Home » » Malaysia Airlines Jatuh di Wilayah Separatis Pro-Rusia

Malaysia Airlines Jatuh di Wilayah Separatis Pro-Rusia

Written By Posmetro Prabu on 17/07/14 | 17.7.14

UKRAINA, PP - Seorang pejabat Ukraina mengatakan sebuah pesawat penumpang yang membawa 295 orang ditembak jatuh Kamis (17/07) dibagian timur negara itu, dan Malaysia Airlines tweeted bahwa ia kehilangan kontak dengan salah satu penerbangan melalui wilayah udara Ukraina. 

Anton Gerashenko, penasihat menteri dalam negeri Ukraina, mengatakan pada halaman Facebook-nya pesawat terbang pada ketinggian 33.000 kaki. Dia juga mengatakan ditabrak oleh sebuah rudal yang ditembakkan dari sebuah peluncur Buk, yang dapat menembakkan rudal hingga ketinggian 72.000 kaki. 

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan angkatan bersenjata negaranya tidak menembak pada setiap target udara. 

"Kami tidak mengecualikan bahwa pesawat ini ditembak jatuh, dan kami menekankan bahwa Angkatan Bersenjata Ukraina tidak mengambil tindakan terhadap setiap sasaran udara," katanya. "Kami yakin bahwa mereka yang bersalah dalam tragedi ini akan bertanggung jawab." 

Namun, Ukraina pemberontak pro-Rusia mengatakan mereka tidak menembak jatuh pesawat dan menyalahkan angkatan bersenjata Ukraina. 

CBS News belum mengkonfirmasi bahwa pesawat itu ditembak jatuh. 

Malaysia Airlines mengatakan pada Twitter feed bahwa itu "telah kehilangan kontak MH17 dari Amsterdam. Posisi terakhir yang diketahui adalah atas wilayah udara Ukraina. Lebih detail untuk mengikuti." Tujuan pesawat itu adalah Kuala Lumpur. 

FAA telah melarang operator AS terbang di daerah itu dari Ukraina, koresponden CBS News Bob Orr melaporkan. 

Presiden Barack Obama meminta para penasihatnya untuk membuatnya tetap diperbaharui pada laporan pesawat. Tapi Gedung Putih mengatakan tidak dapat mengkonfirmasi laporan bahwa pesawat itu ditembak jatuh. 

Ini adalah kedua kalinya bahwa sebuah pesawat Malaysia Airlines telah hilang dalam waktu kurang dari enam bulan. Malaysia Airlines Flight 370 - lain Boeing 777 - menghilang pada Maret sementara dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Ini belum ditemukan, namun pencarian telah terkonsentrasi di Samudera Hindia barat jauh dari Australia. 

Pemerintah wilayah Donetsk mengatakan pesawat Kamis jatuh di dekat sebuah desa bernama Grabovo, yang katanya saat ini di bawah kendali bersenjata separatis pro-Rusia. Wilayah di mana pesawat itu hilang telah melihat pertempuran berat antara pasukan Ukraina dan pemberontak separatis pro-Rusia dalam beberapa hari terakhir. 


Sebuah peluncur mirip dengan sistem rudal Buk terlihat oleh wartawan Associated Press di dekat kota Ukraina timur Snizhne Kamis pagi. 

Pada Rabu malam, sebuah jet tempur Ukraina ditembak jatuh oleh sebuah rudal udara-ke-udara dari pesawat Rusia, pihak berwenang Ukraina Kamis, menambah apa yang Kiev mengatakan adalah bukti bahwa Moskow secara langsung mendukung pemberontak separatis di timur Ukraina. Juru bicara Dewan Keamanan Andrei Lysenko mengatakan pilot jet Sukhoi-25 terkena rudal udara-ke-udara dipaksa untuk menyelamatkan setelah jet-nya ditembak jatuh. 

Pemberontak pro-Rusia, sementara itu, mengaku bertanggung jawab atas serangan Rabu di dua Ukraina Sukhoi-25 jet. Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan jet kedua tertabrak portabel permukaan-ke-udara rudal, tetapi menambahkan pilot selamat dan berhasil mendaratkan pesawatnya dengan aman 

Moskow membantah tuduhan Barat yang mendukung separatis atau menabur kerusuhan di tetangganya. Kementerian Pertahanan Rusia tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar tentang Kamis jet Ukraina dan kementerian luar negeri Rusia tidak menanggapi beberapa permintaan untuk komentar. 

Pada hari Senin, para pejabat Ukraina mengatakan salah satu pesawat angkut militer mereka dihantam roket dan jatuh di wilayah yang sama. 

Pemberontak di bagian timur Ukraina konflik didera segera mengaku bertanggung jawab atas menenggak Antonov AN-26, tapi Menteri Pertahanan Ukraina Valeriy Heletey mengatakan roket mungkin telah ditembakkan dari dalam Rusia. 

Heletey mengatakan, pesawat itu terbang pada ketinggian 21.300 kaki, yang katanya terlalu tinggi untuk dicapai dengan senjata yang digunakan oleh separatis melawan pasukan pemerintah. 

Menurut Interfax melaporkan, MH17 dipukul mendekati ketinggian jelajah normal untuk jet penumpang, sekitar 30.000 kaki. Tidak ada rudal bahu-dipecat mampu secara efektif menargetkan pesawat terbang di ketinggian itu, pinjaman kepercayaan pada laporan bahwa mungkin telah jenis pertahanan udara rudal militer seperti sistem Buk diri dibimbing dikutip oleh kantor berita Rusia. 


Setidaknya dua outlet berita Rusia melaporkan pada akhir Juni bahwa pemberontak pro-Rusia telah merebut pangkalan udara Ukraina di wilayah Donestk di mana sistem rudal Buk berada. Tidak jelas berapa lama para pemberontak mempertahankan kontrol dari "A-1402 pangkalan militer," atau apakah setiap sistem Buk telah dihapus dari itu. 

NTSB, FAA dan Boeing semua menyadari laporan dari jatuh pesawat Malaysia Airlines - mereka masih dalam proses pengumpulan informasi dan tidak memiliki apa-apa lagi untuk menambahkan pada saat ini. 

Boeing mengirimkan tweet berikut: "Pikiran dan doa kami dengan orang-orang di kapal MH17, serta keluarga mereka dan orang-orang terkasih Kami siap untuk memberikan bantuan.." (cbsn)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu