Home » , » Penderita Mgers Sumsel Gelar Family Gathering

Penderita Mgers Sumsel Gelar Family Gathering

Written By Posmetro Prabu on 20/05/14 | 5/20/2014

PALEMBANG,PP - Untuk mempererat silaturahmi dan berbagi rasa antar sesama Mgers (Penderita Myastenia Gravis) yang berada dikota palembang dan sekitarnya, Yayasan Myastenia Gravis Indonesia (YMGI),sabtu (17/5) mengadakan family gathering di RM Sri Melayu Palembang.

Hadir dalam acara tersebut dokter syaraf RSMH Palembang Dr H M Hasnawi Haddani,Sp.S,Sekretaris Umum YMGI,Sita Wardhani Suprayono,Perwakilan dari PT Transfarma Indonesia Faurizal.

Dalam kegiatan tersebut Dokter syaraf RSMH Palembang,Dr HM Hasnawi Haddani,Sp.S menjelaskan Myastenia Gravis (MG) merupakan penyakit langka yang diperkirakan menyerang 1 dari 10.000 orang.Myastenia Gravis itu sendiri merupakan penyakit kelainan autoimun yang ditandai dengan adanya kelemahan berfluktuasi pada otot skeletal.kelemahan ini akan meningkat saat sedang beraktifitas dan berkurang bila sedang beristirahat.

Masih dikatakan dr hasnawi penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak maupun dewasa,pria maupun wanita.penyakit MG itu sendiri memiliki ciri-ciri seperti kelopak mata menurun,susah mengunyah dan menelan makanan,gangguan berbicara/cadel,gangguan pernapasan dll.

“Jika seseorang telah divonis menderita MG agar segera ditangani karena seringkali karena keterlambatan penanganan kasus ini dapat mengakibatkan kelemahan pada otot pernapasan yang dapat mengakibatkan kematian,”Ujarnya.

Bagi para Mgers yang memiliki Tymoma bisa melakukan operasi dan biasanya ada yang sembuhtotal namun ada juga yang mengalami remisi.dan untuk Mgers yang tidak memiliki Kelainan mereka harus mengonsumsi mestinon seumur hidup.karena mestinon hanya bersifat menahan bukan menyembuhkan.

“Namun meskipun begitu para Mgers jangan menjadi pesimis dan stress memikirkan penyakit ini,karena hal itu hanya akan memperburuk kondisi Mgers.sebaliknya Mgers harus enjoy menjalani hidup.karena menurut hadist “Tidak Ada penyakit yang tidak ada obatnya kecuali mati”,disamping itu juga para mgers bisa menggunakan obat-obatan herbal seperti madu maupun habatussaudah”Kata hasnawi.

Sementara itu,Sekretaris YMGI Sita Wardhani Suprayono  menyatakaN berdirinya YMGI pada tahun 2011 karena kami merasa perlu membentuk sebuah yayasan yang merupakan suatu wadah resmi untuk membantu para Mgers dalam banyak hal.misalnya dengan mengusahakan agar para Mgers dapat memperoleh perawatan dan obat-obatan melalui program BPJS dan sebagainya.sehingga para Mgers dapat terbantu mengingat mahalnya harga obat bagi penderita MG.

Terpisah salah seorang Mgers ,Aswin arey mengatakan dirinya telah mengalami penyakit ini selama 6 tahun namun baru 2 tahun belakangan ini dirinya divonis MG dan aktif mengonsumsi mestinon.
“kegiatan gathering ini sangat bermanfaat bagi para Mgers,selain kita bisa sharing dan berbagi pengalaman.kegiatan ini juga untuk menjali silaturahmi antar Mgers,kedepan saya berharap kegiatan ini dapat di gelar kembali”ungkapnya(*win*)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu