Home » , , » LSM Desak Dinas PU Prabumulih Terapkan SOP Proyek APBD 2014

LSM Desak Dinas PU Prabumulih Terapkan SOP Proyek APBD 2014

Written By Posmetro Prabu on 05/03/14 | 5.3.14

PRABUMULIH, PP - Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Gerakan Masyarakat Arus Bawah (Gemasab) Kota Prabumulih menghimbau dan mendesak Dinas PU Kota Prabumulih untuk menerapkan standar operasional pengerjaan (SOP) Proyek yang dibuat menggunakan dana APBD Kota Prabumulih 2014.

Aktivis dan sekaligus ketua Dewan Pembina LSM Gemasab Kota Prabumulih Harsono mengungkapkan SOP yang dimaksud untuk mengatur standar pengerjaan dimana setiap proyek harus dipertanggungjawabkan per item kegiatan agar potensi pemborosan dan kegagalan proyek dapat dicegah, ujarnya.

Hasil pengamatan lembaga yang dipimpinya, Harsono mengungkapkan bahwa sejauh ini pencairan dana kegiatan pekerjaan proyek yang didanai APBD hanya menggunakan data visual semata. Hal ini menurutnya tidak mencerminkan keakuratan data pekerjaan yang dibayarkan oleh kuasa pengguna anggaran.

Untuk tahun anggaran 2014 ini pihaknya berharap Dinas PU Kota Prabumulih bisa menerapkan SOP pada setiap proyek yang sudah diluncurkan sehingga tidak ada lagi proyek yang dikerjakan diluar bestek. Sementara untuk proses penerapan dan pelaksanaan SOP, Icon sapaan akrab Harsono menambahkan bahwa Pihak Dinas PU bisa berkonsultasi dengan BPK, imbuhnya.

Jika hal ini diterapkan di Kota Prabumulih maka akan semakin meningkatkan kualitas bangunan dan SDM rekanan kontraktor di Kota Prabumulih karna tidak ada lagi alasan keterlambatan pekerjaan. Pasalnya para rekanan dipaksa untuk menyusun kerangka acuan kerja serta schedule pengerjaan, tandasnya.(pp/01)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu