Home » , » Ketika Warga Keluhkan Limbah Minyak, Pertamina Malah Nyalahkan Pencuri

Ketika Warga Keluhkan Limbah Minyak, Pertamina Malah Nyalahkan Pencuri

Written By Posmetro Prabu on 12/03/14 | 12.3.14

PRABUMULIH, PP - Ditengah keresahan warga atas pencemaran lingkungan yang diakibatkan limbah tambang PT.Pertamina Region Prabumulih malah ditanggapi sepele oleh Management PT. Pertamina selaku pemilik tambang. Warga yang merasa dirugikan atas penecemaran lingkungan tersebut ketika mengajukan pengaduan tidak satupun yang ditanggapi serius oleh perusahaan plat merah tersebut.

Parahnya, pihak pertamina menentang dengan mengatakan bahwa pencemaran lingkungan bukan kesalahan perusahaan.

"Hati siapa yang tidak tersayat mendengar pernyataan seperti itu Mas? Iya tapi gak masalah karna keadilan pasti akan berkata jujur. Kita Lihat saja nanti" Ujar Kadir salah seorang warga yang mengaku pernah membuat pengaduan ke Pertamina. Pernyataan Pertamina yang mengatakan pencemaran lingkungan bukan kesalahan perusahaan menurut Kadir berdasarkan pemberitaan sejumlah media di Kota Prabumulih.

Dikatakannya, Pertamina mengakui telah menerima sejumlah pengaduan pencemaran limbah minyak mentah milik Pertamina. Namun sangat disayangkan lanjut Kadir Pertamina malah menyalahkan pencuri. Pencemaran lingkungan yang kita adukan katanya adalah kesalahan pencuri yang mencuri minyak dengan cara membolongi pipa, kan ini tidak masuk akal, ujarnya setengah bertanya.

Berdasarkan data yang dapat dihimpun posmetro prabu, Sepanjang 2013 tercatat sebanyak 50 pengaduan pencemaran yang masuk ke Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (DPELH) kota Prabumulih. Sementara hingga triwulan pertama pada 2014 terdapat dua pengaduan pencemaran lingkungan oleh Masyarakat.

Menurut Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (DPELH) Kota Prabumulih, dua laporan pencemaran tersebut telah dilakukan penanganan. Sayangnya penanganan yang dilakukan masih berdasarkan laporan dari masyarakat, sementara pencemaran limbah minyak mentah yang tidak diadukan tampak terbiarkan tanpa adanya penanganan. Parahnya lagi upaya untuk menekan tingkat pencemaran lingkungan oleh aktivitas tambang tidak pernah dilakukan. (pp/red)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu