Home » , » Di Prabumulih Masih Banyak Anak Putus Sekolah

Di Prabumulih Masih Banyak Anak Putus Sekolah

Written By Posmetro Prabu on 10/06/14 | 10.6.14

Ilustrasi
PRABUMULIH, PP - Pemerintah telah melaksanakan kebijakan program Bantuan Operasioanl Sekolah (BOS) sejak Juli 2005. Pada dasarnya program BOS adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi sekolah sebagai pelaksana program wajib belajar 9 tahun. Secara khusus program BOS bertujuan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh siswa setingkat SD sampai SMP.

Namun nampaknya program ini belum sepenuhnya mengurangi buta pendidikan. Khusus di kota prabumulih, masih banyak di jumpai anak yang terpaksa putus sekolah karena minimnya pendapatan di keluarga. Alasannya pun beragam mulai dari biaya buku,biaya SPP perbulan,transportasi, dan lain-lain.

Sempat di jumpai posmetroprabu.com anak berusia anak sekolah yang berpropesi sebagai penyemir sepatu. Sebut saja Rama (11) warga daerah SMP MUHAMMADIYAH Prabumulih. Ketika ditanya mengapa tidak sekolah, Rama mengatakan bahwasanya dirinya pernah bersekolah sampai dengan kelas 3 SD. Namun karena jarak tempuh ke sekolah yang cukup jauh dan minimnya pendapatan keluarga menjadi alasan utama dia putus sekolah.

“pernah sekolah tu tapi oleh dak katek sepeda, bejalan kaki sekolah laju galak telambat, nak naek ojek mamak katek duet nak makan bae nyemir dulu aku. tukasnya.

Rama dengan kepala tertunduk menambahkan sangat berkeinginan untuk sekolah lagi bilamana tak memberatkan kedua orang tuanya.

“pengen nian sekolah, mun ado yang nak biayai aku yuk sekolah aku” tukasnya lagi saat di jumpai posmetroprabu di salah satu warung tempat biasa dia menjemput langganan semir.

Serupa dengan Rendi salah satu temannya(Rama) berusia 14 tahun anak dari pasangan bapak tihar(petani karet) dan ibu yulima (buruh di pasar) warga sukaraja mengatakan bahwa spp perbulan menjadi musuh terberatnnya saat bersekolah di salah satu SMP negeri di Kota Nanas.

“Dak tebayar spp perbulan tiap bulan di tageh-taggeh guru. Nyari duet baelah aku kalu bae tekumpul untuk sekolah lagi” tukas anak ke 7 dari 8 bersaudara ini. (pp/dlj)

Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu