Home » , » Pemkot Prabumulih Anggarkan Rp 2,9 M Bangun Puskesmas Eks RSUD Karang Raja

Pemkot Prabumulih Anggarkan Rp 2,9 M Bangun Puskesmas Eks RSUD Karang Raja

Written By Posmetro Prabu on 04/07/14 | 4.7.14

PRABUMULIH – Bangunan eks RSUD yang berlokasi di jalan AK Gani, Kelurahan Karang Raja, yang kini terbengkalai tak lama lagi akan difungsikan. Hal ini setelah Pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih akan membangun ulang bangunan eks RSUD itu menjadi puskesmas dengan dilengkapi fasilitas rawat inap.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Dr H Iwan Hasibuan MKes mengatakan, pembangunan puskesmas rawat inap tersebut dilakukan berdasarkan permintaan dari masyarakat setempat, dan keinginan dari ahli waris lahan eks RSUD tersebut.

“Benar, memang rumah sakit itu sudah lama ditinggalkan dan terbengkalai. Sehingga pemerintah memilih untuk memungsikan lahan tersebut dengan dibangun puskesmas. Ini merupakan permintaan dari masyarakat setempat yang menginginkan adanya puskesmas di wilayah tersebut,” ungkapnya.

Iwan mengatakan, selain melayani pasien rawat inap puskesmas tersebut nantinya akan memiliki karakteristik tersendiri yakni dengan menyediakan fasilitas pelayanan persalinan.

Puskesmas rawat inap ini nantinya disiapkan memiliki fasilitas persalinan. Jadi masyarakat setempat yang hendak melahirkan dapat terbantu dengan baik sehingga tidak perlu repot-repot pergi ke rumah sakit lagi. Selain itu pula dapat mengurangi jumlah angka kematian terhadap ibu dan bayi,” katanya.

Namun untuk membangun puskesmas dengan fasilitas selengkap itu, dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Pemerintah sedikitnya telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2,9 miliar untuk menyulap eks RSUD menjadi puskesmas dengan fasilitas rawat inap dan ruang bersalin.

“Anggarannya sudah ada, secara bertahap sudah disisihkan dan disiapkan untuk pembangunan puskesmas itu. Dananya murni berasal dari APBD,” imbuhnya seraya berharap pembangunan puskesmas ini dapat menjamin kesehatan warga Kelurahan Karang Raja yang jumlah penduduknya cukup padat.

Sementara itu, Mat Sudi warga Jalan Sakura, Kelurahan Karang Raja, Kecamatan Prabumulih Timur yang merupakan salah seorang ahli waris yang telah menghibahkan lahan RSUD kepada pemerintah mengaku sangat mendukung niat pemerintah yang akan membangun lahan eks RSUD menjadi puskesmas.

“Setelah pemerintah membangun rumah sakit umum di jalan Lingkar, memang lahan itu dibiarkan kosong dan terbengkalai begitu saja. Bahkan dulu sempat akan dibangun sekolah, namun kita dari keluarga besar ahli waris kurang setuju, karena kita lebih berkenan jika lahan itu dibangun puskesmas atau sejenis pelayanan kesehatan lainnya. Karena itu sudah merupakan permintaan dari nenek kita,” tandasnya.(pp/dn)


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu