Home » , » BPJS Prabumulih Targetkan Seluruh Warga Kota Jadi Peserta

BPJS Prabumulih Targetkan Seluruh Warga Kota Jadi Peserta

Written By Posmetro Prabu on 10/06/14 | 10.6.14

Eka/f,dok posmetroprabu
PRABUMULIH, PP - PT Jamsostek yang kini bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kota Prabumulih mencatat sudah sekitar 7700 Warga Prabumulih maupun pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS. Data tersebut berdasarkan update BPJS Prabumulih April 2014. " Untuk April 2014 saja tercatat sudah 7700 warga kota Prabumulih yang sudah memiliki kartu BPJS" Ujar Eka Kacab BPJS Kota Prabumulih saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (10/06/2014).

Untuk Tahun 2014 ini pihaknya menargetkan sebanyak-banyaknya pekerja di Kota Prabumulih menjadi peserta BPJS. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Prabumulih saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi baik melalui media massa, radio maupun televisi.

Disinggung apa saja kelebihan yang ditawarkan BPJS Kesehatan sehingga masyarakat maupun pekerja diharapkan bisa menjadi peserta, Eka mengungkapkan bahwa Setiap peserta BPJS Kesehatan berhak mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan PT Askes (Persero), sesuai dengan hak dan ketentuan yang berlaku. 

Ada pun biaya pengobatan yang ditanggung lanjutnya adalah, Istri atau suami dari peserta yang mendapat tunjangan. Anak dari peserta yang mendapat tunjangan anak, yang tercantum dalam daftar gaji belum berumur 21 tahun atau telah berumur 21 tahun sampai 25 tahun namun masih mengikuti pendidikan formal, belum menikah, belum berpenghasilan dan masih menjadi tanggungan peserta.

Jumlah anak yang ditanggung maksimal 2 (dua) anak sesuai dengan urutan tanggal lahir, termasuk didalamnya anak angkat maksimal satu orang. 

Selain itu, kata Eka, biaya Ambulance dari tempat peserta ke tempat pelayanan juga ditanggung BPJS. Seluruh peserta BPJS akan mendapatkan manfaat berupa biaya kesehatan gratis untuk semua jenis penyakit, ujarnya.

Syarat untuk mendapatkan kartu BPJS menurut Eka cukup mudah. Anda bisa datang ke kantor BPJS kemudian melakukan pengisian formulir pendaftaran, lalu melakukan Pembayaran premi.

Anda akan diberikan virtual account atau kode bank untuk pembayaran premi pertama yang bisa dilakukan melalui ATM atau bank terdekat yang saat ini sudah bekerjasama yaitu bank BRI, BNI dan Mandiri.

Untuk biaya premi peserta mandiri dengan perawatan kelas 3, sebulan hanya Rp 25.500 per orang, untuk perawatan kelas II sebulan Rp 42.500 per orang dan perawatan kelas I sebesar Rp 50.000 per orang.

Adapun besaran premi pada kelompok pekerja sebesar 5 persen dari gaji pokoknya, 2 persen dibayarkan oleh yang bersangkutan dan 3 persen dibayarkan oleh perusahaan tempat pekerja bekerja.

3. Mendapat kartu BPJS Kesehatan yang berlaku di seluruh Indonesia

Setelah membayar premi, nantinya Anda akan mendapat kartu BPJS Kesehatan yang menjadi bukti bahwa Anda merupakan peserta JKN. 
Share this article :

+ komentar + 6 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu