Home » , , » Warga Keluhkan Pelayanan Kesehatan yang Buruk. DPRD Prabumulih Sidak RSUD

Warga Keluhkan Pelayanan Kesehatan yang Buruk. DPRD Prabumulih Sidak RSUD

Written By Posmetro Prabu on 26/05/14 | 26.5.14

LINGKAR, PP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih, sebagai salah satu institusi pelayanan kesehatan mempunyai peran strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat di wilayahnya. Oleh karenanya, diharapkan pelayanan RSUD harus merata kepada seluruh masyarakat termasuk warga miskin sekalipun.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi 1 DPRD Kota Prabumulih Hartono Hamid saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di RSUD Kota Prabumulih Senin (26/05). Kedatangan Rombongan yang terdiri dari Hartono Hamid (ketua komisi) Heri Gustiawan, Hj. Nurlen Asni, Setyo Budi BE dan Erwadi BSc ini untuk menyaksikan langsung bagaimana pelayanan kesehatan masyarakat yang menggunakan kartu kesehatan jamkesmas.

Sejauh ini kata Hartono, pihaknya banyak menerima keluhan dari warga kota Prabumulih soal pelayaanan yang buruk saat menjalani perawatan di RSUD Kota Prabumulih. Pelayanan pihak rumah sakit belum maksimal khusunya bagi warga tidak mampu yang menggunakan Jamkesmas.

“Kesehatan merupakan hak dasar setiap individu, dan semua warga Negara berhak mendapatkan pelayanan kesehatan. Sesuai dengan amanat Konstitusi UUD 1945 Pasal 28-H dan UU No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Kebijakan nasional pembangunan kesehatan adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar dapat terwujud peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya,” ujar om Ton sapaan akrab Hartono.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang Anggota DPRD dari Komisi 1 Erwadi. Dirinya berharap kedepan agar manajemen RSUD Kota Prabumulih tidak melupakan misi dasar untuk memberikan pertolongan dan pelayanan kesehatan tanpa pandang bulu terutama bagi masyarakat miskin, ujarnya.

Pantauan Posmetro Prabu dilapangan, Anggota Dewan dari Komisi 1 ini juga melakukan sidak ke ruangan pelayanan kesehatan bagian penyakit dalam dan Ruangan Perwatan anak. Anggota dewan menemukan beberapa alat pendingin ruangan seperti AC sama sekali tidak berfungsi. Dengan temuan tersebut, kepada pihak RSUD Dewan merekomendasikan untuk segera memberikan laporan kekurangan perlengkapan di Rumah Sakit agar dimasukkan dalam APBD Perubahan 2014. (pp/rd)


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu