Home » , » Pemko Prabumulih Dukung MoU Rutan dan Polres Bidang Pengamanan

Pemko Prabumulih Dukung MoU Rutan dan Polres Bidang Pengamanan

Written By Posmetro Prabu on 17/02/14 | 17.2.14


PRABUMULIH, PP - Pemerintah Kota Prabumulih menyambut baik penandatangan kerjasama (MoU) peningkatan penanganan kemanan dan ketertiban di lingkungan Rumah Tahanan Klas IIB Kota Prabumulih. Hal ini diungkapkan langsung oleh Walikota Prabumulih Ir. H Ridho Yahya MM saat menyaksikan penandatangan MoU oleh Polres Prabumulih dengan Rutan.

Menurut Ridho yahya hal ini perlu dilaksanakan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terjadi di Rutan Prabumulih. Meski pada dasarnya kemanan di Bumi seinggok Sepemunyian ini masih tergolong kondusif, pencegahan menurutnya perlu dilakukan. Terlebih penghuni Rutan adalah warga kota Prabumulih tentunya sangat perlu didukung oleh seluruh lapisan masyarakat bukan hanya walikota saja, ujarnya.

Dikatakan, Sejauh ini Pemerintah Kota Prabumulih telah berupaya memberikan dukungan melalui dan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh rutan demi kepentingan Binaan seperti tanki air bersih, pembangunan jalan setapak, televisi dan pembangunan sarana dan prasarana yang bersentuhan langsung dengan Narapidana.

Keinginan Pemerintah kota sebenarnya ingin berbuat lebih dari itu, namun karena terkendala aturan yang melarang pemerintah daerah memberikan bantuan ke instansi vertikal maka bantuan itu sulit diwujudkan.

"Diakui sebagian besar dana APBD adalah bersumber dari APBN, sehingga kurang tepat apabila dana APBD digunakan membantu Instansi vertikal. Hal ini benar, namun jika anggaran dari APBN untuk Instansinya di Daerah tidak mencukupi apakah pemerintah Daerah harus berdiam diri, kan tidak mungkin. Namun demikian kita tetap mencari celahnya agar bantuan yang diberikan memiliki dasar dan tidak melanggar aturan" tegasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Klas IIB Kota Prabumulih Sulardi BC, IP dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan MoU dilakukan adalah sebagai bentuk pencegahan dini terhadap gangguan kerawanan, Penanggulangan Kerusuhan, Peredaran Gelap Narkoba dan Penyelenggaraan Operasional Pengamanan, baik dari dalam maupun dari luar Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Prabumulih.

Pihaknya sejauh ini lanjut Sulardi, Dalam menciptakan kondisi yang aman dan tertib dilingkungan Rutan Kals IIB kota Prabumulih telah diupayakan secara maksimal dengan melaksanakan penjagaan selama 24 jam walaupun masih terbatasnya tenaga pengamanan.

Namun demikian lanjutnya, masih banyak gangguan keamanan termasuk perkelahian, penyelundupan narkoba, penggunaan Hp oleh warga binaan dan lain sebagainya. Sleain itu tidak tertutup kemungkinan ancaman ganguan perlawanan para Napi itu bisa terjadi kapan dan dimanapun. oleh karena itu, dalam pelaksanaan tugas perlu bekerjasama dengan pihak lain seperti kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadilan dan tidak tertutup kemungkinan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, ungkapnya.

Sulardi dalam Laporannya di hadapan tamu dan Undangan juga membeberkan Kondisi Rutan saat ini. Menurutnya, situasi keamanan di Rutan Kals IIB Kota Prabumulih saat ini masih aman dan terkendali meski banyak kekurangan disana sini.  Namun demikian, lanjutnya, pihaknya tidak bisa lengah dengan hal tersebut. Maka dari itu kami ingin bekerjasama dengan Kepolisian agar pencegahan dini dapat dilakukan, tegasnya.

Kapolres Prabumulih AKBP Denny Y Putro SIK disela-sela penantangan nota Kesepahaman mengungkapkan bahwa di dalam rutan hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja trjadi dan menjadi konflik yang cukup besar dan perlu pencegahan.

Selama ini koordinasi dengan pihak rutan cukup baik. Seperti saat Polisi menitipkan tahanan selalu diterima oleh Karutan meski kondisi rutan sudah over kapasitas. Meski sebelum adanyanya penandatangan MoU, Polres Sendiri tetap memelakukan patroli dan selalu memonitor keadaan di lingkungan Rutan dari ancaman ganguan kemanan.

Dengan adanya MoU penanganan kemanan dan Ketertiban di Rutan Klas IIB Kota Prabumulih diharapkan dapat diimplementasikan dengan nyata untuk mengoptimalkan tugas dan fungsi pengamanan anatara polisi dengan rutan dalam sisi pengamanan serta menciptakan kondisi yang kondusif, tertib dan aman, tegasnya. (pp/01/adv)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu