Home » , » Banyak Proyek Bermasalah, Walikota Himbau Warga Terlibat Pengawasan

Banyak Proyek Bermasalah, Walikota Himbau Warga Terlibat Pengawasan

Written By Posmetro Prabu on 27/03/14 | 27.3.14

PRABUMULIH, PP - Banyaknya dugaan pengurangan volume bangunan oleh kontraktor pelaksana pada sejumlah proyek yang bersumber dari APBD Kota Prabumulih 2013 lalu memaksa pemerintah kota untuk meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan. Terlebih hal tersebut menjadi sorotan khusus anggota DPR Kota Prabumulih belakangan ini.

Menurut Anggota dewan dari komisi III DPRD Kota Prabumulih mengungkapkan bahwa ada puluhan proyek APBD 2013 yang ditemukan bermasalah pada pengerjaannya. Kebanyakan masalah yang ditemukan pada sejumlah proyek adalah pihak rekanan kontraktor sengaja mengurangi volume bahan bangunan sehingga proyek banyak mengalami kerusakan di usia dini. Dari Puluhan proyek yang dinilai bermasalah pada umumnya tidak sesuai dengan bestek, ujar Sekretaris Komisi III Iskandarno SH.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Prabumulih beralasan bahwa pihaknya memiliki keterbatasan untuk memantau keseluruhan paket proyek yang sudah dilaksanakan. Walau demikian Walikota secara langsung menghubungi Kepala Inspektorat Kota Prabumulih untuk meninjau proyek bermasalah secepat mungkin dan memberikan laporan untuk ditindaklanjuti dengan segera.

Selain itu Walikota Ridho Yahya juga mengintruksikan kepada Dinas Terkait yakni Dinas PU Kota Prabumulih untuk memberikan teguran terhadap Kontraktor dan segera memperbaiki proyek yang dinilai bermasalah tersebut terlebih pemeriksaan keuangan pemerintah Kota Oleh BPK RI tidak lama lagi sudah tiba di Bumi Seinggok Sepemunyian.

Tidak lupa walikota juga menghimbau terhadap warga Kota Prabumulih untuk berperan aktif mengawasi jalannya pelaksanaan pembangunan di Kota Prabumulih. Pasalnya dana atau anggaran yang digunakan pada setiap paket pembangunan bersumber dari APBD atau berkat pajak yang dibayarkan oleh warga.

"Jika dinilai ada dugaan pengurangan volume silahkan dilaporkan ke Pemerintah Daerah, Bila perlu warga juga bisa menyetop jalannya proyek pembangunan semisal jalan lingkungan jika ditemukan adanya dugaan pengurangan Volume atau sebagainya. Setiap warga punya hak untuk mengawasi jalannya proyek pembangunan demi kesejahteraan bersama" tandasnya. (pp/01)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu