Home » , » Pemko Prabumulih dan PT WEP Teken MoU Pengelolaan Sumur Tua

Pemko Prabumulih dan PT WEP Teken MoU Pengelolaan Sumur Tua

Written By Posmetro Prabu on 25/06/14 | 25.6.14

PRABUMULIH, PP - Pengolahan sumur tua milik PT Pertamina khususnya wilayah Asset 2 yang akan dikelola pihak ketiga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Prabumulih. Hal ini setelah adanya penandatanganan Memoradum of Understanding (MoU) antara perusahaan daerah (Perusda) Petro Prabu dengan PT Wangsa Energi Prakarsa (WEP) Jakarta di gedung Aula Pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih, Rabu (25/6).

Hadir pada kesempatan itu, Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, Asisten I Ahmad Sobri, kepala dinas dan badan, Direktur Petro Prabu Drs H Azhari. Sedangkan dari pihak investor dihadiri Presiden Direktur Teuku Badruddin Syah, Presiden Komisaris PT WEP Harry Harlan Nayasapoetradalam, dan Perwakilan Sumbagsel dan Riau Asril Chaniago.

Presiden Direktur PT Wangsa Energi Prakarsa (WEP), Teuku Badaruddin Syah mengatakan, usai MoU ini pihaknya akan melakukan berbagai kesiapan.


Nah untuk Prabumulih dalam pengelolaan sumur tua tergantung pihak Pertamina EP yang akan memberikan ke PD Petro Prabu yang akan diekplorasi.

"PT WEP ini sebagai pelaksana dari PD Petro Prabu. Kita tergantung atas kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan Pertamina EP," ungkap Teuku.

Sementara Presiden Komisaris PT WEP Harry Harlan Nayasapoetra dalam menuturkan, sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) nomor 1 yang berhak mengelola sumur tua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Jadi kami (PT WEB, red) dalam pengelohan minyak sumur tua itu bekerjasama dengan BUMD kota Prabumulih dalam hal ini Petro Prabu. Sumur tua yang dikelola itu boleh dieksplorasi oleh BUMD (PD Petro Prabu), bilamana Pertamina tidak lagi di fungsikannya lagi sumur tua tersebut," jelasnya.

Dalam pengolahan sumur tua itu nanti, pihaknya tetap berkoodinasi dengan PT Pertamina Asset 2 Kota Prabumulih. 

"Intinya PT Pertamina Asset 2 yang punya lahan. Kami pihak investor hanya menjalankan saja," ungkapnya.
Dikatakan Harry, setelah pengolahan minyak sumur tua berhasil, hasilnya akan dijual ke pihak PT Pertamina. "Hasil pengolahan minyaknya tetap dijual ke PT Pertamina. Jadi tidak jual kemana-mana hasil pengolahan minyak tersebut," tegas Harry.

Sementara Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM menyambut baik atas kerjasama pihak investor yang akan mengelola sumur tua milik PT Pertamina Asset 2.

"Ya, saya mewakili masyarakat Prabumulih sangat senang adanya investor dalam hal ini PT WEB yang hendak mengelola sumur tua," ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakan Ridho, dalam pengolahan sumur tua dibutuhkan waktu.

"Kita beri deadline 6 bulan dulu untuk bekerja, bila tak maksimal akan kita evaluasi kembali. Untuk itu kepada PT WEP segeralah untuk mulai melakukan aktifitasnya mulai dari sekarang, menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan," ujar Ridho.

Ridho menjelaskan, PT WEP sendiri nantinya akan mengelola sekitar 900 sumur tua yang ada di Prabumulih. Dan pengelolaan tersebut direncanakan akan menggunakan teknologi canggih dan modern asal negeri Tiongkok (Cina).

"Berdasarkan data dari tim PT WEP ada 900 sumur tua. Dalam pengelolaannya akan menggunakan teknologi canggih dan modern asal negeri Tiongkok (Cina). Bahkan Prabumulih menjadi kota pertama di Indonesia yang akan menggunakan teknologi tersebut," bebernya.

Masih kata Ridho, dengan diaktifkannya dan dikelola sumur-sumur tua maka hasil yang didapat dapat memberikan dan menambah PAD bagi kota Prabumulih. Selain itu dalam pengelolaan nantinya perusahaan daerah (PD) Petro Prabu yang akan melaksanakannya.

Untuk mengelola sumur tua nantinya teknologi canggih tersebut akan digunakan untuk pengelolaan limbah air dari proses pengeboran minyak menjadi air bersih.


"Bila pengelolaan sumur tua berhasil maka bisa menambah PAD kota Prabumulih. Selain itu air hasil proses pengeboran minyak akan dikelola menjadi air bersih," ungkapnya. (ne)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu