Home » » Bandit Kambuhan Didor Buser Polsek Timur

Bandit Kambuhan Didor Buser Polsek Timur

Written By Posmetro Prabu on 27/02/14 | 27.2.14

PRABUMULIH - Akibat melakukan perlawanan dan mencoba kabur ketika akan diringkus Tim Buser Polsek Prabumulih Timur pimpinan Aiptu Riki Yanto Atmaja, dua orang kawanan spesialis pencurian yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Prabumulih terpaksa dilumpuhkan petugas menggunakan timah panas.
Kedua pelaku tersebut yakni Yudilharto (35) warga Jalan Mangga Baru RT 18 RW 07 Kelurahan Mangga Baru Kecamatan Prabumulih Barat dan Keriadi (22) warga Jalan Bukit Swadaya Bakaran Kecamatan Prabumulih Selatan kota Prabumulih.
Dua pelaku yang merupakan paman dan keponakan itu sendiri diringkus jajaran petugas saat tengah melintas mengangkut barang hasil curian di Jalan Puskesmas Kelurahan Mangga Besar Kecamatan Prabumulih Utara, Rabu (26/2) sekitar pukul 05.00.
Selain pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa Kunci T, obeng, pisau serta satu unit sepeda motor Revo Fit berplat nomor BG 4273 OT warna hitam, turut diamankan juga satu unit spekers mobil merk Ekarion yang merupakan hasil curian dua pelaku dari kawasan .
Guna kepentingan mempertanggungjawabkan perbuatannya dan untuk kepentingan penyelidikan selanjutnya, dua tersangka bersama barang bukti diamankan di mapolsek Prabumulih Timur.
Informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan terhadap dua pelaku yang satu diantaranya merupakan resdivis kasus pencurian tersebut berawal ketika petugas melakukan patrol rutin pada pukul 04.00.
Saat melintas di Jalan Puskesmas Kelurahan Mangga petugas melihat dua pelaku yang terlihat panic akibat ban motor yang dikendarai pecah, saat itu pelaku Yudilharto tengah membawa spekers mobil.
Curiga dengan hal itu, petugas kemudian menghampir dan memeriksa kedua pelaku, namun belum sempat melakukan pemeriksaan dua pelaku berusaha kabur dan meyerang petugas.
Petugas akhirnya harus melumpuhkan keduanya menggunakan timah panas, akibat tembakan peringatan yang beberapa kali ditembakkan tidak diindahkan Yudilharto dan Keriadi.
Dua pelaku yang mendapat tembakan di kaki kanan kemudian diamankan petugas, sementara beberapa barang bukti turut diamankan petugas.
“Kami mencuri di steam mobil kawasan Bakaran, yang dicuri mencuri speker mobil, tapi saat di Jalan Puskesmas Mangga Besar motor pecah ban dan ada polisi patroli, melihat polisi kami coba kabur tapi berhasil ditangkap petugas,” ujar Keriadi ketika diintrogasi petugas.
Menurut pria yang sudah dua kali masuk penjara kasus pencurian tersbut, dirinya sudah delapan kali melakukan aksi pencurian, antara lain mencuri motor di kawasan Beringin, dua unit handphone di kawasan Gunung Ibul, tabung gas ukuran 3 kilo di Pertamina, menduri uang sebesar Rp 5 juta di Minang Raya serta pencurian lainnya.
“Saya juga sudah dua kali masuk penjara, pertama mencuri Alumenium di Jalan Sosial Sukaraja dipenjara dua bulan dan mencuri kabel PLN dipenjara dua tahun. Saya selalu mencuri untuk kebutuhan sehari-hari, membeli baju, pakaian, sepatu dan lainnya,” ujar pria yang juga bekerja sebagai buruh pengangkut semen tersebut.
Sementara, Yudilharto mengaku mencuri atas ajakan Keriadi yang tidak lain merupakan keponakannya tersebut. Menurut Yudilharto, dirinya mencuri akibat penghasilan sebagai supir kalangan tidak lagi menghasilkan uang, sementara dirinya harus menghidupi empat anak dan istrinya.
“Mencuri speker di mobil pick up itu saya, Keriadi tugasnya menunggu di motor dan setelah dapat kami langsung kabur. Rencananya pagi ini (kemarin-red) hasil curian ini akan dijual tetapi keburu tertangkap polisi,” ungkapnya.
Kapolres Prabumulih, AKBP Denny Yono Putro SIK melalui Kapolsek Prabumulih Timur, Iptu Toni Arman didampingi Kanitres, Aiptu Riki Yanto Atmaja ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut.
“Dua pelaku diringkus petugas yang tengah melakukan patroli, selain pelaku turut diamankan beberapa barang bukti. Satu pelaku merupakan resedivis spesialis pencurian di Prabumulih, saat ini keduanya tengah menjalani pemeriksaan petugas kita,” tegasnya.









Sumber : tribunsumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu