Home » » Maret, Pelanggan Baru Bisa Nikmati Air PDAM

Maret, Pelanggan Baru Bisa Nikmati Air PDAM

Written By Posmetro Prabu on 08/02/14 | 8.2.14

PRABUMULIH, PP – PDAM Tirta Prabu menargetkan penambahan kurang lebih sebanyak 1.500 pelanggan setelah pembangunan jaringan pipa di Kelurahan Gunung Ibul dan Suka Raja yang mulai dikerjakan sejak akhir tahun 2013 lalu dan saat ini PDAM mulai menerima pendaftaran pelanggan baru untuk segera diproses usai bangunan jaringan pipa diserah-terimakan.

Direktur PDAM Tirta Prabu,I Iskandar SE saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/2) mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melanjutkan pengerjaan pemasangan jaringan pipa penyalur air bersih di Kelurahan Gunung Ibul dan Suka Raja yang dilakukan oleh pihak ke-3, setelah diserah-terimakan pihaknya akan langsung memulai proses pendistribusian air bersih.

“Tahun lalu kita menerima bantuan dana pembangunan jaringan air bersih dari Pemerintah pusat 20 Milyar, dari total jumlah bantuan tersebut hingga sampai saat ini baru bisa  terealisasi sebanyak 12 Milyar yang dibayar secara bertahap, mengenai pengerjaannya ditangani langsung oleh satuan kerja yang bersekretariat di Palembang,” katanya.

Iskandar SE merincikan, bantuan pembangunan jaringan penyaluran air bersih tersebut dilaksanakan di 3 titk yaitu di Desa Jungai Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT), Kelurahan Gunung Ibul dan Kelurahan Sukaraja, ke-3 titik lokasi pemasangan jaringan penyaluran air bersih tersebut seluruhnya sudah hampir rampung.

“Tahun 2013 lalu kita mendapat bantuan sharing pemasangan jaringan listrik untuk pengolahan air bersih pada bak penampung di Desa Jungai RKT dan  pengerjaanya akan mulai dikerjakan tahun ini, dengan demikian jika masyarakat ingin mendapatkan layanan air bersih dari PDAM saat ini sudah bisa mendaftarkan diri,” rincinya.

Dijelaskan Iskandar, jika mulai saat ini masyarakat sudah mendaftarkan diri sebagai calon pengguna layanan air bersih dari PDAM, maka setelah pemasangan jaringan listrik pada bak penampung yang diperkirakan memakan waktu 1 bulan kedepan selesai, PDAM akan dapat segera menyalurkan air bersih kepada para calon pelanggan yang sudah mendaftarkan diri.

“Dari pemasangan jaringan pipa penyalur air bersih yang dikerjakan ditambah kapasitas intake 20 liter/detik, diperkirakan PDAM dapat menambah jumlah pelanggan sebanyak kurang lebih 1500 rumah dari sebelumnya berjumlah 5 ribu rumah, jika sambungan jaringan pipa belum mencukupi kebutuhan masyarakat maka PDAM akan membuat boster,” jelasnya.

Iskandar menambahkan, untuk melengkapi dan atau menutupi kekurangan sarana dan prasarana dari pembangunan jaringan pipa penyalur air bersih, PDAM juga akan membangun boster atau bak penampung air bersih di 5 titik, boster yang dibangun hanya sekedar sebagai penampung sedangkan pengolahannya masih tetap ditangani oleh PDAM.

“Seiring dengan laju tingginya percepatan pertumbuhan penduduk di wilayah Kota Prabumulih, hingga sampai saat ini PDAM Tirta Prabu sudah melayani lebih dari 14 %  dari jumlah total penduduk Kota Prabumulih, tahun 2011 lalu jumlah pelanggan masih berada pada kisaran 3.700 rumah tapi saat ini sudah lebih dari 5 ribu rumah,” tambahnya.

Idris (44), salah seorang pelanggan PDAM di Kelurahan Muara Dua saat dimintai komentarnya meragukan kemampuan PDAM melayani penambahan 1.500 pelanggan mengingat setiap musim kemarau dirinya dan pelanggan PDAM di wilayah sekitar perumahan guru sangat kesulitan mendapatkan air bersih.

“Jika sarana dan prasarana yang dimiliki PDAM Tirta Prabu masih seperti dulu terus terang saya ragu kemampuan PDAM menyalurkan air bersih kepada 1.500 pelanggan tambahan, pelanggan lama saja masih kesulitan air bersih bagaimana mungkin PDAM dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk pelanggan baru,” komentarnya.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu