Home » » Wawako Dukung Pergantian Penilaian Kinerja PNS

Wawako Dukung Pergantian Penilaian Kinerja PNS

Written By Posmetro Prabu on 10/02/14 | 10.2.14

PRABUMULIH, PP--Wakil Walikota Prabumulih, Andriansyah Fikri SH menyatakan dukungannya terhadap pergantian metode penilaian kinerja PNS, dari yang sebelumnya menggunakan metode Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) menjadi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP).

Fikri menjelaskan, dengan metode SKP tolak ukur kinerja pegawai lebih jelas dan transparan. Sehingga pemberian reward berupa kenaikan pangkat kepada PNS bisa lebih tepat sasaran.

“Selama ini dengan metode DP3, penilaian yang dilakukan tidak jelas dan transparan. Sehingga sering kita temui PNS yang tiba-tiba sudah naik pangkat padahal kinerjanya minim. Nah, dengan SKP, PNS diberikan sasaran atau target tertentu dalam kinerjanya. PNS harus mencapai target itu, bila ingin naik pangkat,” ujar Fikri dalam acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis tentang SKP di aula RSUD kota Prabumulih, Senin (10/2).

Masih kata Fikri, tidak akan ada lagi kecemburuan sosial di kalangan PNS, mengenai rekannya yang bisa naik pangkat dengan cepat, karena kedekatan dengan oknum pimpinan atau oknum lainnya. “Metode ini lebih jelas dan transparan. Tinggal lagi bagaimana institusi yang bersangkutan (BKD,red) dapat mengawasi secara benar jalannya sistem ini,” terangnya.

Lebih jauh Fikri menerangkan, penilaian prestasi kerja berdasarkan SKP terdiri dari dua unsur yaitu, SKP (sasaran kerja pegawai) dan perilaku kerja dengan bobot penilaian masing-masing unsur SKP sebesar 60 % dan perilaku kerja sebesar 40 %.

“SKP itu sendiri ada 4 tolak ukur yaitu kualitas kinerja, kuantitas kinerja, waktu serta biaya. Sementara perilaku kerja lebih kepada tingkah laku, sikap atau tindakan yang dilakukan oleh seorang PNS dalam bekerja misalkan kedisiplinan, integritas dan komitmen,” katanya.

Nah, jika PNS telah mencapai target yang ditentukan dalam posisinya, maka ia berhak untuk diberikan reward.
Begitupun dengan pemberian punishment atau sanksi. Akan ada ukurannya jika PNS tidak bisa mencapai target yang diberikan. (bmg/nd)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu