Home » » Ramadhan, Pengemis Marak di Prabumulih

Ramadhan, Pengemis Marak di Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 02/07/14 | 2.7.14

PRABUMULIH, PP - Bulan puasa yang penuh berkah ini, dijadikan bisnis oleh sejumlah pengemis untuk meraup keuntungan. Salah satunya di pasar kuliner yang dibangun dihalaman masjid agung nur arafah kota Prabumulih. Pengemis yang tidak diketahui dari mana asal usulnya tersebut, duduk santai sambil mengadahkan kedua tangan mengharap belas kasihan orang lain yang lewat.

Tak banyak sejumlah warga yang iba pun, mengeluarkan uang receh untuk memberi sumbangan. Namun banyak juga sejumlah warga yang kesal dan merasa resah dengan keberadaan pengemis tersebut yang dinilai malas untuk mencari pekerjaan yang lebih terhormat.

"Iyo, masih mudo, badan gemuk, besak tinggi bugar malah ngemis. Seharusnyo carilah gawe lain yang lebih pantas. Aku ringam jingoknyo, bukan apo apo, pernah teliat pengemis itu belanjo di toko sinar baru grande," ungkap Deni warga kelurahan wonosari Prabumulih Utara.

Hal serupa pun diungkap oleh Marin, warga Kelurahan Karang Raja kecamatan Prabumulih Barat, menurutnya para pengemis tersebut kebanyakan warga datangan yag mencari nafkah di Kota Prabumulih dengan cara mengemis.

"Banyak yang dari daerah luar mungkin, soalnya setiap ada hari hari besar saja suka rame. Kalau hari hari biasa sepi, paling satu dua pengemis saja," ungkapnya.

Marin mengharapkan pihak terkait untuk mengamakan para pengemis tersebut karena menurutnya dengan banyaknya pengemis yang mencari nafkah dikota Prabumulih dapat menjadikan Kota Prabumulih kotor dan terkesan Pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

"Harus cepat ditindak tegas, karena ditakutkan nantinya kota Prabumulih menjadi tempat perkumpulan para pengemis. Mengingat bisnis ngemis itu sangat menjanjikan," terangnya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial, Haidir Wady melalui Sekretaris Dinas Sosial, Asdi Yusantaman SE saat dikonfirmasi mengatakan jika para pengemis tersebut merupakan pengemis datangan. Bukan asli dari Kota Prabumulih.

"Mereka bukan asli dari sini (Kota Prabumulih) karena kami sudah peenah mendata, hanya terdapat satu pengemis yang memang warga kota prabumulih,"

Terkait banyaknya pengemis musiman yang menjamur tersebut, Asdi mengatakan jika pihaknya belum menerima laporan terkait hal tersebut.

"Disini kita menunggu laporan dari masyarakat terlebih dahulu, barulah kita bisa turun langsung kelapangan. Mengingat tugas kita membina, tapi apabila memang sudah meresahkan, baru kami bisa turun kelapangan," terangnya.

Sementara itu, kasat Polisi Paming Praja (PolPP) pemerintah Kota Prabumulih, Ibrahim Cik Ading SH, saat dikonfirmasi terkait masalah tersebut mengatakan jika pihaknya sudah sering kali melakukan razia pengemis tersebut.

"Kita sering melakukan razia tersebut, namun kelang beberapa hari kemudian pengemis tersebut kembali beroperasi lagi," ungkapnya.

Namun, Ibrahim menegaskan untuk menanggapi keresahan masyarakat tersebut. Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan razia kembali terhadap sejumlah pengemis musiman yang datang ke Kota Prabumulih tersebut.

"Kita akan berkoordinasi dengan dinas terkait, untuk bersama sama menertibkan para pengemis musiman tersebut dalam waktu dekat ini," tegasnya.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu