Home » » Atasi Permasalahan Lingkungan, Pemkot Prabumulih Datangkan Ahli dari Jepang

Atasi Permasalahan Lingkungan, Pemkot Prabumulih Datangkan Ahli dari Jepang

Written By Posmetro Prabu on 22/07/14 | 22.7.14


PRABUMULIH, PP - Untuk menangani permasalahan lingkungan seperti penanganan sampah, serta efek rumah kaca dibutuhkan seorang ahli khusus dalam menemukan solusi dari permasalahan tersebut.



Beruntung pada tahun ini, pemerintah kota Prabumulih mendapatkan bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam hal mendatangkan ahli dari negeri Jepang untuk memberikan pelatihan serta solusi mengenai permasalahan lingkungan.



Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (DPELH) kota Prabumulih, Junaidi, kemarin.



Menurut Junaidi, kedatangan ahli lingkungan dari negeri Jepang tersebut merupakan kerjasama (MOu) antara Kementerian Lingkungan Hidup serta pemerintah Jepang. Bahkan, ahli dari Jepang yang tergabung dalam JICA itu sudah sempat mampir ke kota Prabumulih untuk mengambil beberapa data lingkungan.



"Bantuan ahli tersebut hanya didapat oleh dua provinsi yang ada di Indonesia yakni Sumatera Utara dan Sumatera Selatan. Nah, untuk Sumsel ditunjuk kota Prabumulih sebagai percontohan," ungkapnya.



Terpilihnya kota Prabumulih, menurut mantan Kabid Pertambangan ini dikarenakan adanya sinkronisasi dengan program penanggulangan permasalahan lingkungan yang sedang digalakkan pemkot.



"Kita sedang menjalankan program Bank Sampah. Kemudian penanganan daur ulang limbah sampah serta program lainnya yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik," tuturnya.


Setelah ahli dari Jepang tersebut mengambil sampel atau data lingkungan kota Prabumulih, nantinya mereka akan kembali lagi dengan sebuah solusi atau program yang disarankan untuk diterapkan oleh pemerintah kota. 

"Kemarin mereka mengambil beberapa data dari perumahan, serta beberapa perusahaan yang ada di kota ini. Mungkin beberapa hari lagi, kemungkinan usai Lebaran mereka akan kembali untuk melaporkan pekerjaannya," pungkasnya (pp/nr)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu