Home » , » TPHD Tak Ditunjuk Walikota

TPHD Tak Ditunjuk Walikota

Written By Posmetro Prabu on 19/02/14 | 19.2.14

Prabumulih, PP -Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD ) dan Tim Kesehatan Haji Daerah ( TKHI ) adalah petugas yang tugasnya membantu ketua kloter yang satu kloter 360 jamaah ( termasuk ketua) dalam penanganan jemaah selama di tanah suci. Untuk perekrutannya sendiri TPHD dan TKHI diwajibkan melalui tahapan seleksi di Kantor Kementerian Agama Kota Prabumulih.

Kepala Kementerian Agama  Kota Prabumulih Drs H Asymuni melalui Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh kota Prabumulih HM Zakka Herry SAg Rabu ( 19/2 ) diruangan kerjanya menjelaskan proses seleksi dalam rekruitmen TPHD dan TKHD  yang diperkirakan April mendatang terbuka untuk semua masyarakat Prabumulih, namun berdasarkan Surat Keputusan Walikota. Dan jumlah kebutuhannya tergantung banyaknya jamaah." Tahun 2013  kemarin Pabumulih yang bertugas dua orang dan masih ditunjuk Walikota, pasalnya petunjuk teknis diterbitkan menjelang keberangkatan. Mungkin tahun ini dilaksanakan," ujarnya.

Untuk pembiayaan, menurutnya bukan diambil dari jamaah, melainkan melalui apbd kota prabumulih. "Jadi jelas bukan diambil dari jamaab," tegasnya.

Terkait regulasi, dirinya menuturkan
Berdasarkan Keputusan Diretur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh No:D/78 tahun 2013 Tentang Pedoman rekruitmen Petugas Haji Indonesia Pasal 13 poin 3 TPHD syaratnya adalah laki-laki, usia 35 s.d ,55 tahun, pendidikan diutamakan SI, sudah menunaikan ibadah haji, dapat membaca al quran dan menguasai manasik haji, memiliki kemampuan manajerial serta di usulkan pimpinan unit kerjanya.

Untuk point 4 TKHD, syaratnya yakni, laki-laki/perempuan,usia 35-50 tahun, memiliki ijazah kesehatan, diutamakan sudah menuaikan ibadah haji, mampu berbahasa arab/inggris serta diusulkan unit kerjanya.

Untuk kuota Sumsel tahun 2014 tercatat 6.300 jamaah, namun melalui protek propinsi pengambilan porsi on line di potong 20 persen.sedangkan Kuota jamaah calon haji kota Prabumulih sendiri sebanyak 178 jamaah."Angka tersebut bisa jadi berubah tergantung kebijakan pusat untuk memprioritaskan usia lanjut," terangnya. 

Namun ketika Portal ini mencoba mengkonfirmasi terkait penunjukan DPHD Prabumulih oleh Walikota di 2013 lalu, kepadaKepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ( kesra ) Prabumulih memilih menolak memberikan keterangan dengan alasan rapat. (adit)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu