Home » » Tini Dipasung Selama 5 Tahun

Tini Dipasung Selama 5 Tahun

Written By Posmetro Prabu on 10/03/14 | 10.3.14

PRABUMULIH, PP - Betapa malang nasib Sustini (40) warga Jalan Lematang RT 02 RW 05 Kelurahan Wonosari Kota Prabumulih. Akibat menderita gangguan kejiwaan, Tini terpaksa dipasung oleh kedua orangtuanya selama lima tahun.

Menurut warga sekitar, kedua orang tuanya terpaksa memasung Tini dengan mengikat kakinya dengan tali karena kerap mencemaskan orang lain. Gangguan kejiawaan yang dialami Tini menurut keterangan warga sudah lama dideritanya. Tini kerap berbuat yang aneh-aneh itu mungkin yang memaksa kedua orangtuanya untuk mengikatnya agar tidak kemana-mana, ujar warga.

Sebelum akhirnya Dinas Sosial Kota Prabumulih membawa Tini ke RSJ Ernaldi Bahar Palembang, beberapa sumber Posmetro Prabu yang ditemui disekitar rumah Sustini mengungkapakn, selain masalah keterbelakangan mental, faktor ekonomi keluarganya yang memprihatinkan juga menjadi penyebab kedua orangtuanya tak mampu berbuat apa-apa, kecuali mengurung Tini.

Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih Yakub BN didampingi Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Sangkut S.Sos yang dikonfirmasi Posmetro Prabu membenarkan telah melakukan rehabilitasi terhadap salah seorang Warga Wonosari bernama Sustini ke RSJ Ernaldi Bahar untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Setelah kita mendapatkan laporan warga, secara langsung petugas terjun kelapangan untuk berkoordinasi dengan orang tua yang bersangkutan tentang proses perawatan dan rencana rehabilitasi. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan akhirnya Tini berhasil dilarikan ke RSJ Ernaldi Bahar" ujarnya.

Soal pembiayaan menurut Sangkut, Pemerintah menjamin pembiayaannya. Kepada warga Prabumulih, Dinas Sosial juga menghimbau jika menemukan warga yang mengalami gangguan kejiawan diminta untuk tidak melakukan pemasungan dan segera melaporkan kepada Dinas Sosial dengan catatan warga yang mengalami gangguan kejiawaan tersebut benar-benar warga Prabumulih dan memiliki identitas lengkap.

"Dinas Sosial Kota Prabumulih siap menangani kasus-kasus seperti ini. Tindakan mengurung seseorang yang mengalami gangguan jiwa itu menyalahi UU. Memasung atau mengurung keluarga yang mengalami gangguan jiwa atau depresi,  bukan langkah yang tepat. Ada banyak cara lain yang lebih baik dilakukan, Laporkan ke Dinsos, Kita Siap memberikan bantuan," tegas Yakub.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu