Home » » Satreskrim Prabumulih Bekuk Spesialis Pembobol Pipa Pertamina

Satreskrim Prabumulih Bekuk Spesialis Pembobol Pipa Pertamina

Written By Posmetro Prabu on 08/05/14 | 5/08/2014

PRABUMULIH, PP - Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Prabumulih akhirnya berhasil mengungkap pelaku pencurian minyak jenis kondensat lewat pembobolan pipa pertamina di KM 2 Jalur Pipa Wonosari Kota Prabumulih. Hal ini berdasarkan laporan pengaduan oleh pihak pertamina bulan February 2014 silam. Pengungkapan berhasil dilakukan setelah salah seorang tersangka Agus (33) warga wonosari menyerahkan diri Rabu kemarin (07/05).

Berdasarkan pengembangan yang dilakukan dan pengumpulan keterangan dari Tsk Agus, Polisi akhirnya berhasil meringkus 2 pelaku lainnya yakni Egi Ariyanto (23) warga Sukajadi Prabumulih dan Chandara (32). Egi ditangkap di SPBU Bakaran sekitar pukul 14.30 wib, sementara Chandara berhasil diamankan di rumahnya Kelurahan Mangga besar.

Kepada petugas, Tsk Egi mengaku baru dua kali melakukan pencurian minyak jenis kondensat tersebut dengan cara melobangi pipa terlebih dulu dan menyedotnya lalu menjualnya seharga 300 ribu kepada seseorang bernama Rd di Muara dua. Sementara satu Tsk Chandra mengaku baru sekali terlibat dalam kasus pencurian tersebut. Dalam menjalankan aksinya Chandra ditugaskan untuk mengawasi, sementara Egi melakukan penyelangan.

Selanjutnya Tsk Agus kepada wartawan mengungkapkan keterlibatan dirinya dalam kasus tersebut adalah sebagai penyedia tempat penampungan minyak hasil curian oleh kedua Tsk Chandra dan Egi. Hasil penjualan minyak menurutnya dibagi bersama. Dalam kasus ini sendiri, minyak yang berhasil dikumpulkan sebanyak 3 drum.

Kapolres Prabumulih AKBP. Denny Yono Putro SIK melalui Kasat Reskrim AKP Khalid Zulkarnain SIK kepada wartawan membenarkan penangkapan 2 tersangka pencurian minyak dengan cara membobol pipa di KM 2 Jalur Pipa Wonosari Kota Prabumulih. Penangkapan Tsk berdasarkan adanya laporan pihak pertamina dalam hal pencurian dengan pemberatan pasal 363. 

"Tersangka yang berhasil diamankan saat ini adalah 3 orang yakni Agus, Egi dan Chandra. Agus sebagai penyedia tempat sementara Chandra bertugas mengawasi dan ikut membantu menyedot dibantu juga dengan egi. sementara hasil pemeriksaan pelaku ada 6 orang. 3 orang lainnya saat ini sedang dalam pencarian" Ujar Kasat Reskrim. 

Dalam aksi pencurian minyak ini dikabarkan juga melibatkan salah seorang oknum kepolisian. Menanggapi hal tersebut kasat Reskrim mengaku sedang mendalami kasus tersebut dan saat ini kasusnya sedang dalam proses penyidikan dan penyelidikan di Satreskrim Prabumulih. Kepada para tersangka lanjutnya, akan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara, tandasnya. (pp/rd)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu