Home » » Ribuan Ikan Mati di Sungai Medang

Ribuan Ikan Mati di Sungai Medang

Written By Posmetro Prabu on 04/03/14 | 4.3.14

SEKAYU - Ribuan ikan di Sungai Medang Kecamatan Lawang Wetan memutih dipermukaan sungai, diduga ikan-ikan tersebut mati karena terkena limbah PT  GPI Minamas yang keluar melalui galian sereng pembuangan air di muara sungai Medang.

Dengan matinya ikan-ikan tersebut menyebabkan banyak kerugian bagi warga di Sungai Medang. Seperti untuk Masak Cuci Kakus (MCK), karena warga ketakutan untuk menggunakan air dari sungai Medang.

Rohimin (34) salah satu warga yang memenangkan lelang ikan di sungai Medang hanya bisa pasrah melihat ikan-ikan tersebut mati lemas, Selasa (4/3/2014).

Pantauan di lapangan, dari awal muara sungai hingga ke salah satu Warung milik Rohimin, ikan timbul ke permukaan, ribuan ikan tersebut hanyut.

Mulai dari ikan Baung, ikan Lampam, ikan Lais sampai anak ikan Tapah terdampar di permukaan sungai. Sedangkan masyarakat sekitar berlomba memungut ikan tersebut, sampai Rohimin pemenang lelang mencegah mereka karena dikhawatirkan air tersebut beracun dan dapat berbahaya bagi tubuh.

Diceritakan Rohimin, memang setiap hari PT minamas selalu mengeluarkan limbah yang dibuang di sungai Medang, tapi baru hari sekarang terlihat dampaknya yaitu ikan-ikan mati.

Sedangkan dirinya merupakan pemenang lelang dengan harga Rp 11 juta untuk seluruh ikan yang berada di sungai Medang, ibu belum membuat biaya pembuatan warung dan cor-coran untuk menangkap ikan.

Jika ditotal akibat matinya ikan di sungai Medang, Rohimin mengalami kerugian dapat mencapai Rp 50 juta.

"Yah untuk saat ini saya memang dirugikan, tapi jika ke depan tidak ada pencegahan yang bersifat nyata dan tidak menutup kemungkinan masyarkat yang terminum air juga akan menjadi korban," ungkapnya.







sumber : tribunsumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu