Home » » Harga Karet Merosot, Pasar Prabumulih Sepi Pengunjung

Harga Karet Merosot, Pasar Prabumulih Sepi Pengunjung

Written By Posmetro Prabu on 27/03/14 | 27.3.14

PRABUMULIH, PP - Merosotnya harga karet di Kota Prabumulih ternyata berpengaruh besar pada pendapatan pedagang di pasar inpres Jalan Sudirman Kota Prabumulih. Hal ini dibuktikan dengan makin sepinya pengunjung dan pembeli kebutuhan bahan pokok di pasar. Menurut salah seorang pedagang yang ditemui Posmetro Prabu, omset dagangannya dalam kurun waktu tujuh hari terkakhir mengalami penurunan hingga 50 persen. Hal ini diakibatkan harga karet yang belum stabil.

Kondisi ini menurutnya sudah biasa dialami oleh pedagang di Kota Prabumulih. Bahkan dia juga mengaku kondisi perekonomian di Pasar Prabumulih masih bersandar pada harga karet karna 80 persen pengunjung pasar di Kota Prabumulih rata-rata adalah petani karet, tandasnya.

Pantauan Posmetro Prabu dilapangan, petani karet di wilayah Kota Prabumulih belakangan ini memang dibuat dibuat lesu oleh harga jual karet yang kian terpuruk. Data yang dapat dihimpun, saat ini harga jual karet berada di kisaran Rp 4.500/kilogram di tingkat agen pengepul dan pasar. Penurunan harga ini terjadi mulai dari getah karet harian, mingguan hingga bulanan.

Tedy (37) Petani Karet warga Sindur Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, saat ditemui mengatakan, saat ini harga karet di pasaran berkisar antara Rp 4.500 – Rp 5.000/kilogramnya. Harga tersebut pun menurut Tedy tergantung pada kualitas karetnya, bila kualitasnya baik bisa stabil, tapi jika kualitasnya turun, maka harganya turun.

Disinggung penyebab melemahnya harga Karet di Prabumulih, Pria yang terpaksa mencari kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya inimengatakan bahwa harga karet dunia juga sedang turun. "Kata agen pengepul sih begitu dan kita juga tidak tahu pasti dan ikut saja" ujarnya.

Sementara penurunan harga karet ini di kisaran Rp. 4.500 - Rp. 5000 menurutnya juga sudah hampir satahun berjalan. Dulu kata Tedy menambahkan, Harga Karet mingguan mampu mencapai di atas Rp 10 ribu/kilogram, karet mingguan Rp 6.200/kilogram dari Rp 11 ribu/kilogram, termasuk harga karet bulanan dari Rp 14 ribu/kilogram, kini tak lebih dari Rp 10 ribu/kilogram,” jelasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu