Home » , » Jalan Sudirman Simpang Muara Dua - Air Mancur Dilebarkan

Jalan Sudirman Simpang Muara Dua - Air Mancur Dilebarkan

Written By Posmetro Prabu on 07/05/14 | 5/07/2014

PRABUMULIH, PP - Walikota Prabumulih Ir. Ridho Yahya MM pagi tadi Rabu (07/05) sekitar pukul 09.30 wib secara resmi meninjau rencana proyek pelebaran jalan Jendral Sudirman sepanjang 3200 meter. Pelebaran jalan dengan luas 14 meter itu rencananya akan dimulai dari Simpang Muara dua hingga ke Air Mancur Simpang Jalan Lingkar Timur Kota Prabumulih.

Walikota bersama rombongan yang terdiri atas Asisten II, Dinas PU, Kepala Bappeda, Kakan Satpol PP dan Camat Prabumulih timur secara langsung turun ke lapangan dan menemui masyarakat yang terkena dampak rencana pembangunan pelebaran Jln Sudirman. Beberapa Warga yang ditemui oleh rombongan Walikota sangat mendukung rencana pemerintah untuk membangun Kota Prabumulih terlebih fasilitas umum.

Masalah ganti rugi terhadap warga yang terkena dampak pelebaran jalan, saat itu juga langsung dibicarakan dan diputuskan. Dimana jika pagar rumah (bangunan) yang terkena dampak, maka Pemerintah akan mengganti pagarnya demikian juga seterusnya dengan artian setiap bangunan yang terkena dampak pembangunan Pemkot akan menggantinya dengan bangunan pula bukan dengan uang tunai.

Untuk dana pembangunan pelebaran jalan sudirman sendiri menurut Kepala Dinas PU yang dikonfirmasi terpisah melalui sekretaris Dinas PU Kota Prabumulih M.Supi ST mengungkapkan, anggaran untuk pelebaran jalan sudirman sepanjang 3200 m tersebut pemerintah telah mengalokasikan dana dari APBD Prabumulih 2014 sebesar Rp. 25 M. 

Proyek tersebut tahun ini dipastikan sudah bisa dinikmati oleh warga Prabumulih. Sementara gambaran pelebaran jalan yang dimkasudkan menurutnya akan disamakan dengan jalan Sudirman di daerah pasar. Simpang Muara Dua hingga ke Air Mancur akan dibuat jalan dengan dua lajur. Sementara, ketika ditanya masalah kendala yang dihadapi pemerintah dalam melakukan negosiasi ganti rugi, M Supi mengatakan sejauh ini tak ada kendala yang dihadapai dalam pembebasan lahan di sepanjang Jalan Sudirman.

“Semuanya berjalan lancar berkat pendekatan-pendekatan yang dilakukan Pemko Prabumulih. Pendekatan dan sosialisasi yang dilakukan untuk pembebasan lahan itu jauh hari sebelumnya juga sudah dilakukan" katanya.

Proses ganti rugi tanah dan bangunan milik warga disepanjang Jalan Sudirman itu, sudah dilakukan jauh hari sebelumnya, dengan melakukan sosialisasi yang sangat transparans. Sosialisasi itu melibatkan Walikota secara langsung. Menurut Supi, Jalan Sudirman ini akan dilebarkan di sisi kiri dan kanannya masing masing 7 meter. Tidak ada kendala dalam proses pembebasan lahan. Karena itu, dalam waktu dekat sudah bisa dikerjakan, tegasnya.

Pemerhati Pembangunan Kota Prabumulih Mulwadi, ketika diminta tanggapannya seputar pelebaran jalan Sudirman Rabu siang mengakui, kinerja walikota untuk pelebaran Jalan Sudirman patut diapresiasi. Karena dinilai sanggup merampungkan perencanaan pelebaran jalan di pusat kota. Bahkan lanjutnya saat mengikuti peninjauan lapangan, rencana pelebaran jalan tersebut mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat. (*)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu