidak sama dengan jumlah surat suara yang digunakan, dan jumlah surat suara sah dan tidak sah.

“Berdasarkan pengaduan tim prabowo-hatta masalah itu terjadi di 24 TPS,” terangnya seraya mengatakan untuk pengaduan satunya lagi yakni kejanggalan pengguna hak pilih dalam DPKTb atau pengguna KTP atau identitas lain lebih besar dari DPKTb.

Pada proses pembongkaran kotak suara itu KPU Kota Prabumulih, mengundang sejumlah pihak terkait seperti Panwas, saksi kedua pasangan capres dan aparat Kepolisian. “Dokumen yang kita ambil dalam kotak suara itu adalah formulir C1, plano yang berhologram, kemudian C1 kecil yang berhologram, A5, serta C7. Nantinya semua ini akan menjadi alat bukti dan kita serahkan ke KPU RI untuk bahan tambahan di MK nanti,” kata dia.
           
Masih kata Takhyul, proses pembukaan 37 kotak suara itu memakan waktu sekitar 2,5 jam. Pembukaan dilaksanakan mulai sekitar pukul 20.30 Wib dan selesai sekitar pukul 23.00 Wib. “Hadir dan turut menyaksikan pembukaan sejumlah kotak suara tersebut, ketua Panwaslu kota Prabumulih, Kapolres Prabumulih dan saksi kedua pasangan capres dan cawapres,” pungkasnya.(dn)


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu