Home » , , » Tak Ada Drainase, Sudirman Jadi Kolam

Tak Ada Drainase, Sudirman Jadi Kolam

Written By Posmetro Prabu on 22/01/14 | 22.1.14

PRABUMULIH, PP-- Sepanjang awal tahun 2014  hujan terus mengguyur Kota Prabumulih. Akibatnya di sejumlah titik daerah  yang dijuluki sebagai  Kota Nanas ini sering  terendam banjir. Dari pantauan Posmetroprabu dilapangan,  Rabu (22/1), banjir dadakan ini terjadi akibat kondisi Drainase dan Gorong-Gorong yang sudah tidak berfungsi lagi, padahal Drainase dan Gorong Gorong merupakan sarana di pemukiman untuk mengalirkan  air hujan  dari suatu tempat ke tempat yang lain agar lingkungan perumahan warga bebas dari genangan air.

Salah satu titik lokasi banjir dadakan tersebut berada tepat di atas Jalan Jendral Sudirman  di Wilayah Padang Lalang Rt 02 Rw 02 Kelurahan Patih Galung Kec Prabumulih Barat. Genangan air ini, menutupi  seluruh bagian permukaan jalan sepanjang 50 Meter dengan ketinggian luapan air mencapai 5 sampai 10 CM.

Adi (29), salah seorang warga menjelaskan kepada portal ini, Genangan air yang selalu muncul  saat hujan turun mengakibatkan banyak rumah warga yang  terendam banjir  dan genagan air tersebut merupakan titik rawan kecelakaan karena kondisi permukaan jalan yang tidak terlihat sama sekali saat hujan turun.
 “Genangan air tersebut  sangat menggangu kami, bukan hanya saat hujan turun tetapi saat hujan reda pun Debit air akan terus bertambah yang mengakibatkan rumah kami ini kebanjiran, Tak hanya itu saat air menggenangi permukaan jalan para pengguna jalan harus ekstra berhati-hati karena sering sekali terjadi kecelakaan akibat posisi badan jalan semuanya tertutup oleh air” jelasnya.

Ardy menambahkan ini sangat memprihatinkan karena luput dari pantauan Pemerintah dan bahkan kondisi gorong-gorong yang sudah puluhan tahun tersumbat  belum juga ada perbaikan  ataupun  pembangunan drainase baru. Hal ini sangat  menganggu  kondisi perumahan masyarakat disekitar lokasi khususnya Warga Padang Lalang, tak hanya itu, genangan air yang menutupi badan jalan selama berminggu-minggui menyebabkan kondisi  jalan mulai banyak berlubang. 

“Sangat disayangkan dan memprihatinkan karena luput dari pantauan Pemerintahan mengenai pembangunan Gorong-Gorong yang sudah puluhan tahun tersumbat yang hingga saat ini, belum juga ada perbaikan, pemerintah mungkin lupa  karena fenomena banjir ini merupakan banjir dadakan yang  selalu menggenangi perumahan warga ketika musim hujan saja. Tetapi kalau hal ini terus di biarkan saja  jelas merugikan warga dan tingkat  kecelakaan akan terus bertambah,” terangnya.

Warga mengharapkan agar pihak pemerintah khusnya Walikota Prabumulih  melalui Dinas terkait  dapat membantu,menaggarkan dan membangun kembali Gorong-Gorong tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemerintah kepada Masyarakat.
Ketika di konfirmasi mengenai fenomena banjir ini, Ir.H. Ridho Yahya MM selaku Walikota Prabumulih menaggapi hal tersebut dan beliau akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Propinsi karena khusunya untuk perbaikan  Drainase dan juga Gorong-Gorong  yang terdapat dibawah Jalan Sudirman  itu merupakan kewenangan penuh pihak Provinsi Sumsel. (ard)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu