Home » , » Meski Sengketa, Proyek Pasar Modern Prabumulih Tetap Prioritas

Meski Sengketa, Proyek Pasar Modern Prabumulih Tetap Prioritas

Written By Posmetro Prabu on 19/05/14 | 19.5.14

PRABUMULIH, PP - Meskipun sengketa antara pemilik ruko dan pemkot Prabumulih belum tuntas, namun, tak menghambat Pembangunan pasar tradisional yang saat ini dalam tahap pengerjaan pembangunan. Pantauan wartawan dilapangan, tampak para pekerja sedang mengerjakann pembangunan pasar yang di perkirakan menelan dana sekitar 14,92 Miliar ini. Seperti yang diberitakan sebelumnya, proyek pembangunan pasar tradisional eks terminal ini sedang dalam sengketa antara para pemilik ruko dan pemkot prabumulih bahkan masalah ini sampai dibawa ke ranah hukum. Kini proses perkaranya tengah berjalan di PN klas II Prabumulih.
            
Salah seorang pemilik Ruko Darman saat ditemui beberapa waktu yang lalu mengatakan sangat mendukung dengan adanya pembangunan pasar tradisional,namun dirinya dan rekan rekan merasa perlu memperjuangkan hak-hak mereka,atas bangunan ruko dan meminta ganti rugi kepada  pemkot atas penggusuran lahan mereka yang akan di bangun pasar tradisional.
            
“Tujuan kami membawa masalah ini ke jalur hukum,bukan untuk menghambat pembangunan pasar tradisional eks terminal,namun kami saat ini sedang memperjuangkan hak kami,karena kami ingin meminta keadilan kepada pemerintah kota Prabumulih karena kami merasa memiliki hak atas bangunan tersebut,”Jelasnya.
            
Masih di jelaskan darman,dirinya dan rekan-rekan merasa memiliki HGB ruko tersebut karena untuk memiliki ruko tersebut mereka membeli dengan cara mencicil melalui bank dengan demikian jika lahan tersebut akan dibangun mereka merasa perlu meminta ganti rugi kepada Pemkot Prabumulih.
            
Terpisah, Assisten III Kota Prabumulih M Kowi mengatakan  ppihak pemkot Prabumulih saat ini belum ada rencana untuk mengganti rugi,pasalnya untuk membangun pasar tradisional pemkot prabumulih mengacu pada bukti-bukti diantaranya bukti berita acara penyerahan wilayah Kota Prabumulih tahun 2001 dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang dilengkapi dengan daftar barang-barang yang diserahkan termasuk tanah dan ruko eks terminal.

Juga sertifikat Tanah Hak Pengelolahan pengelolahan tanah (HPL) no 1 Kelurahan Pasar Prabumulih atas Pemkot Prabumulih,Surat perjanjian kerjasama bupati Muara Enim dengan PT. Bina summa laksana Palembang sebagai pihak pengembangnya  dengan surat perjanjian penyerahan sebagai hak atas tanah sertifikat hak pengelolaan No.1 / kelurahan pasar prabumulih untuk membangu ruko dengan sertifikat Hak guna bangunan (HGB)selama 15 tahunyang berakhir tanggal 18 maret 2006,PP Nomor 40 tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha,Hak Guna Bangunan dan Hak Pakai Atas Tanah,pasal21 Huruf B,Pasal 35,Pasal 36 ayat 2 dan Pasal 38.dan PP NOMOR 6 TAHUN 2006 tentang  pengolahan barang milik negara/daerah,pasal 1 ayat (12).
            
“Namun terkait permasalahan ini, pemkot prabumulih telah menawarkan solusi  yakni para penyewa ruko blok A/bagian depan dan eks pemilik HGB akan. diprioritaskan untuk menyewa dan menempati gedung pasar modern yang akan dibangun.dan apabila solusi mediasi yang dilakukan oleh hakim Pengadilan Negeri tidak disepakati oleh kedua belah pihak maka pemkot mengharapkan agar dilanjutkan proses hukumnya melalui putusan pengadilan negeri Prabumulih,”Jelas kowi

Sementara itu,salah seorang Masyarakat Prayitno (35) sangat mendukung dengan adanya pembangunan Pasar tradisional tersebut .dirinya berharap agar pembangunan pasar tersebut segera dirampungkan.

“saya sebagai masyarakat prabumulih sangat mendukung pembangunan pasar tradisional ini.karena memiliki pasar tradisional modern merupakan impian masyarakat prabumulih,jika dibandingkan kota dan kabupaten lain prabumulih agak sedikit tertinggal pasalnya kabupaten disekitar kota prabumulih telah memiliki pasar tradisional,”Ujarnya.

Saya berharap mengenai permasalahan pemilik HGB dan Pemkot Prabumulih dapat segera diselesaikan.jangan karena kepentingan segelintir orang pembangunan pasar tradisional ini terhambat.karena pembangunan pasar tradisional ini merupakan impian masyarakat prabumulih,dan tentunya akan menjadi icon kota prabumulih sebagai kota perdagangan. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu