Home » » Pemko Prabumulih Pastikan Daging di Pasar Aman Dikonsumsi

Pemko Prabumulih Pastikan Daging di Pasar Aman Dikonsumsi

Written By Posmetro Prabu on 04/07/14 | 4.7.14

PRABUMULIH, PP - Berdasarkan hasil pemeriksaan tim gabungan Pemkot Prabumulih dari Dinas Pertanian Perikanan dan Kehutanan (DP2KP), sejumlah daging sapi yang dijual di Pasar Inpres aman dari campuran daging celeng (babi,red).

Isu ini akhirnya terbantahkan terkait maraknya keberadaan daging celeng yang dijual di Pasar Inpres tersebut. Atas kepastian itu, masyarakat Prabumulih tak perlu khawatir dalam mengkonsumsi daging saat bulan ramadhan.

Kepala DP2KP, Drs Syamsurizal SP MSi mengatakan, dari inspeksi mendadak di bulan puasa ini bertujuan untuk mengantisipasi keberadaan daging gelonggongan ataupun daging tak layak konsumsi serta daging campuran dari celeng.

"Karena bulan puasa permintaan daging meningkat. Untuk mengantisipasi adanya daging tak layak konsumsi, maka kita lakukan razia," ujarnya, kemarin (4/7).

Dia menambahkan, dari hasil cek pemeriksaan kemarin yang menggunakan alat ukur PH Meter, pihaknya tidak menemukan daging sapi ataupun kerbau dan ayam yang mencurigakan. "Sejauh ini aman dan tidak ada yang mencurigakan. Semuanya akam untuk dikonsumsi," katanya.

Namun demikian, lanjut Syamsulrizal, pihaknya akan tetap melakukan sidak sewaktu-waktu. Takutnya, dikhawatirkan akan ada oknum yang bermain curang dengan menjual daging yang tak layak konsumsi.

"Walaupun sejauh ini aman, kita akan tetap pantau perkembangannya," bebernya.

Sementara Kabid Peternakan dan Perikanan, drh Nora Gustina menambahkan, dari hasil pengambilan sempel daging dan diuji melalui alat PH Meter, ternyata kadar keasaman daging yang dijual saat ini kadar asam normal.

"Dengan alat PH ini bisa diketahui mana daging gelonggongan, mana yang tak layak dan mengandung air. Dari hasil pemeriksaan semuanya normal," terangnya seraya menjelaskan kalau beberapa daging yang dijual kedapatan daging sisa penjualan daging hari sebelumnya.

"Itu bukan tiren, tetapi daging yang dijual kemarin yang tak habis yang disimpan ditempat dingin" tegasnya. (pp/nr)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu