Home » » Pemerintah Siapkan Rp 3 Trilun Buat Cadangan Bencana

Pemerintah Siapkan Rp 3 Trilun Buat Cadangan Bencana

Written By Posmetro Prabu on 17/01/14 | 17.1.14

JAKARTA, PP - Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan bahwa pemerintah telah menganggarkan Rp 3 triliun untuk dana cadangan bencana alam tahun 2014. Dari jumlah tersebut Rp 1,5 trilun merupakan dana yang sudah siap ditarik. (Baca juga : Rp 1,7 Triliun untuk Normalisasi Sungai)

“Dana Rp 1,5 triliun tersebut sudah mendapat persetujuan dari DPR jadi bisa ditarik sewaktu-waktu, sedangkan sisanya harus mendapat persetujuan DPR jika akan ditarik,” ujar Askolani ketika ditemui di kompleks Kementrian Keuangan, Jumat, 17 Januari 2014.

Dari jumlah tersebut, Askolani mengatakan sebanyak Rp 200 miliar sudah diminta oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Sebelumnya pada 2013 Kementerian Keuangan telah menyiapkan dana cadangan Rp 4 triliun jika sewaktu-waktu BNPB membutuhkan dana tambahan untuk mengatasi banjir. (Baca juga : Empat Langkah BNPB Mengatasi Banjir)

Lebih lanjut, dia mengungkapkan mekanisme pencairan dana cadangan itu harus diajukan terlebih dahulu oleh BNPB. Kemudian setelah mendapatkan izin dari DPR, Kementerian Keuangan, baru bisa mengeksekusi pencairannya.






Sumber : tempo.co
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu