Home » , » Warga Prabumulih Serahkan Siamang kepada BKSDA

Warga Prabumulih Serahkan Siamang kepada BKSDA

Written By Posmetro Prabu on 26/04/14 | 26.4.14

PALEMBANG, PP – Sosialisasi mengenai pelestarian hewan langka oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan (Sumsel) menuai hasil.

Kemarin (25/4), dua satwa langka yang dilindungi, yakni owa Sumatera dan siamang, berhasil diserahkan warga secara sukarela.
    
Kepala BKSDA Sumsel, Nunuk Anugrah SHut Msc, melalui Kepala Resort Palembang BKSDA Sumsel, Muhamad Andreansyah SH, mengatakan, owa Sumatera diterima dari warga Desa Air Batu, Banyuasin, sedangkan siamang dari warga Prabumulih.
    
Menurut Andre—panggilan Muhamad Andreansyah, pihaknya selalu melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai hewan apa saja yang termasuk langka dan dilindungi termasuk hukumannya bila dipelihara.

“Bila memelihara (hewan langka, red) hukumannya adalah pidana penjara selama lima tahun dan denda Rp100 juta, itu semua tercantum dalam Pasal 21 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990  tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,” jelasnya.
    
Dikatakan, selama 2014 baru dua hewan langka yang diserahkan secara sukarela, sementara sisanya merupakan hasil sitaan, yakni lima ekor kukang dan seekor elang. “Nah, untuk hewan langka yang kami terima, akan diserahkan ke BKSDA Lampung untuk dikonservasi,” terangnya.
    
Sementara itu, pemilik owa Sumatera, Tukijan, mengatakan, owa Sumatera yang dipeliharanya sejak 10 tahun lalu didapatnya dari membeli di pinggir jalan kawasan Sungai Lilin dengan harga Rp350 ribu. “Saya merasa kasihan, jadi saya beli untuk dirawat. Ini juga sudah menjadi hiburan bagi keluarga saya dan warga setempat sejak 10 tahun lalu. Saya baru tahu kalau ini hewan langka, jadi saya ikhlas untuk dikonservasi ke habitat aslinya,” pungkasnya. (sumek)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu