Home » » Eksplorasi Sumur Tua Pertamina Terancam Batal

Eksplorasi Sumur Tua Pertamina Terancam Batal

Written By Posmetro Prabu on 12/08/14 | 12.8.14

PRABUMULIH – Rencana Pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih yang akan mengeksplorasi sumur-sumur minyak tua yang tidak berproduksi lagi dan tidak dikelola Pertamina, tampaknya terancam batal. Penyebabnya, hingga kini pihak dari PT Pertamina belum memberikan izin kepada pihak PT Wangsa selaku perpanjangan tangan dari Pemkot Prabumulih.


Hal itu diungkapkan oleh Kepala Perusahaan Daerah (PD) Petro Prabu, M Azhari, kemarin.

Menurut dia, sampai saat ini pihaknya masih menunggu jawaban tertulis dari Pertamina. “Kita baru mengajukan data sumur tua ke Pertamina Prabumulih ada atau tidaknya. Sampai saat ini belum ada jawaban,” katanya.

Azhari mengatakan, berdasarkan Permen Nomor 1 Tahun 1988 yang dimaksud sumur tua ialah sumur yang dibuat dibawah tahun 1970 – an dan sudah tidak diproduksi (dikelola, red) oleh pihak Pertamina lagi. “Biasanya dalam satu lapangan belum tentu termasuk sumur tua. Makanya yang tau itu Pertamina, tapi kita tetap berupaya agar pengolaan sumur tua bisa dilaksanakan," sebutnya.

Disinggung, terkait MoU (kerjasama) dengan PT Wangsa, dijelaskannya hanya sebatas pengelolaan. “Status PT Wangsa itu hanya kerjasama dengan kita untuk mengelola sumur-sumur tua tersebut, dan ini memang sudah peraturan menteri,” tandasnya.

Lebih jauh Azhari menjelaskan, jangka waktu MoU dengan PT Wangsa diberikan hingga sampai 6 bulan ke depan. “Berlakunya terhitung setelah penandatanganan MoU, jika batas waktu 6 bulan tidak terealisasi maka perjanjian itu batal dengan sendirinya.




“Ini baru berjalan dua bulan lebih, kalau lewat enam bulan tidak berhasil maka perjanjian batal. Namun, baik perusda maupun PT Wangsa sampai saat ini tetap berupaya dengan mengajukan surat ke Pertamina pusat. Semoga saja berhasil dan Prabumulih menjadi kota ke kedua se Indonesia yang Perusdanya mengelola sumur minyak tua," pungkasnya.(pp/nr)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu