Home » , » Bus ALS VS Kereta Api di Lahat, Penumpang Histeris

Bus ALS VS Kereta Api di Lahat, Penumpang Histeris

Written By Posmetro Prabu on 27/05/14 | 27.5.14


ilustrasi
LAHAT, PP - Kecelakaan dramatis dialami Bus PT Antar Lintas Sumatera (ALS), saat melintas di perlintasan kereta api tanpa palang, Desa Manggul, Kecamatan Kota Lahat, sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (26/5). 

Sebanyak 20 penumpang bus dengan nopol BK 7353 DF dikemudikan Asri (25) warga Dusun Sidomulyo RT 02/01, Bangun Rejo, Kabupaten Lampung Tengah, nyaris celaka, lantaran mesin bus mati saat berada di perlintasan kereta. Informasi dihimpun Palembang Pos, bus melaju dari Jakarta tujuan Medan. Rencananya bus akan melintas di jalan lingkar Kota Lahat. 

Namun, saat badan bus persis berada diatas perlintasan kereta api tanpa palang, di Desa Manggul, tiba-tiba mesin bus mati. Upaya memperbaiki pun dilakukan sopir dan kernet, tetap tidak dapat menghidupkan mesin bus.

Nahasnya, sekitar lima menit berada diperlintasan, dari kejauhan meraung sirine lokomotif kereta akan melintas. Sopir dan kernet bergegas mengeluarkan penumpang yang masih berada dalam bus. Sedangkan masinis lokomotif yang melaju dari arah Stasiun Lahat menuju Muaraenim, berusaha mengurangi kecepatan, dan menekan rem.

Suasana tegang sempat terjadi saat dari kejauhan lokomotif melaju kearah badan bus berukuran besar, yang berada persis membelah rel kereta api. Meski seluruh penumpang bus eksekutif class ini sudah dievakuasi. Beruntung usaha masinis membuahkan hasil, lokomotif tidak sampai menyeret badan bus. Lokomotif berhenti saat menabrak sisi kiri bus. 

Walaupun sempat terjadi benturan keras, yang menyebabkan badan samping kiri bus ringsek dan kaca samping pecah. “Saat berada diatas rel, mesin bus tiba-tiba mati. Kita sudah berusaha perbaiki, tapi tetap saja bus tidak dapat hidup,” ujar Asri.

Badan bus baru dapat dievakuasi dari atas rel, setelah petugas Satlantas Polres Lahat yang langsung dipimpin AKP Agung Adhitya SH SIk, tiba dilokasi. Badan bus langsung didorong ke luar rel. “Tidak ada korban. Penyebabnya mesin bus tiba-tiba mati saat melintas diatas rel. Seluruh penumpang juga sudah siap diberangkatkan lagi. Memang bagian kiri bus ringsek akibat benturan lokomotif,” kata Kapolres Lahat AKBP Budi Suryanto SH MSi, melalui Kasat Lantas AKP Agung Adhitya SH SIk.











palpos
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu