Home » » Pegawai KPU Prabumulih Diperiksa Petugas

Pegawai KPU Prabumulih Diperiksa Petugas

Written By Posmetro Prabu on 25/02/14 | 25.2.14

PRABUMULIH, PP – Para pegawai Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Prabumulih, PPS serta PPK harus menjalani pemeriksaan intensif dari petugas kepolisian Polres Prabumulih, ketika akan masuk untuk melakukan pelipatan suara di ruangan lantai dua gedung KPU di Jalan A Yani Kecamatan Prabumulih Timur kota Prabumulih, Senin (24/2/2014).

Para pegawai dilakukan pemeriksaan oleh petugas kepolisian sebelum melakukan pelipatan surat suara, untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan terhadap surat suara untuk pemilihan legislatif 2014 mendatang tersebut.

Tidak hanya dilakukan pemeriksaan, sebanyak 45 orang yang dikerahkan KPU melakukan pelipatan tersbut juga harus meninggalkan tas serta barang bawaan di luar ruangan, selama melakukan pelipatan surat suara di lantai dua gedung tersebut.

Selain itu, selama proses pelipatan berlangsung, setidaknya sebanyak tiga polisi melakukan penjagaan dan memantau proses pelipatan surat suara tersebut. Bahkan, untuk membuat ruangan steril dari ganguan, KPU juga berencana membuatkan tanda khusus bagi petugas pelipat suara sehingga bisa diketahui jika adanya penyusup.

“Sebelum melakukan pelipatan para pekerja diperiksa, tas ditinggal, sebelumnya juga kita mendapat arahan dari pihak kepolisian. Ini dilakukan agar surat suara yang ada terjamin keamanan dan terjauh dari hal tidak diinginkan,” tegas Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kota Prabumulih, M Takhyul ketika diwawancarai wartawan.

Menurut Takhyul, pihaknya melakukan pelipatan dengan mengerahkan 45 orang pegawai yang berasal tidak hanya dari PPS, PPK serta pegawai secretariat KPU, tetapi juga dibantu petugas pengawas lapangan (PPL) Panwaslu kota Prabumulih.

“Hari ini kita uji coba dulu, seberapa banyak surat suara bisa terlipat, selanjutnya jika nanti dirasa kurang maka kita akan mengupayakan dengan menambah pekerja untuk melakukan pelipatan,” bebernya.

Namun, jika hal itu dilakukan dirasa masih kuarang maka KPUD Prabumulih menurut Takhyul akan menambah jam kerja hingga malam untuk melakukan pelipatan sebanyak 526.693 surat suara tersebut.

“Kita menargetkan selama 15 hari untuk melakukan pelipatan ini, jadi kita lihat dulu hasil hari ini (kemarin-red), jika setelah dikalkulasi dirasa kurang maka kita ada dua alternative dengan menambah waktu atau nanti menambah pegawai pengerja, sehingga nantinya seluruh surat suara akan selesai dengan waktu kita tentukan,” ungkapnya.

Takhyul mengatakan, setelah dilakukan pelipatan surat suara tersebut akan disimpan di ruang khusus dengan tiga gembok, dimana nantinya akan disimpan pihak KPUD Prabumulih, Panwaslu serta petugas keamanan yang bertugas di gedung tersebut.

“Nanti setelah dilakukan pelipatan akan dikembalikan dan disimpan di ruang khusus, tetap dengan tiga gembok,” bebernya seraya mengatakan terkait kerusakan surat suara hingga proses pelipatan siang kemarin tidak ditemukan surat suara yang rusak.

Disinggung mengenai berapa honor petugas pelipatan surat suara tersebut, Takhyul mengatakan, honor petugas pelipatan kurang lebih sebesar Rp 200 per lembar surat suara yang dilipat.

“Kalau tidak salah bersih kotornya honor pelipatan sebesar Rp 200, tetapi untuk lebih jelasnya nanti devisi kita akan menjelaskan,” tutupnya.

Pantauan Tribun Sumsel, pelipatan surat suara tersebut dimulai sejak sekitar pukul 08.00 dan akan berakhir pukul 16.00. Direncanakan pelipatan akan dilakukan selama 15 hari sejak dimulainya kemarin. Dalam pelipatan tersebut dijaga ketat petugas kepolisian, para pekerja maupun wartawan dan warga lain yang hendak memasuki ruangan pelipatan dilakuakan pemeriksaan oleh petugas kepolisian, sementara tas atau barang bawaan ditinggal di luar ruangan.








Sumber : tribunsumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu