Home » » Usai Wawako, Kini Diskoperindag Janji Tindak Agen Makanan Berformalin

Usai Wawako, Kini Diskoperindag Janji Tindak Agen Makanan Berformalin

Written By Posmetro Prabu on 03/07/14 | 3.7.14

PRABUMULIH, PP-Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Prabumulih, bekerjasama dengan Dinas Pertanian, dan Dinas ketahanan pangan Kota Prabumulih melakukan inspeksi mendadak (sidak) kepasar Inpres Kota Prabumulih, kamis (3/7).

Sidak tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan peredaran makanan yang mengandung zat zat berbahaya seperti Formalin dan Boraks. Serta sebagai pencegahan peredaran produk berbahaya dari oknum agen di Kota Palembang, yang dalam membuat produk makan, memakai zat berbahaya seperti gypsum dan boraks sebagai bahan pewarna dan pengawet produk makanan tersebut.

Menindak lanjuta hasil sidak dilapangan, dimana hampir semua sampel uji tes, positif mengandung formalin dan boraks. Kepala Dinas Koperindag Kota Prabumulih, Junaida SE mengatakan jika pihaknya telah melayangkan teguran tertulis kepada para pedagang yang kedapatan menjual makanan yang mengadung zat berbahaya tersebut.

"Untuk sekarang ini kita hanya membeli teguran tertulis, dengan cara didata. Dan apabila nantinya masih ada pedagang yang kedapatan menjual makanan berformalin, maka akan ditindak sesuai hukum yang berlaku," ungkapnya.

Junaida menjelaskan kalau dalam waktu dekat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Diskoperindag Kota Palembang dan Diskoperindag Provinsi Sumatera Selatan terkait temuan hasil sidak tersebut.

"Makanan yang dijual pasar inpres inikan dari pengakuan pedagang dari palembang, jadi nanti kita akan koordinasikan dengan Diskoperindag Kota Palembang dan juga Diskoperindag Provinsi," ujarnya

Lebih lanjut, Junaida menambahkan jika pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak penegak hukum, untuk mengamankan oknum agen penjual makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut.

"Nanti kita juga akan berkoordinasi dengan pihak intel, akan kita selidiki lebih mendalam. Karna untuk memutus transaksi perdagangan ini, dilakukan dari induknya terlebih dahulu. Karena pedagangkan hanya menjual, dan belum tentu juga mereka mengetahuinya," tambahnya. (pp/dsd)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu