Home » » Proyek Gedung Kesenian Tetap Jadi Prioritas Meski Menuai Protes PT.KAI

Proyek Gedung Kesenian Tetap Jadi Prioritas Meski Menuai Protes PT.KAI

Written By Posmetro Prabu on 23/01/14 | 23.1.14

PRABUMULIH, PP – Proses pengerjaan pembangunan Gedung Kesenian beberapa kali tertunda karena lokasi pembangunan di-claim milik PT KAI, meskipun masih menuai sengketa pembangunan Gedung Kesenian tetap dilanjutkan bahkan menjadi prioritas dan lebih dulu dikerjakan dari proyek fisik lainnya.

Berdasarkan catatan portal ini, wacana pembangunan Gedung Kesenian sudah mulai timbul sejak tahun 2011 lalu, setelah melalui berbagai pertimbangan dan perencanaan biaya pembangunan Gedung Kesenian dianggarkan pada APBD Tahun Anggaran 2012 namun batal dikerjakan karena lokasi pembangunan di-claim sebagai milik PT KAI.

Pada APBD tahun Anggaran 2013 alokasi dana untuk biaya pembangunan Gedung Kesenian kembali dianggarkan dan tetap dikerjakan, meskipun masih menuai sengketa dengan PT KAI tahun ini Pemerintah kota lebih memprioritaskan kelanjutan pembangunan Gedung Kesenian agar manfaatnya dapat lebih cepat dinikmati masyarakat.

Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, Kota Prabumulih hingga saat ini belum memiliki Gedung Kesenian sebagaimana yang telah dimiliki oleh daerah Kabupaten/kota lain, padahal Group Seni dan Tari Seinggok Sepemunyian asal Prabumulih selama ini telah menunjukkan kualitas dan kemampuannya melalui berbagai prestasi yang diraih.

“Untuk terus memupuk semangat pencinta seni tradisional daerah Prabumulih dan mengasah kemampuan agar dapat menunjukkan keindahan seni asli Prabumulih pada berbagai event maka dipandang bahwa ketersediaan Gedung Kesenian memang sudah sangat mendesak oleh karena itu kelanjutan pembangunannya menjadi prioritas,” katanya.

H Ridho Yahya menjelaskan, pada tahun 2013 lalu baik di Dinas PU maupun di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya tidak ada pengerjaan paket proyek fisik yang tidak selesai kecuali pengerjaan pembangunan Gedung Kesenian, jadi suatu hal yang wajar jika tahun 2014 pembangunan Gedung Kesenian tahap berikutnya menjadi prioritas untuk dilanjutkan.

Sama halnya seperti yang disampaikan Kepala Dinas PU, Ir Ardi Supratman MM melalui Sekretarisnya, Ir M Yusuf yang mengakui jika pengerjaan pembangunan Gedung Kesenian belum selesai seutuhnya sehingga belum dapat difungsikan, hal ini dikarenakan Gedung Kesenian dibangun bertahap, tahun 2014 diperkirakan dapat segera selesai.

“Keterlambatan penyelesaian pengerjaan proyek fisik pembangunan Gedung Kesenian selama ini disebabkan lahan lokasi pembangunan yang disengketakan PT KAI, sehingga sempat muncul wacana lokasinya dipindahkan hingga akhirnya diputuskan Gedung Kesenian tetap di bangun di lahan eks lapangan tennes,” ujarnya.

Ditambahkan  M Yusuf, meskipun sedikit rumit pembangunan Gedung Kesenian Tahap I telah selesai dikerjakan, pengerjaan pembangunan Gedung Kesenian Tahap II juga sudah mulai dilaksanakan kontraktor setelah bangunan hasil pengerjaan Tahap I diserah-terimakan , dirinya berharap tahun 2014 Gedung Kesenian sudah dapat difungsikan. (nov)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu