Home » , , » Banjir di Jalan Bangau Resahkan Warga

Banjir di Jalan Bangau Resahkan Warga

Written By Posmetro Prabu on 06/01/14 | 6.1.14

PRABUMULIH,PP-  - Saat hujan turun deras, sebagian warga tampak sibuk mengeluarkan air hujan yang membanjiri dalam rumah mereka. Adalah warga Rt 02 Rw 04 Jalan Bangau Kelurahan Tugu Kecil Kota Prabumulih. Hujan yang turun saat Minggu (5/1) malam hingga pagi dini hari Senin (6/1), membuat warga harus waspada mengantisipasi air hujan menjadi banjir yang menggenangi hingga ke dalam rumah mereka.

Ibnu yang akrab dipanggilBenu salah satu warga Jalan Bangau Rt 2 Rw 4, saat ditemui Senin (6/1),menyatakan bahwa kondisi ini harus dihadapi dirinya beserta tetangga lainnya jika air hujan turun. "Kalu ujan turun deras, kurang lebih satu jam, dipastike kami warga harus waspada jika air membanjiri rumah kami, dan kondisi ini sudah bertahun-tahun dialami," terang Benu.

Ia menyatakan bahwa drainase dan gorong-gorong di lingkungannya sudah tak mampu menampung air hujan yang turun deras. "Kami ini dapat limpahan banyu dari rel jalan Sudirman, kareno siringnya la dak mampu menampung banyu, jadinya banyu meluap dan membanjiri rumah kami terutamo warga Rt 2 Rw 4 Jalan Bangau Tugu Kecil ini," tambahnya.Ia mencontohkan hujan deras yang mengguyur Prabumulih Minggu malam (5/1) hingga Senin Pagi (6/1) air meluap menggenangi jalan Bangau dan sekitarnya.

"Sampe kapan harus berjuang menghadapi limpahan air hujan yang turun, yang menggenangi dan membanjiri rumah kami," keluhnya. Untuk itu ia minta perhatian dari aparat baik Kelurahan hingga Walikota Prabumulih, agar membuat gorong-gorong yang lebih besar lagi. "Kami bersamo warga lainnya melalui Ketua RT sudah membuat permohonan pembuatan siring atau gorong-gorong ke Pemkot Prabumulih. Mudah-mudahan diperhatike oleh Walikota Prabumulih," harap Benu.


Sementara saat dikonfirmasi ke Kepala PU Prabumulih Ir M Ardi Supratman mengenai keluhan banjir warga di Jalan Bangau Kelurahan Tugu Kecil, Ardi menyatakan bahwa ia sudah membahasnya bersama anggota DPRD Prabumulih. "Iya kita sudah tahu banjir yang sering melanda warga Jalan Bangau dan ini sudah kita bahas di DPRD Prabumulih, agar dapat dibuat siring yang lebih besar lagi," ungkap M Ardi Supratman di ruangannya Senin (6/1).

Ia menyatakan bahwa gorong-gorong yang sudah ada tak bisa lagi menampung air yang mengalir dari Mangga Besar hingga ke Jalan Bangau. "Jalan satu-satunya adalah membuat siring yang lebih besar lagi dan dilebarkan masing-masing satu meter kiri kanan dan harus menggusur rumah warga yang ada di pinggir gorong-gorng yang ada sekarang ini," papar Ardi Supratman.

Disamping itu juga ia menyarankan kepada aparat Kelurahan setempat agar menggiatkan kebersihan setiap minggu kepada warga di Jalan Bangau. "Agar sampah-sampah yang tersangkut dapat dibersihkan dan memudahkan air mengalir lancar," tambahnya.

Ardi Supratman juga memberikan solusi lain adalah memperlebar box culvert di dekat rel pasar Jalan Sudirman dan membuat kolam retensi di sekitar Jalan Bangau. "Dibelakang perumahan Polsek Prabumulih Timur ada pemukiman warga dan rawa, yang bisa kita gusur untuk dijadikan kolam retensi guna mengatasi banjir yang melanda warga Jalan Bangau dan sekitarnya," pungkas Ardi Supratman. (bmg)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu