Home » , » Baznas dan Pemkot Prabumulih Rencanakan Bedah RTLH

Baznas dan Pemkot Prabumulih Rencanakan Bedah RTLH

Written By Posmetro Prabu on 08/02/14 | 8.2.14

PRABUMULIH, PP – Dalam rangka membantu masyarakat mendapatkan tempat hunian yang layak, setiap tahunnya Pemerintah kota Prabumulih bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Prabumulih menargetkan pelaksanaan bedah rumah sebanyak 81 unit/tahun dengan rincian 33 unit dari Pemkot dan 48 unit dari Baznas.
Walikota Prabumulih, Ir Ridho Yahya MM disela-sela kegiatan peninjauan calon rumah yang akan dibedah mengatakan, program bedah rumah akan direalisasikan Pemerintah kota sebanyak 33 unit/tahun dan Baznas sebanyak 4 unit setiap bulannya, syarat rumah yang akan dibedah harus hak milik dari warga yang menempatinya.
“Pada program bedah rumah ini, rumah yang dapat diajukan sebagai peserta bedah rumah adalah tanah tempat rumah berdiri harus merupakan hak milik dari warga yang menempatinya dan kondisi rumah memang benar-benar tidak layak huni, untuk itulah setiap peninjauan rumah yang akan dibedah kita selalu meminta bantuan media untuk mempublikasikannya,” katanya.
Ridho Yahya melanjutkan, melalui publikasi dari rekan-rekan media seluruh lapisan masyarakat juga dapat menilai layak tidaknya rumah yang menjadi peserta program Bedah Rumah, dari 33 unit rumah yang dicari untuk dibedah hingga sampai saat ini Pemerintah dan Bazda sudah mendapatkan 9 unit rumah.
“Ke-9 unit rumah tersebut 4 diantaranya hasil penilaian Bazda dan 5 lainnya hasil penilaian dari Pemerintah kota, syarat utama rumah tidak layak huni yang akan dibedah Pemeritah kota adalah tanah tempat rumah didirikan harus merupakan hak milik dari warga yang menempati rumah tersebut, untuk itu pemerintah akan meninjau secara langsung,” lanjutnya.
Dijelaskan  Ridho Yahya, Program Bedah Rumah akan direalisasikan tahun ini juga tinggal menunggu kajian secara teknis tentang  pola dan cara merealisasikannya, saat ini paling tidak alternative pelaksanaan secara teknis adalah melalui system tender atau swakelolah oleh Dinas Sosial, jika sudah mendapatkan cara terbaik Program Bedah Rumah segera direaliasikan.
“Melalui Program Bedah Rumah dari Pemerintah kota sebanyak 33 unit rumah/tahun ditambah 4 unit/bulan yang setara dengan 48 unit/tahun dari Baznas, maka setidaknya terdapat 81 unit rumah berhasi dibedah setiap tahunnya dan jika memang memungkinkan tahun depan bisa saja bertambah tergantung dengan kemampuan anggaran yang tersedia,” lanjutnya.
Ridho Yahya mengungkapkan, dirinya sangat bersyukur karena Program Bedah Rumah yang dilaksanakan Pemerintah kota dan Baznas tersebut mendapat dukungan penuh dari Badan Pertananahan Nasional (BPN) melalu pembuatan sertifikat tanah atas rumah yang dibedah secara gratis untuk itu Pemerintah akan menindak-lanjutinya secara serius.
Kepala bagian (Kabag) Humas dan Protokol, Drs Mulyadi Musa MSi menambahkan, minggu pertama bulan Januari lalu pihaknya sudah berupa mencari 33 unit rumah yang akan dibedah melalui Program Bedah Rumah dari Pemerintah kota, menurutnya hingga awal bulan Februari pihaknya sudah mendapatkan 5 unit rumah tidak layak huni untuk dibedah.
“Kriteria rumah tidak layak huni yang kita ikutsertakan dalam Program Bedah Rumah adalah hak milik karena tanah tempat rumah didirikan akan langsung dibuatkan sertifikat oleh BPN dan jika perlu sebagai bagian dari pemberantasan kemiskinan pemilik rumah akan diberi modal untuk menjalankan usaha,” tambahnya.
Mulyadi merincikan, dana yang dianggarkan untuk merealisasikan Program Bedah Rumah adalah Rp 30 juta untuk 1 unit rumah, rumah tidak layak huni yang sudah terdata adalah rumah milik Asmawati dan Bapak Hildah di Desa Muara Sungai, rumah Cek Nihah, Rukibah dan Sainaya di Desa Sungai Medang dan rumah Ahmad di Kelurahan Muntang Tapus.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu