Home » » Ini Harga Bahan Pokok di Prabumulih Yang Naik

Ini Harga Bahan Pokok di Prabumulih Yang Naik

Written By Posmetro Prabu on 25/06/14 | 25.6.14

PRABUMULIH, PP – Menjelang puasa Ramadan ini sejumlah kebutuhan bahan pokok dan sayuran di Pasar Inpres Prabumulih mulai merangkak naik. Kenaikan harganya pun cukup signifikan, terutama pada sayuran jenis cabe keriting yang naik Rp 18 ribu per kilogram atau naik Rp 4 ribu dari harga sebelumnya. Kenaikan komoditi ini merupakan yang kedua kali terjadi selama 1 bulan terakhir ini.
 
“Harga cabe keriting yang naik lagi dari Rp 14 ribu menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Tapi untuk harga cabe hijau masih Rp 14 ribu kita jual,” ungkap Ar (34) salah satu pedagang sayuran, di Gang Kelapa, Pasar Inpres Prabumulih, kemarin.
 
Kenaikan juga terjadi pada komoditi lain, misalnya bawang merah yang sebelumnya dijual Rp 20 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 24 ribu per kilogram. Namun kenaikan harga bawang merah ini ternyata tidak diikuti oleh bawang putih yang masih dijual Rp 20 ribu per kilogramnya.
 
“Bawang merah juga naik Rp 24 ribu dari harga Rp 20 ribu per kilogram, hanya harga bawang putih yang belum naik masih Rp 20 ribu per kilogramnya,” imbuh  Ar lagi.
 
Selain kenaikan sejumlah komoditi jenis sayuran, sejumlah kebutuhan bahan pokok seperti telur juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya masih harga Rp 13-14 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 17 ribu perkilogramnya. “Untuk telur sudah naik Rp 17 ribu per kilogram, dari harga sebelumnya yakni Rp 13 ribu - Rp14 ribu per kilogram. Kenaikannya sudah 1 bulan kemarin,” ujar Ahwa, pemilik toko klontongan dan grosir Pasar Inpres, kemarin.
 
Sementara untuk harga sejumlah sembako lainnya, dikatakan Ahwa belum mengalami kenaikan. Misalkan, untuk harga minyak curah dan jenis refill saat ini masih berkisar harga Rp 12 per kilogram. Begitu pun dengan harga gula pasir dan beras kampilan masih relatif normal. “Biasonyo nak deket lebaran naiknyo, untuk penjualan tahun ini relatif sepi mungkin kareno pengaruh hargo karet yang terus turun hargonyo,” jelasnya.
 
Dari pantauan, kondisi serupa juga terjadi pada harga daging sapi yakni masih Rp 95 per kilogram, dan harga daging kambing masih Rp 75 ribu per kilogram. Begitu pun dengan harga tulang yaitu Rp 60 ribu per kilogram. Hanya harga kulit sapi yang mengalami kenaikan Rp 40 ribu per kilogram atau naik sebesar Rp 5 ribu.(dn)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu