Home » , » Diduga Terjangkit Virus MERS. Jemaah Asal Prabumulih Dirawat Intensif di RSUD

Diduga Terjangkit Virus MERS. Jemaah Asal Prabumulih Dirawat Intensif di RSUD

Written By Posmetro Prabu on 23/05/14 | 23.5.14

ilustrasi
PRABUMULIH, PP – Diduga terinfeksi virus Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-COV), seorang jemaah umrah yang baru seminggu pulang dari Tanah Suci dikabarkan harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Prabumulih.

Salah seorang sumber terpercaya di RSUD Prabumulih yang enggan disebutkan namanya menuturkan, kedatangan pasien terduga MERS tersebut cukup mengejutkan pihak rumah sakit. Pasalnya, RSUD Kota Prabumulih belum memiliki ruang isolasi level 3 yang menangani penyakit infeksi seperti SARS ataupun MERS.

“Kita sempat kebingungan. Makanya sempat heboh di sini (RSUD, red),” ujarnya.  Menurutnya, ketika datang pertama kali, pasien tersebut pertama kali mengeluhkan gejala seperti yang dialami penderita MERS yaitu sesak napas disertai demam tinggi.

Pasien itu juga menyebutkan bahwa dirinya seminggu yang lalu baru saja pulang menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci. Sepulangnya, ia mengalami sakit dengan gejala seperti yang disebutkannya. 
“Karena takut terjangkit virus, makanya ia langsung memeriksakan kondisinya ke rumah sakit,” katanya.

Mendengar pernyataan pasien, dokter yang memeriksa pun kemudian memutuskan untuk merawat intensif pasien. Karena diduga mengidap virus MERS serta tidak adanya ruang isolasi, tim dokter kemudian menempatkannya di ruang VIP RSUD Kota Prabumulih dan juga mengimbau pihak keluarga untuk melarang siapa pun mengunjungi si pasien.

“Karena tak ada ruang isolasi makanya dirawat di ruang VIP. Kami berharap gejala pasien bukan seperti yang ditakutkan, melainkan hanya kelelahan karena habis melakukan perjalanan jauh,” harapnya.
    
Sementara itu, Direktur RSUD Kota Prabumulih, dr Hj Rusmini  melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik dr Yoanda, ketika dikonfirmasi wartawan kemarin (23/5) membenarkan kejadian tersebut. Saat ini pihaknya masih memeriksa secara intensif pasien yang diduga terjangkit virus MERS tadi.

“Ini sudah hari ketiga pasien dirawat. Kami telah mengambil tindakan atau prosedur standar untuk menangani pasien. Kita juga masih melakukan observasi apakah si pasien memang benar-benar mengidap virus asal Timur Tengah itu,” ungkap Yoanda saat ditemui di ruangannya kemarin.

Pihaknya juga telah menyuntikkan obat antibakteri dengan dosis tertentu kepada pasien. Hasilnya, kondisi pasien sudah mulai membaik. “Kami mau tahu dulu apakah si pasien benar-benar mengidap virus tersebut. Makanya diberikan obat antibakteri untuk melihat reaksi tubuh si pasien. Apabila kondisinya bertambah parah, kita akan melakukan langkah berikutnya dengan menyuntikkan obat antivirus ke tubuh pasien. Rupanya kondisi pasien semakin membaik. Kemungkinan itu hanya virus flu biasa,” jelasnya.
    
Namun, pihaknya tidak mau mengambil risiko dalam menangani kasus tersebut. Yoanda menuturkan pihaknya masih akan menunggu hasil pemeriksaan laboratorium serta melihat perkembangan si pasien. “Apabila memang si pasien mengidap virus tersebut, kita akan merujuknya ke RSMH Kota Palembang yang telah memiliki ruang isolasi level 3,” tegasnya.








Sumeks
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu