Home » » BPM Jambi Pertanyakan Keseriusan PT Semen Baturaja

BPM Jambi Pertanyakan Keseriusan PT Semen Baturaja

Written By Posmetro Prabu on 05/03/14 | 5.3.14

JAMBI, PP - Badan Penanaman Modal Kota Jambi tampaknya kehilangan jejak seputar rencana pengembangan unit usaha PT. Semen Batu Raja di Kota Jambi. Dikabarkan sebelumnya jika Perseroan BUMN ini akan mengembangkan sayap Perusahaan dengan membangun pabrik semen di Kabupaten Sarolangun Propinsi Jambi.

Namun hingga kini kepastian akan hal tersebut masih dipertanyakan karna  Management PT Semen Batu Raja belum memberikan laporan soal kegiatan yang akan dilakukan. 

Hanya saja, bagaimana kelanjutannya, pihak Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Provinsi Jambi mengaku tak mengetahuinya. “Kontak sama kami memang agak kurang berjalan juga, jadi progress proyek pembangunannya tak termonitor sekali oleh kami,” kata Hefni Zen, Kepala BPMPPT saat dikonfirmasi, kemarin.

Dikatakannya, semua kegiatan investasi dan penanaman modal yang dilakukan di dalam Provinsi Jambi, harusnys dilaporkan kepada pihaknya. “Idealnya kan dia melakukan pelaporan kegiatan penanaman modal supaya terdata oleh kita, jadi laporkan kepada kami,” ujarnya.

Disampaikannya, pembangunan pabrik semen ini sendiri dilakukan oleh BUMN. “PT Semen Baturaja itu BUMN. Jadi pusatnya kalau tak salah di OKU, lalu di Sarolangun itu cabangnya. Jadi izinnya include di izin awalnya, jadi di Sarolangun termasuk di dalamnya,” jelasnya. 

Karena BUMN tersebut, disebutkannya, terkadang perusahaan enggan memberikan laporan kepada daerah. “Karena ini BUMN, jadi mereka terkadang tak melaporkan lagi ke kita dia langsung ke pimpinan dia. Semen ini kan tunduk ke Kementrian ESDM pusat, bukan kepada kita,” ungkapnya.

Hanya saja, pihaknya saat ini masih berupaya untuk mengontak pihak pelaksana agar mengetahuiprogres dari pembangunan tersebut. “Kita sedang mencari kontak di Sarolangun untuk mempertanyakan soal ini, hanya saja sekarang kita belum dapat kontaknya bagaimana kelanjutan,” katanya.

Diterangkannya, informasi terakhir yang mereka dapatkan, pihak perusahaan tengah melakukan proses pembebasan lahan. “Jadi kita melalui totoh di Sarolagun mendukung sepenuhnya rencana itu. Namun setelah itu ada rapat sekali lagi menjelaskan bahwa pembebasan sedang berjalan. Hanya saja saat ini, belum ada kontak lagi apakah sudah dilakukan pembangunan lagi atau belum,” pungkasnya. (pp/JE)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu