Home » » Normalisasi Sungai, Pemko Prabumulih Siapkan Rp. 14,2 Miliar

Normalisasi Sungai, Pemko Prabumulih Siapkan Rp. 14,2 Miliar

Written By Posmetro Prabu on 22/08/14 | 22.8.14

PRABUMULIH, PP - Pemerintah Kota Prabumulih kembali mengucurkan dana sebesar Rp. 14.227.620.000,- untuk membiayai proyek Normalisasi Sungai yang kerap meluap dan membanjiri pemukiman serta lahan pertanian warga. Upaya ini dinilai adalah cara yang paling efektif menanggulangi banjir di wilayah Bumi Seinggok Sepemunyian. Terbukti, salah satu sungai di Kota Prabumulih yakni sungai Kelekar setelah dinormalisasi tidak lagi meluap jika hujan deras menerpa.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Prabumulih Ir Ardi Supratman kepada Posmetro Prabu ketika dibincangi di ruang kerjanya belum lama ini mengungkapkan bahwa Anggaran tersebut diatas diperuntukkan untuk menormalisasi beberapa sungai di Kota Prabumulih. Sungai-sungai tersebut lanjutnya adalah, Sungai Medang, Batang Hari dan Sungai Kelekar.

Meski dana Rp.14,2 Miliar ini dinilai sangat terbatas, namun Kiay (sapaan akrab kepala Dinas) mengaku optimis kegiatan Normalisasi mampu mengatasi keluhan warga dari ancaman banjir. 

"Jika diperhitungkan memang masih kurang. Perlu diketahui bahwa tahun ini proyek tersebut masih sebatas pengerukannya saja. Pemerintah juga masih membutuhkan dana untuk membangun talud disepanjang daerah aliran sungai sebagai penyangga tanah hasil kerukan agar tidak kembali ke Sungai" ujar Ardi.

Dikatakan, proyek ini sudah dikerjakan oleh rekanan Kontraktor dan diharapkan dapat dikerjakan tepat waktu dan sesuai dengan yang diharapkan, tegasnya. 

Salah seorang tokoh masyarakat Sungai Medang yang dikonfirmasi Posmetro Prabu sangat menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Pemerintah. Menurutnya, beberapa kawasan di wilayah Kota Prabumulih, banjir merupakan momok yang paling menakutkan. Jika diguyur air hujan beberapa jam saja sebagian kawasan pertanian di Sungai medang hingga Payuputat sudah terendam banjir. Belum lagi, jika musim hujan tiba, lahan pertanian warga bisa kebanjiran berhari-hari. 

Hal ini lanjutnya, disebabkan kondisi sungai yang kian memprihatinkan menyebabkan banjir semakin sulit diatasi. Langkah dan upaya Pemerintah yang menjadikan penanggulangan banjir sebagai salah satu program prioritas sangat kita Apresiasi, tandasnya. (pp/01)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu