Home » , » Mengungkap Dalang Dibalik Kelulusan 100 % UN Prabumulih

Mengungkap Dalang Dibalik Kelulusan 100 % UN Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 02/05/14 | 2.5.14

PRABUMULIH, PP - Para pengamat pendidikan di Kota Prabumulih belakangan ini dibuat penasaran oleh informasi dugaan kebocoran soal ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Kota Prabumulih. Beredar kabar bahwa kunci jawaban soal ujian nasional telah beredar kepada siswa sebelum ujian dilaksanakan. 

Disinyalir, pihak sekolah maupun pengawas serta guru-guru ikut melakukan pembiaran di kelas sehingga kunci jawaban bisa berada di tangan siswa. Dari beberapa sumber yang ditemui posmetroprabu.com mengungkapkan kebocoran soal UN di Prabumulih diduga juga pernah terjadi pada Tahun ajaran 2012-2013. Dimana saat itu siswa yang sudah keluar dari sekolah atau siswa yang tidak mengikuti ujian juga dinyatakan lulus. 

Sumber yang meminta namanya untuk tidak dituliskan dalam berita mengungkapkan, bahwa dibalik kelulusan seratus persen siswa dikota Prabumulih adalah berkat tim sukses UN. Dimana lanjutnya, ada seseorang yang memiliki peran besar atas kelulusan tersebut. Tehadap pihak sekolah menurut sumber, tim sukses membandrol harga yang fantastis untuk jaminan lulus seratus persen.

Pada proses pelaksanaanya dilapangan, tim sukses merekrut salah seorang siswa yang bisa dipercaya untuk menjemput kunci jawaban di sebuah tempat yang sudah disepakati sebelumnya. Jika menurut sumber tersebut, eksekusi kunci jawaban kebanyakan dilakukan diluar kota Prabumulih. Selanjutnya kunci jawaban diberikan dengan bentuk kode yang dituliskan di secarik kertas dengan ukuran kecil. Lalu kode-kode kunji jawaban tadipun lantas diperbanyak dan dibagikan kepada siswa lainnya, papar sumber.

Cara-cara kotor lainnya adalah ketika Tim ini juga ikut serta disegala bidang untuk kesuksesan UN anak didiknya. Kalau perlu merekalah yang membetulkan hasil pekerjaan siswa. Prahnya, siswa peserta un sendiri tidak tahu menahu, hasil ujiannya ada yang membetulkan di belakang layar. Biasanya, tim sukses ini ikut membetulkan jawaban, sehabis siswa pulang. 

Caranya dengan mengecoh para pengawas. Seolah-olah, lembar jawaban langsung dosetor ke dinas. Waktu penyetoran ini berbarengan dengan para pengawas pulang. Padahal, si pembawa lembar jawaban itu kembali lagi ke sekolah yang sudah ditunggu oleh tim sukses. Lembar jawaban kemudian dikoreksi. Yang salah dibetulkan dan yang betul dibiarkan. 

Namun mereka juga cerdas. Untuk menghilangkan kecurigaan, tidak semua jawaban dibetulkan. Minilal mencapai angka kelulusan. Dengan mekanisme seperti itu, seandainya siswa tidak mengerjakan, dipastikan tetap lulus, ungkapnya.

Ditempat terpisah, salah seorang sumber posmetroprabu juga menyebutkan hal yang sama. Menurutnya, kebocoran soal UN dan peredaran kunci jawaban sudah menjadi rahasia umum di kalangan pengajar dan pelajar pada umumnya. 

Dikatakan, tim sukses UN yang dimaksud juga berada di Kota Prabumulih dan diakui kini sudah sukses dan mapan dibidang ekonomi karena dipercaya sebagai tim penentu kelulusan seratus persen siswa di Bumi Seinggok Sepemunyian. Pria paruh baya yang mengaku mantan guru ini juga sangat menyayangkan perilaku kotor yang dilakukan oleh para pejabat instansi terkait serta pengajar untuk meraih predikat lulus seratus persen.

"Saya sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan dan tahu persis karakter siswa di Kota Prabumulih. Walau sebahagian besarnya cukup baik namun tidak sedikit diantaranya ada yang kurang dan bermasalah dalam pelajaran. Lulus seratus persen itu sangat sulit karna karakter siswa sangat berbeda-beda" tegasnya.

Jika diamati mendalam, pelaku kesalahan terbesar pada dugaan kasus ini adalah para guru atau tenaga pengajar. Mereka lebih takut jika anak didiknya tidak lulus ketimbang siswa itu sendiri dan lantas berusaha mencari jalan keluar meski hal itu melanggar aturan. Pada hakikatnya, siswa sudah berusaha untuk jujur. Merekapun sudah berdoa habis-habisan dan bahkan melakukannya secara bersama-sama di iringi tausiyah hingga tangis-tangisan. 

Dari keterangan beberapa sumber dan data temuan portal ini maka timbul pertanyaan ”sudah jujurkah para guru, pihak sekolah dalam pelaksanaan UN? 

Ditempat terpisah, informasi dugaan beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional (UN) 2014 tingkat SMA/SMK di Kota Prabumulih oleh aktivis LSM dinilai telah mencoreng citra pendidikan di Bumi Seinggok Sepemunyian. Para aktivis LSM di Prabumulih pun mendesak, polisi segera melakukan penelusuran penyelidikan lebih lanjut atas dugaan beredarnya kunci jawaban tersebut.

Ketua LSM Gemasab Harson ST, mengaku menyanyangkan dugaan bocornya kunci jawaban UN 2014 tingkat SMA/SMK di Kota Prabumulih. Sebelumnya juga Harson mengakui tingkat kelulusan seratus persen siswa di Kota Prabumulih mengandung aroma politis. Dengan adanya informasi ini pihaknya mendesak pihak kepolisian serta Dinas Pendidikan Nasional Kota Prabumulih segera melakukan penyelidikan dan penelusuran terhadap dugaan bocoran kunci jawaban di Kota Prabumulih karna hal ini lanjutnya cukup memalukan. 

Sekolah yang mestinya menjadi basis pendidikan karakter anak, justru terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak baik. Sudah saatnya kini para pengajar mengakhiri pembodohan pada generasi penerus bangsa ini, tandasnya. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu