Home » , » Pasien di RSUD Prabumulih Ogah Pakai BPJS

Pasien di RSUD Prabumulih Ogah Pakai BPJS

Written By Posmetro Prabu on 08/02/14 | 8.2.14

PRABUMULIH, PP – Meskipun layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sudah diberlakukan sejak 1 Januari lalu, namun hingga sampai saat ini mayoritas pasien masih menggunakan kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) untuk mendapatkan layanan kesehatan sedangkan kartu BPJS sangat minim digunakan.
Direktur RSUD Prabumulih, Hj Rusmini SKm MKes melalui Kepala bidang (Kabid) Pelayanan Medik, Dr Yoanda saat dikonfirmasi mengakui minimnya pemegang kartu BPJS menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan, menurutnya hal tersebut terjadi dikarenakan meskipun telah diberlakukan namun kartu BPJS belum begitu banyak diterbitkan.
“Layanan kesehatan melalui kartu BPJS sebagai gabungan dari program Jamkesmas, Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dan Asuransi Kesehatan (Askes) memang sudah diberlakukan terhitung tanggal 1 Januari lalu, namun oleh karena penerbitan kartu BPJS masih dalam proses maka belum begitu banyak pasien yang menggunakannya,” akunya.
Dijelaskan Yoanda, untuk pemberian layanan kesehatan di sejumlah Puskesmas dan Rumah sakit di daerah dari jenis Jamkesmas, Jamsostek dan  Askes saat ini masih dikelolah Pemerintah daerah sedang untuk Jaminan Sosial Kesehatan (Jamsoskes) tetap dikelolah oleh Pemerintah Provinsi dan tidak termasuk dalam program BPJS.
“Meskipun masih banyak pasien baik di tingkat Puskesmas maupun di tingkat Rumah sakit menggunakan kartu Jamkesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, akan tetapi data pemegang kartu Jamkesmas dalam data base sudah dipindahkan ke data base BPJS sehingga pemegang kartu Jamkesmas nantinya juga akan mendapatkan kartu BPJS,” jelasnya.
Yoanda menegaskan, walaupun kartu BPJS belum diterima masyarakat secara keseluruhan, kartu Jamkesmas masih tetap berlaku dan diterima untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hingga mendapatkan kartu BPJS, meskipun menggunakan kartu Jamkesmas pasien akan tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama.
Salah satu keluarga pasien, Zakaria (60) ditemui di sal kelas III saat dimintai komentarnya mengungkapkan, saat ini dirinya mengurus permohonan layanan kesehatan secara gratis melalui kartu Jamkeskin kalau pun tidak memiliki kartu layanan kesehatan petugas rumah sakit masih menerima copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
“Ketika saya mendaftarkan keluarga yang sakit, petugas memang meminta kartu layanan kesehatan seperti Jamkesmas, Jamsostek ataupun Askes dan jika ada petugas meminta kartu BPJS namun berhubung kartu layanan kesehatan yang saya miliki hanyalah Jamkesmas maka hanya dengan kartu Jamkesmas pasien saya mendapatkan layanan kesehatan,” komentarnya.
Zakaria menambahkan, pelayanan kesehatan yang didapatkan anggota keluarganya sejak masuk ruang emergency hingga dirawat di ruangansal masih tetap seperti biasa meskipun tidak menggunakan kartu BPJS, menurutnya apapun Program layanan kesehatan dari Pemerintah dirinya berharap tidak terlalu menyusahkan masyarakat.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu