News Update :
Lagi, Rampok VS Polisi Tembak-Tembakan di Gunung Megang

MUARAENIM, PP - Seorang bandit curas yang sudah lama menjadi buruan Polres Muaraenim akhirnya berhasil diciduk. Naasnya penangkapan tersangka harus diwarnai drama tembak menembak yang akhirnya membuat sang jawara keok hingga tewas.

PDI P Diprediksi Menangi Pemilu 2014

30 Jun 2013

JAKARTA, PP - Dua hasil survei dirilis dua lembaga berbeda kemarin. Kedua lembaga, yakni Indonesia Research Centre (IRC) dan Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sama-sama menemukan elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan kadernya, Joko Widodo ( Jokowi ) terus menanjak.

Namun demikian, hasil riset dua lembaga itu justru menunjukkan elektabilitas Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menurun.

Hasil survei IRC menunjukkan Jokowi meraih elektabilitas 24,8 persen, mengalahkan Prabowo Subianto yang memperoleh 14,8 persen. Kemudian disusul Aburizal Bakrie (Ical) yang hanya mendapat 7 persen atau sepertiga perolehan suara Jokowi . Sementara Megawati Soekarnoputri hanya mendapat 5,5 persen.

Menurut hasil survei LIPI, Jokowi juga berada di tempat teratas dengan elektabilitas 22,6 persen. Selanjutnya Prabowo Subianto 14,2 persen, Aburizal Bakrie 9,4 persen dan Megawati Soekarnoputri 9,3 persen.

Elektabilitas Megawati jelas menurun. Sebelumnya, presiden kelima itu selalu bersaing dengan Prabowo di urutan teratas dalam sejumlah survei, setelah nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak dimasukkan lagi karena sudah tak bisa bertarung lagi dalam Pilpres.

Meski elektabilitas Megawati menurun, tak begitu dengan PDIP. Partai banteng moncong putih itu bahkan menurut hasil survei IRC dan LIPI menempati urutan teratas.

Menurut hasil survei IRC, PDIP menempati posisi teratas dengan 14,7 persen, di tempat kedua ada Partai Golkar 12,2 persen dan Partai Gerindra 11,1 persen. Sedangkan Demokrat menempati posisi empat dengan 7,5 persen. Margin of error dalam survei ini 2,3 persen sehingga PDIP mantap di posisi teratas.

Sementara menurut hasil survei LIPI, PDIP mendapat 14,9 persen, Golkar 14,5 persen, Partai Demokrat 11,1 persen dan Gerindra 7,4 persen. Namun karena margin of error dalam riset ini 2,31 persen maka PDIP tidak mutlak menang. Dengan kata lain, batas kesalahan membuat PDIP dan Golkar masih dalam zona persaingan.

Jika suara PDIP dan Jokowi kompak menanjak, sementara Megawati menurun, lantas apakah pamor Jokowi yang mengatrol PDIP? Lalu apakah berarti Jokowi yang lebih pantas jadi capres ketimbang Megawati

Warga Harapkan Perbaikan Jembatan Sakatiga

INDRALAYA, PP - Jembatan besi yg dahulunya menjadi akses penghubung utama Desa Sakatiga dan Desa Sakatiga Seberang kecamatan Indralaya OI kini sudah tidak terpakai lagi, lantai dan genggang jembatan tersebut sudah habis tak tersisa,

Dari pantuan Posmetro Prabu, jembatan tersebut sudah rusak dan terbengkalai sejak 3 tahun yg lalu, namun masih saja ada siswa yang nekad melalui jembatan tersebut dengan pertimbangan memotong jalan untuk menuju sekolah agar lebih dekat. Tanpa memperhatikan keselamatan jiwa nya sendiri. Pasalnya, Minggu (30/6) Asraf siswa SDN 11 Indralaya terpeleset dari balok pipa penahan lantai jembatan yg berkarat, berlumut dan licin.


Menurut penuturan Asraf (9) pelajar Sekolah dasar didampingi Sang Ayah Yuhermi  mengatakan "Kemarin dirinya dengan kawan nya hendak menyebrang melalui jembatan yg tak bergenggang dan tak berlantai tersebut, guna memotong jalan agar dapat mempersingkat waktu untuk pergi ke tempat kursus. Ketika sampai ditengah-tengah jembatan saat asraf menginjak kan kaki nya pada besi balok penahan lantai yg licin, berkarat dan berlumut tak ayal lagi, badannya terpeleset dan tergantung di bawah tiang tersebut, untung tidak sampai jatuh ke bawah," ujar Yuhermi.

"Anak saya  hanya mengalami luka pada bagian betis kanan dan keseleo pada tulang, sampai sekarang anak ku ini dek masih belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. selain daripada itu jika pemerintah OI, jeli melihat dampak dari perbaikan jembatan ini maka titik rawan kemacetan akan berkurang, sebab di jembatan baru tonase kendaraan yg melintas, menyeberang jalan sudah padat dan sering kali terjadi kemacetan di daerah tersebut," ungkap Yuhermi kepada wartawan.

Hal senada yg dikatakan sulastri (50) warga desa sakatiga, jembatan tersebut mengundang dilematis."Dibuang bagaimana, di perbaharui siapa yg mau, sebab jika dibuang atau dipindahkan untuk dibangun kembali di tempat yg lain maka biaya pemindahan akan memakan biaya lebih daripada yg membuat jembatan baru, jika di benari jembatan tersebut akan mengundang kecemburuan sosial. Desa-desa lainya, sebab di desa kami sudah punya jembatan yg permanen ( jembatan batu ) yang masih kokoh tegak berdiri," ungkap Sulastri.

"Jika diambil dari sisi positif dengan pembaharuan jembatan besi ini, selain mobilitas akses warga di bagian ulu dusun ini berjalan cepat. Perekonomian warga di persimpangan jembatan ini juga akan terdongkrak seperi dahulu waktu desa kami hanya mempunyai jembatan ini. Semoga ada keputusan dari pemerintah agar cepat menindak lanjuti bagaimana nasib jembatan ini. Di roboh kan atau diperbaiki," pungkas Sulastri. (Adie Dharma)

Mobil Dinas terbengkalai, atau Dibengkalaikan ?

INDRALAYA, PP - Kendaraan Dinas yang berasal dari sumbangsih rakyat melalui Pajak yg dibayarkan rakyat kepada pemerintah pada setiap tahunnya, sebisa mungkin di rawat secara intensif dan berkala agar dari tahun ke tahun kendaran tersebut masih dapat digunakan secara berkelanjutan.

Dari pantuan Posmetro Prabu, banyak kendaraan dinas oprasional pemerintah Kabupaten Ogan Ilir di Halaman Pemkab OI yg terbengkalai dan tak dapat difungsikan lagi sebagiamana mestinya, mulai dari kendaraan berjenis minibus, truk dan lain-lain.

Hal ini menggugah komentar pengamat sosial Ogan Ilir Moh Fu'adi,S,Pd " kendaraan dinas yang  terparkir dihalaman kantor Pemkab OI tersebut selayak nya di repair ( di service ) agar dapat berfungsi dan di gunakan kembali, " ungkap Moh Fu'adi.

Jika dibiarkan saja dibawah hujan, panas dan embun pasti soon or later ( cepat atau lambat ) akan menjadi kepingan barang rongsongkan.

"Nantinya andai kendaraan tersebut sudah steady ( baik ) kondisi mesin dan rangka bodi nya maka dapat di lelang dan income dari pelelangan tersebut dapat dijadikan aset daerah ataupun menjadi tambahan untuk APBD OI. Atau bisa dipercayakan kepada pegawai negri sipil yang bertugas di daerah-daerah terpencil, seperti penyuluh pertanian, penyuluh lapangan, pendataan warga miskin dll," pungkas Fu'adi

Menurut najamuddin (31) warga kecamatan Indralaya OI"  ri terbengkalai atau dibengkalaikan ? menjawab pertanyaan da wartawan ketika dikunjungi di bengkel tempat dia bekerja,"JikaPemkab OI benar benar mau memperhatikan kendaraan yang rusak dan terbengkalai, kan mereka ( Pemda ) bisa meminta atau menyewa ahli mesin untuk memperbaiki nya agar dapat dimanfaatkan lagi. Lagipula kadang-kadang dari sekian banyak kendaraan dinas banyak pengemudinya yg merasa tidak memiliki, sehingga cenderung asal-asalan dalam mengemudi dan tidak dirawat layak nya milik sendiri, " ungkap Udin, panggilan akrab Najamudin.


Sementara itu Bagian Perlengkapan Setda Kabupaten OI belum dapat dikonfirmasi perihal berapa jumlah kendaraan dinas oprasional yang terbengkalai. (yani)

Wali Murid Keluhkan PSB di SMP Negeri 5 Prabumulih

Lutfi SAg MM-Kepala SMP Negeri 5 Prabumulih
MUARA DUA, PP - Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMP N 5 Prabumulih dinilai tidak transparansi dalam penarikan biaya daftar ulang yang menurut mereka adalah untuk mempermudahkan orang tua dalam melengakpi seragam anaknya yang lengkap. Seperti pakaian seragam putih abu, pramuka, olahraga, batik termasuk juga baju kaos untuk Masa orientasi siswa (MOS) yang akan dimulai hari Senin.

Penilaian yang tidak transparan tersebut, pihak sekolah menarik biaya untuk perlengkapan sekolah tersebut bahkan lebih besar dari SMA, yaitu sebesar Rp 950 ribu. "Tapi penjelasan besaran dana yang harus dibayar cukup besar tersebut hanya diungkapkan secara lisan saja,dalam pengumuman tidak disebutkan rincian harga seragam yang harus dibayar," ujar Salah seorang orang tua siswa baru SMP Negeri 5 saat dibincangi Posmetro Prabu, Sabtu (29/6).

Sumber lainnya, Yanto mengatakan hal sama, menurutnya sebelumnya para siswa baru hanya diminta Rp 450 ribu, namun hanya dapat 2 seragam saja, setelah dikoordinasikan lagi akhirnya uang pangkal yang harus dibayar oleh siswa baru adalah sebesar Rp 950 ribu untuk mendapatkan 5 stel pakaian sekolah yang lengkap dengan atributnya.

"Memang besaran biaya yang harus kita bayar tidak diperlihatkan secara rinci tentang jumlah harga pakaian, kita hanya diberikan pengumuman jumlah biaya yang harus dibayar untuk mendapatkan pakaian seragam dan lainnya saja, tanpa ada keterangan secara rinci," tambahnya.

Terpisah, Kepala SMPN 5 Prabumulih, Lutfi SAg MM saat dikonfirmasi tentang besaran biaya yang jarus dibayar oleh siswa baru, menuturkan jumlah tersebut memang wajar."Mungkin disekolah lain biaya yang harus lebih murah karena pakaian yang harus dibeli itu tidak sebanyak dari SMP Negeri 5, dana tersebut mempermudahkan wali siswa karena semuanya sudah kita siapkan hingga ke kaos kaki kecuali sepatu, roknya juga dipanjangkan hingga ke mata kaki untuk menghindari hal yang tidak diinginkan" ujarnya.

Ia juga mengakui tidak memperlihatkan secara rinci harga pakaian yang diberikan meskipun harus membayar dengan jumlah besar, dengan alasan jumlah tersebut wajar dan masuk akal. "Hal tersebut sifatnya tidak memaksa, jika ada orang tua siswa yang tidak menyetujui tidak masalah, kita hanya ingin memulai menciptakan kebersamaan saja sejak awal siswa masuk ke SMP Negeri 5,"tandasnya.(pp/3k)

Capres Farhat Abbas Bubarkan Coboy Junior..??

29 Jun 2013

Pengacara Farhat Abbas kembali "berkicau" melalui akun Twitter-nya, @farhatabbaslaw. Farhat melempar komentar kepada boyband ABG terkenal Coboy Junior (CJR). Ia mengkritik keras foto yang menampilkan salah satu personel CJR, Bastian, sedang mencium pipi seorang cewek sebayanya, yang oleh pihak CJR disebut sebagai saudara sepupu Bastian.

Farhat bahkan menulis bahwa ia bisa membubarkan CJR. "Dengan foto yang tak senonoh gue bisa ngebubarin kelompok, kumpulan orang-orang yang tak senonoh tersebut!" kicau suami penyanyi Nia Daniaty ini.

Ia berkicau pula agar CJR meminta maaf atas foto tersebut, "CJR kalo salah minta maaf aja! & jgn pernah mengulang kesalahan lagi! Kritik gue gak hanya buat kalian tapi buat anak bangsa! #akuindonesia," tulisnya.

Beberapa waktu lalu pihak CJR telah membuat klarifikasi mengenai foto tersebut. Ibunda Bastian, Mona, mengatakan bahwa perempuan dalam foto itu merupakan saudara sepupu Bastian

The Doctor Buktikan Kemampuan

ASSEN, PP - Balapan GP Belanda di Sirkuit Assen berlangsung Sabtu (29/6/2013), mulai pukul 15.00 waktu setempat atau 19.00 WIB. Jorge Lorenzo ikut membalap dengan collarbone kiri baru dioperasi.

Cal Crutclow yang mengawali balapan 26 lap ini dari posisi terdepan, gagal mempertahankan posisinya. Dani Pedrosa yang start dari posisi enam berhasi melaju ke depan, diikuti rekan satu timnya di Honda, Marc Marquez.

Lorenzo yang start dari posisi 12, tampil luar biasa. Pebalap Yamaha ini langsung merangsek ke depan hingga ke posisi lima. Sementara Stefan Bradl yang start dari posisi tiga, terus merosot ke belakang.

Lima putaran berjalan, Valentino Rossi yang berada di urutan tiga, berhasil melewati Marquez dan membalap di belakang Pedrosa.

Satu putaran berikutnya, dia behasil melewati Pedrosa dan mengambil alih pimpinan lomba. Pedrosa dan Marquez bertahan di posisi dua dan tiga.

Di belakang mereka, Lorenzo yang berhasil menembus posisi empat, terus mendapat tekanan dari Crutchlow.

Pada lap 16, akhirnya Crutchlow berhasil melewati Lorenzo untuk menempati posisi keempat. Sementara di depan, Rossi masih memimpin balapan diikuti duo Honda.

Saat balapan menyisakan sembilan putaran, persaingan Pedrosa dan Marquez memanas. Marquez sempat naik ke posisi dua, tapi Pedrosa merebutnya kembali.

Jelang memasuki putaran ke-19, Marquez akhirnya berhasil melewati Pedrosa dan memastikan raihan posisi dua.

Pada putaran 21, Pedrosa kembali kehilangan posisinya, setelah dilewati Crutchlow.

Crutchlow mamacu motornya lebih cepat, dan menempel ketat Marquez untuk mendapatkan tempat kedua. Tapi pada putaran terakhir, pebalap Inggris tersebut melebar dan gagal melewati Marquez.

Di depan, Rossi terus melejit dan akhirnya menutup balapan dengan finis pertama. Ini adalah kemenangan pertama rider Italia tersebut musim ini.

Marquez berhasil finis kedua, diikuti Crutchlow, Pedrosa, dan Lorenzo.

Hasil Balapan:
1.     Valentino Rossi     ITA    Yamaha Factory Racing (YZR-M1)     41m    25.202s   
2.     Marc Marquez     ESP    Repsol Honda Team (RC213V)     41m    27.372s   
3.     Cal Crutchlow     GBR    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)     41m    29.275s   
4.     Dani Pedrosa     ESP    Repsol Honda Team (RC213V)     41m    33.034s   
5.     Jorge Lorenzo     ESP    Yamaha Factory Racing (YZR-M1)     41m    40.712s   
6.     Stefan Bradl     GER    LCR Honda MotoGP (RC213V)     41m    52.721s   
7.     Alvaro Bautista     ESP    Go&Fun Honda Gresini (RC213V)     41m    56.800s   
8.     Aleix Espargaro     ESP    Power Electronics Aspar (ART CRT)     41m    57.607s   
9.     Bradley Smith     GBR    Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1)     41m    58.953s   
10.     Andrea Dovizioso     ITA    Ducati Team (GP13)     41m    59.003s   
11.     Nicky Hayden     USA    Ducati Team (GP13)     41m    59.573s   
12.     Randy De Puniet     FRA    Power Electronics Aspar (ART CRT)     42m    22.876s   
13.     Andrea Iannone     ITA    Energy T.I. Pramac Racing (GP13)     42m    26.626s   
14.     Michele Pirro     ITA    Ignite Pramac Racing (GP13)     42m    26.763s   
15.     Karel Abraham     CZE    Cardion AB Motoracing (ART CRT)     42m    29.628s   
16.     Danilo Petrucci     ITA    Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)     42m    36.316s   
17.     Colin Edwards     USA    NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)     42m    40.451s   
18.     Claudio Corti     ITA    NGM Forward Racing (FTR-Kawasaki CRT)     42m    50.086s   
19.     Yonny Hernandez     COL    Paul Bird Motorsport (ART CRT)     42m    51.056s   
20.     Hector Barbera     ESP    Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)     42m    51.180s   
21.     Bryan Staring     AUS    Go&Fun Honda Gresini (FTR-Honda CRT)     42m    51.458s   
22.     Michael Laverty     GBR    Paul Bird Motorsport (PBM-ART CRT)     42m    51.812s   
23.     Ivan Silva     ESP    Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT)     43m    3.375s   
24.     Lukas Pesek     CZE    Came IodaRacing Project (Suter-BMW CRT)     DNF

Kompas

Rakornas Partai Demokrat Digelar

JAKARTA, PP - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memimpin Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2014, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (29/6).

Semua petinggi partai, ketua dan pengurus DPP, DPC, DPD, fraksi, serta calon anggota legislatif Demokrat hadir dalam rapat tahunan ini. Dalam sambutannya, SBY bersyukur dan berterima kasih pada seluruh kader partainya. Menurutnya, Demokrat tetap berdiri kokoh di tengah sejumlah kasus yang menimpa kadernya, dan berpeluang besar memenangi pemilihan umum 2014.

"Saya bersyukur Partai Demokrat masih kokoh berdiri, meski badai menerpa," kata SBY, dalam sambutannya di Rapat Kordinasi Nasional  Partai Demokrat, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (29/6).

Agenda utama Rakornas Partai Demokrat tahun ini adalah konsolidasi pemenangan pemilihan umum 2014 dan sosialisasi mengenai bursa calon presiden melalui konvensi Partai Demokrat.

Rakornas ini tak akan membahas masalah di luar tubuh Partai Demokrat, baik itu tentang partai koalisi ataupun tentang reshuffle menteri di jajaran Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Selain membahas strategi pemenangan pemilu 2014, dan konvensi calon presiden, Rakornas juga akan dimanfaatkan untuk konsolidasi menjelang Daftar Caleg Tetap (DCT) secara resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 23-25 Agustus 2013 mendatang.

Rakornas adalah agenda rutin Partai  Demokrat yang biasanya diadakan dua kali dalam setahun. Hadir dalam Rakornas ini Ketua DPR RI H Marzuki Alie, Ketua Harian Partai Demokrat Sjariefudin Hasan, Mantan KSAD Jendral (Purn) Pramono Edi Wibowo.

Pramono Edi Wibowo sendiri masuk Partai Demokrat dan menjadi anggota Dewan Pembina. "Saya sudah mengenakan baju biru, dan siap berpolitik," ujar Pramono usai acara pembukaan Rakornas Partai Demokrat. (bmg/kompas.com/dari berbagai sumber)

Sepenggal Cerita Lapangan Perminyakan Raja

Menara Sumur Minyak Zaman Hindia Belanda, Disebut Stelengan
DESA RAJA, DUSUN LAMAN POTRET BURAM  KAWASAN TAMBANG
Cerita lapangan Raja tak bisa di pisahkan dengan Talang Akar. Dongeng itu bermula dari kesialan seorang Scotlandia. Dia “kuli minyak”. Juru bor perusahaan Amerika yang memburu minyak bumi di Hindia Belanda, di pedalaman Sumatera, Talang Akar namanya. Pekerjaan tersebut atas perintah kartel-kartel raksasa minyak dunia yang sudah masuk ke Hindia Belanda, sejak akhir abad ke-19. Termasuk Standard Oil of New Jersey yang bernama lain NV Standard Vacuum Petroleum Maatschapppij, tempat sang juru bor bekerja. 
Jauh di tengah hutan tropis yang banyak harimau liar dan binatang buas lainya , sang juru bor terpaksa tak rayakan natal keluarga. Alih-alih beroleh hadiah natal, libur pun dia tak dapat. Perintah perusahaan untuk penghentian pekerjaan pengeboran di lapangan, tak kunjung datang.Akhirnya sang pekerja terus menggali gali dan gali,di tengah kegalauan sang pekerja keluarlah minyak dari perut bumi dan pada hari itulah sejarah perminyakan di Talang Akar dan Raja  dimulai, kedua lapangan tersebut menjadi lapangan utama PT Pertamina EP Field  Pendopo Asset 2 dan PT Pertamina Asset 2 Field Adera. Hal ini sengaja penulis nukilkan sekelumit kisah proses di temukanya lapangan perminyakan di area PALI untuk mengajak pembaca menengok ke belakang .

Lewat seperempat abad lebih  lapangan perminyakan Raja  semenjak di temukannya lapangan perminyakan oleh PT Stanvac Indonesia pada tahun 1936 setelah melalui ekspedisi seismik  yang penuh liku dan tantangan, perusahaan yang membuka lapangan Raja adalah Standaard Vacuum Petroleum Maatschaapij di singkat  SVPM. Dan oleh para  tetua di  Desa Raja dan sekitarnya dikenal dengan  sebutan Maskupai.

Berikut ini penulis akan  menuturkan cerita seorang kakek renta yang tinggal di Jakarta yang bernapak tilas ke Raja dan Talang akar pada tahun 2003  karena ketekunanya bisa menyekolahkan anaknya sampai tinggi dan menjadi pejabat di PT Pertamina. Cerita ini di mulai saat orang tua nara sumber cerita, menjadi Anemar,  sebutan untuk pegawai kecil di PTSI yang mengolah lapangan Raja sekitar awal dasawarsa tahun 50-an, aku ceritakan ini bagiku Raja adalah Dusun laman tumpah darah ku ,tempat di mana  anak saya di besarkan sampai jadi pejabat Pertamina, semua tak lepas berkat sumbangsih lapangan perminyakan Raja.

Lapangan perminyakan Raja seingat aku terdapat di pedalaman Sumatera Selatan dari Prabumulih setengah hari lebih untuk sampai ke Raja. Raja adalah sebuah talang tempat peladangan atau  kampung kecil hanya beberapa rumah penduduk pribumi  kalau di Jawa seperti semacam pedukuhan.  Lapangan perminyakan Raja terbesar di Indonesia pada masanya setelah Talang Akar . Sempat tersohor di dunia perminyakan internasional karena blow out hebat, dibor 1 kejadian tersebut sempat di tulis media internasional.

Di Raja  ada jalan raya yang memanjang dari perempatan rumah gedongan ke arah Tanah abang, jalan itu halus walau aspalnya dari minyak hitam aku biasa main gasing di jalan itu. Di Talang Nangka jalan bercabang bila lurus kearah Pendopo  dan bila belok kanan ke arah bor enam, ke kiri gedung bioskop ,, aku inget nian bila saat menjelang libur sekolah kita piknik jalan kaki dari sekolah sambil bawa bontot ke sungai pinggir Raja. Sungai Batang panjang  airnya jernih dan ada bangunan penyedot air, di sungai batang panjang kita main di air banyak terlihat ikan seluang dan ikan aji-aji yang berwarna warni menggigit  kaki kita. Aku terkenang.

Penghuni  Raja sebagian karyawan PTSI dan sebagian penduduk biasa. Karyawan PTSI dan staff tinggal diperumahan satu rumah satu keluarga sedang karyawan rendah seperti bapak saya tinggal di tangsi. Tangsi bentuknya ada dua yaitu yang memanjang dan yang persegi. Yang bentuknya memanjang biasanya berderet sepanjang jalan sedang yang persegi biasanya berkelompok.

Di Raja ada juga gasplant sumbernya dari station booster sebelah selatan Raja, dibelakang gasplant baik di Raja sama seperti  di Pendopo ada pipa besar pembuangan gas yang menyala sepanjang hari tidak pernah padam .Untuk penerangan Desa Raja kebutuhan akan listrik, gas dan air bersih terjamin dan gratis. Airnya jernih dan bersih karena disaring dan diberi obat, listriknya menyala tidak pernah padam dan gas untuk masak tinggal putar kran lalu menyala , semua penduduk Desa Raja menikmati fasilitas dari PTSI Raja akhir tahun 50-an luar biasa untuk Indonesia pada masa itu.
   
Bapak saya di PTSI adalah pegawai biasa yang di sebut Anemar oleh orang orang setempat, namun untuk jatah kebutuhan hidup juga mendapat ransum setiap bulannya yang berupa beras, gula, minyak goreng, tepung gandum, dan susu bubuk yang waktu itu mereknya Klim.
Karena waktu itu aku masih kecil kalau ada film tidak boleh masuk tapi aku dan kawan-kawan tidak kurang akal kami nonton dari kolong gedung bioskop dan gambar yang kami lihat tidak jelas sama sekali tapi kami bangga dan setelah dirumah kami cerita kalau filmnya bagus dan rame……. lucu !

Pusat Desa Raja waktu itu ya di seputaran gedung bioskop, disitu ada toko-toko juga ada toko semacam supermarket kalau sekarang yang menyediakan barang kebutuhan untuk karyawan. Di depan gedung bioskop kalau habis gajian ada pasar Tiban selama 1 -2 hari yang jualan orang dari Pendopo biasanya orang Padang. jajan yang paling aku senangi bila ada pasar Tiban adalah es kipas , es yang diserut lalu dicetak dan diberi pegangan bambu kemudian diberi gula berwarna merah rasanya waktu itu luar biasa……
    Sedih nian rasanya setelah membaca tulisan diatas, teringat jelas seperti apa desa Raja yang pernah aku tinggali dulu. Rasanya tidak percaya kalau gedung bioskop yang dulu ada  dan susunan rumah bercat putih dekat jalan ke bioskop dan lapangan voli . 
Sekarang  desa Raja tak jauh beda dari 50 tahun yang lalu terutama infrastruktur jalanya lumpur pada musim penghujan dan debu saat kemarau. Besarnya angka produksi pada 1950  memutuskan Stanvac membangun perumahan dan jalur pipa sampai ke sungai Gerong-Palembang, produksi minyak dari Talang Akar dan lapangan Raja berkisar 15– 25 ribu barel minyak mentah per hari. Sebuah angka yang fantastis bila disetarakan dengan harga minyak mentah dunia saat ini, sekitar 90 Dollar AS per barel.

Pikiran saya menerawang kalau saja hasil minyak bumi tersebut di sisihkan sedikit saja untuk jalan ….wah jalan jalan di Desa Raja dan sekitar lebih mewah dari Jakarta. Hatiku bertambah miris saat ku dengar dari cerita cerita penduduk desa Raja tanah  tempat tinggal penduduk Desa  Raja pun masih menumpang di Pertamina bak sebuah dongeng  negeri di atas awan.

Langit barat mulai memerah saga, pertanda malam kan tiba  ketika kami melintas Raja menuju  ke Pendopo. Sepanjang jalan terpikir oleh ku tentang dongeng hitam. Potret merana kawasan pertambangan yang pernah mengkilap karena industri perminyakannya kini memudar dan mulai di tinggalkan tidak hanya di Raja Talang Akar pun nasibnya tak jauh bedah, kini lapangan RajaPT Pertamina EP mulai beringsut untuk di tinggalkan karena minyak di lapangan Raja mulai menipis tutur seorang mantan pekerja PTSI yang dengan bangga pernah tinggal di area ke lapangan perminyakan tersebut dan tidak mau di sebutkan identitasnya.
  
Setelah hampir 10 dasawarsa lapangan Raja, Desa Raja yang dulu hampir setara kemegahan kota kabupaten  dengan segala fasilitasnya kini mulai memudar dan mulai di tinggalkan. Bagi warga Desa Raja tidak terlalu muluk muluk kepada PT Pertamina harapan mereka hanya satu, berikan  tanah leluhur kami agar anak cucu kami dapat hidup dengan tenang, jangan jadikan kami seperti kasus  Meruya di Jakarta yang harus menyingkir saat Pertamina memerlukan. Kekayaan sumber daya alam tak selalu berarti tiket menuju kemakmuran. Terlebih sumber daya alam tambang yang dikejar dengan semangat “kuras, kuras ,kuras, lalu tinggalkan!” pun masih berjalan. (Ditulis oleh Pidin C Oteh - Jurnalis Media/dari berbagai sumber)
      

Turap Amblas : Alasan Bencana Alam

28 Jun 2013

TANAH ABANG-PALI, PP- Walau bahaya mengancam warga  tetap gunakan jalan kabupaten di Desa Tanah Abang Utara Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI, meski tanah masih terus terjadi pergerakan di ruas badan jalan lebih kurang seratus meter  nampak  terjadi retakan di sepanjang  jalan.

Salah seorang korban Turap amblas adalah Sopian yang rumahnya ikut amblas. Karena  untuk menghindari kerugian lebih besar lagi melakukan perombakan. "Kami terpaksa lakukan perombakan karena retakan telah mengenai beberapa tiang rumah, dan kami takut rumah akan jatuh ke sungai," jelasnya yang diamini oleh tetangga ikut bekerja gotong royong membongkar rumah milik korban kepada Posmetro Prabu. Selain rumah milik Sopian, ada beberapa rumah yang tercancam ikut tergerus amblas, yaitu rumah milik Ismail, Peyek, Suharto, Arif, Safei dan Lehok. Kesemuanya adalah Warga Kampung 2 Desa Tanah Abang Utara.


Sampai berita ini di turunkan belum ada tindakan dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim maupun PALI, terkait kondisi ini. "Mestinya warga di sekitar area sudah di evakuasi , karena takutnya apabila hujan di khawatirkan longsor akan lebih besar  ungkap Cik Usin warga setempat yang juga koordinator LSM Bargat. “Jangan sampai kalau sudah ada korban jiwa baru bertindak dan mengharapkan pihak terkait untuk menyelidiki proyek proyek tersebut  jelasnya jengkel.

Akibat kondisi ini jaringan PDAM  Kecamatan Tanah Abang terganggu karena jaringan pipa terbawa tanah longsor , nampak   pipa jaringan bocor tersebut  sehingga air merembes di sekitar retakan di khawatirkan menambah proses longsor lebih parah

Kepala  Unit Pelayanan PDAM Tirta Enim di PALI, Sartono SH saat di konfirmasi mengatakan, pihaknya hanya melakukan tindakan memperbaiki kebocoran karena proyek pembangunan unit penyediaan air baku di kecamatan Tanah Abang adalah dana bantuan pusat di kerjakan  oleh PT Selangis dan sampai sekarang lebih setahun belum di serahterimakan.
"Proyek pembangunan turap yang belum selesai tapi sudah amblas juga proyek pembangunan unit penyediaan air baku juga belum di serah terimakan dan terancam rusak, menelan dana hampir Rp 8 miliar yang terkesan kurang urus oleh kontraktornya, serta  harus bertanggung jawab dan mengharapkan kontraktor dan pemerintah jangan menggiring permasalahan ini bencana alam, karena pembangunan turap ini mengggunakan  uang rakyat," tandas Cik Usin. (pd)

Warga Berharap Pemkab Selesaikan Jembatan

INDRALAYA, PP - Untuk memperlancar arus transportasi warga Desa Sejangko dan Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir (OI) segera menyelesaikan proyek pembangunan jembatan penyeberangan yang menghubungkan kedua desa tersebut.

Dari pantauan Posmetro Prabu di lapangan, jembatan yg melintas diatas Sungai Ogan tersebut sejauh ini baru terpasang 3 tiang, dan ini merupakan akses satu-satuya menuju Pasar Sungai Lebung yang merupakan  Pasar terdekat dari desa Sejangko dan Sungai Rotan.

Idil (18) warga Desa Sungai Rotan saat ditemui di tempat penyeberangan, mengharapkan sekali  percepatan pembangunan jembatan tersebut agar cepat selesai " biar lemak kulu kilir " ungkap nya.

Lanjut Idil , Selama ini kami menggunakan ketek sebagai alat transportasi penyeberangan dan sebagai transportasi menuju ke ibu kota kecamatan Rantau Panjang  yang berjarak 15 KM dari desa Sungai Rotan.

Prihal yg sama diungkap oleh Tubi ( 59) juga salah seorang warga  Sungai Rotan,  jalan menuju kecamatan Rantau Panjang dari desa  rusak parah dan terputus " tepakso beketek kalu kami nak kesano"ujarnya.

Ketika disinggung sudah berapa lama kondisi tersebut, Tubi mengungkapkan sejak kabupaten OI masih bergabung dengan  Kabupaten OKI. 

Masih kata Tubi,  pancang tiang jembatan yang berada di tengah-tengah sungai sudah tertanam sejak tahun 2011 hingga kini masih terpancang di sungai itu. "Saya selaku warga mewakili seluruh masyarakat di dua desa ini berharap dengan di korankannya jembatan ini di media cetak bisa diselesaikan  tahun ini juga, agar kami dapat menyeberangkan motor dan kendaraan kami tanpa menggunakan ketek lagi," tandas Tubi.

"Setidaknya kalau jembatan tersebut dapat diselesaikan, kami dapat menyeberangkan motor bahkan mobil, tak hanya itu agar perekonomian kami dapat meningkat dengan lancarnya transportasi", ujar
Tubi yang merupakan salah satu tokoh masyarakat. (pp/yn)

Lagi, Warga Datangi Disdik OI

27 Jun 2013

INDRALAYA, PP - Beberapa orang perwakilan wali siswa dari Tanjung Raja kembali mendatangi dinas pendidikan (Disdik)   Kabupaten OI Kamis (27/6) kemarin  terkait permintaan warga untuk mengisi kekurangan  kuota di SMAN 2 Tanjung Raja bagi siswa baru.

Namun kenyataannya perwakilan warga Tanjung Raja tersebut harus menelan kekecewaan pasalnya pihak dinas pendidikan Kabupaten OI tidak bisa mengabulkan keinginan dan permintaan  masyarakat karena memang sudah ada perjanjian dan kesepakatan  di setiap sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten OI yang intinya pihak sekolah negeri tidak boleh melakukan test atau gelombang kedua dalam  pemerimaan siswa baru.

Berdasarkan kesepakatan itulah menurut Kabid Sekolah Menengah Disdik OI Rudi Pasrah, SPd, MSI saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, mereka tidak bisa meluluskan atau memenuhi permintaan masyarakat walaupun pada kenyataannya pada test  penerimaan siswa baru di sekolah negeri tersebut belum terpenuhi kuotanya.

Menurut salah satu wali siswa Heri (45) warga Tanjung Raja bersama beberapa wali siswa lainnya kepada media mengaku mereka datang kembali  ke Disdik ingin mengetahui apakah keinginan warga  bisa dikabulkan  apa tidak, ternyata hasilnya tidak dipenuhi alias nihil."Kami sebenarnya sangat kecewa karena tuntutan masyarakat kami tidak terpenuhi", ujar Heri dengan nada kecewa.

Lebih jauh di Katakan Heri, SMAN 2 Tanjung Raja saat ini sudah menerima siswa baru sebanyak 3 lokal, sementara masih ada 2 lokal yang kosong yang bisa menampung siswa baru lagi. "Memang SMAN II Tanjung Raja sudah menerima 3 Lokal, tapi masih ada dua lokal lagi yang belum terpenuhi, apasalahnya kalau dua lokal yang kosong tersebut dimanfaatkan untuk siswa baru
Untuk memenuhi kuota yang tinggal 40 lagi", ujar Heri

Seperti diberitakan kemarin,  Kepala Sekolah SMAN 2 Tanjung Raja Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten OI Drs, Ismail Mayuza, MSi saat dihubungi via ponselnya mengakui pihaknya sudah melakukan penerimaan siswa baru bahkan sudah mengumumkan siswa yang diterima, dari hasil test tersebut  SMAN 2 Tanjung Raja untuk tahun ini menerima siswa baru sebanyak 120 siswa.

Saat disinggung daya tampung di SMAN 2 Tanjung Raja, menurut Ismail Mayuza  SMAN 2 Tanjung Raja bisa menampung 160 siswa baru dan diakui juga  kuota yang  terisi baru 120 siswa baru dan  memang ada dua lokal yang belum terpakai.

Namun demikian ditekankan oleh Ismail Mayuza, di Kecamatan Tanjung Raja (rayon 1) terdapat 6 SMA Negeri dan 3 SMA Swasta, Sebelumnya memang sudah ada kesepakatan antar pihak sekolah bahwa SMA negeri yang ada di Tanjung Raja tidak boleh penerimaan siswa baru lagi atau mengadakan test gelombang ke 2, dalam artian kalau siswa tersebut tidak tertampung di SMA Negeri, mereka silahkan mendaftar di SMA Swasta.(pp/yn)

Lakalantas Sepekan Kiriman Pemirsa

LINTAS PRABU - PALEMBANG, PP - Satu unit kenderaan bermotor jenis Yamaha Scorpio remuk akibat dihantam mobil minibus jenis Isuzu Panther di Jalan Lintas Gelumbang - Prabumulih. Pemilik kenderaan bermotor dikabarkan sekarat usai peristiwa kecelakaan. teks/gambar kiriman pemirsa Posmetro Prabu.



Jeruk makan jeruk. Truk bermuatan batubara menghantam truk yang sama didepannya mengakibatkan sopir truk terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat. Peristiwa kecelakaan ini terjadi di Jalan Gelumbang - Palembang. Diduga truk batubara didepannya melakukan pengereman mendadak sementara jarak truk dibelakangnya cukup dekat sehingga kecelakaan tidak dapat terhindarkan. Teks, posmetro prabu. Photo kiriman Ilham, Pemirsa Posmetro Prabu


 Mobil minibus Toyota Kijang Innova menjadi tontonan warga Talang-taling yang mengalami kecelakaan. Sebuah truk batubara yang mencoba menyalip kenderaan didepannya terperangkap di tengah jalan dan ternyata mobil kijang innova datang dari arah berlawanan dengan kecepatan tinggi sehingga kecelakaan tidak dapat dihindarkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun para penumpang di dalam mobil mengaku trauma dengan kejadian. teks/Photo kiriman indra pemirsa setia Posmetro Prabu.

Pesan....
Kurangi kecepatan dan utamakan keselamatan karna kelurga tercinta menunggu anda dirumah. Dan bagi pemirsa setia Posmetro Prabu yang ingin photo peristiwa di kamera ponsel anda dibaca oleh pemirsa portal ini diseluruh nusantara, kirimkan melalui email, prabumulihonline@gmail.com. 

Terimakasih atas partisipasi dan dukungan yang diberikan. Salam Posmetro Prabu.


Lagi, Dibangun Lapangan Tenis

PRABUMULIH, PP- Pemerintah Kota Prabumulih dalam waktu dekat akan membangun sebuah Lapangan tenis di kawasan  Perkantoran Pemerintah Kota Prabumulih. Hal ini tak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Prabumulih dalam hal Olahraga Tenis Lapangan.Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Prabumulih, Ir M Ardi Supratman melalui Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kota Prabumulih M Yusuf.

Saat ini Pemkot Prabumulih telah menganggar dana senilai Rp 540 juta untuk pembangunan lapangan tenis di lokasi perkantoran Pemkot Prabumulih.lapangan tenis itu sendiri nantinya akan dibangun bersebelahan dengan lapangan tenis yang sudah ada.jadi nantinya di kawasan ini akan ada dua lapangan tenis.

“Untuk saat ini proyek tersebut masih dalam proses persiapan pembangunan dan mudah-mudahan saja akan selesai tepat waktu,” ujar M Yusuf.

Pembangunan lapangan tenis ini dilakukan mengingat banyaknya peminat olahraga ini. Terkadang para pemain harus antri untuk mendapatkan giliran main. Hal ini dimaklumi, karena jumlah  lapangan tenis hanya satu, dan terkadang merekapun tak dapat giliran main, kebanyakan penggunan Lapangan Tenis ini adalah PNS Pemkot Prabumulih dan Anggota Polres Prabumulih. Kegiatan bermain tenis sendiri dilakukan setelah jam kerja yakni sore hari.

“Yang saya ketahui saja saat ini sudah ada pemain tetap sekitar 40 orang pemain, belum lagi pemain yang tidak aktif, terkadang kalau lagi kumpul semua ada pemain yang tidak kebagian,kan kasihan sudah menunggu lama namun tetap tak mendapat giliran,apalagi kalau hari jum’at biasanya para pemain datang semua maklum lah hari itu jam pendek kerja,”jelas Yusuf.

Masih dikatakan Yusuf,meskipun banyak pemain berasal dari pemkot dan Polres namun Lapangan tenis ini di buka untuk umum.

Terpisah,  Direktur CV Utama Jaya Budi Sikumbang, Pemenang Proyek pembangunan Lapangan Tenis  saat di hubungi via ponselnya membenarkan jika perusahaannya adalah pemenang proyek pembangunan Lapangan tenis di Perkantoran Pemkot Prabumulih dengan nilai proyek Rp 540 juta dan masa pengerjaan selama 180 hari.

Budi mengatakan Proyek ini akan di bangun standar dan untuk membangun proyek ini dirinya khusus mendatangkan  tenaga kerja yang berpengalaman di bidangnya dari pulau Jawa, yakni daerah Tulung Agung.
 
“Untuk proyek ini saya telah mendatangkan 16 tukang yang berpengalaman. Maklumlah tukang-tukang yang akan mengerjakan proyek ini telah berpengalaman sampai keluar negeri,seperti Thailand, Singapura bahkan Amerika,khusus mengerjakan lapangan tenis. Saat ini, proyek ini telah memasuki tahap pengerjaan dan di pastikan akan selesai tepat waktu,” ujar Budi Sikumbang. (win)

PU Prabumulih Gelar Ruwahan

SINDUR, PP - Dinas  Pekerjaan Umum Kota Prabumulih menggelar acara Ruwahan (sedekah ruwah) dan arisan ibu-ibu dharma wanita Dinas Pekerjaan Umum, Kamis(27/6) di Kantor Dinas PU di Komplek Perkantoran  Pemerintah Kota Prabumulih, Lantai 4.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas PU Ir M Ardi Supratman , Sekretaris Dinas PU M Yusuf dan Kepala Bidang, Kepala Seksi, PPTK , Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan , dan staf Dinas PU Kota Prabumulih.

Acara Ruawahan itu sendiri antara lain diisi pembacaan do’a dan pembacaan surah Yassin yang biasanya dilakukan pada bulan Sya’ban dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir M Ardi Supratman dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, jika ada perkataan perbuatan yang tidak berkenan, karena dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang tak lama lagi kita harus menyambutnya dengan hati yang bersih.

“Acara ruwahan ini di gelar dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan.kebetulan bulan ini ada kegiatan arisan ibu dharma wanita jadi acaranya kita gabungkan. Selain itu juga, untuk mempererat tali silaturahmi antar pegawai,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang staf Dinas PU yang juga koordinator kegiatan, Widi menjelaskan kegiatan arisan Dinas PU merupakan agenda rutin Dinas PU yang telah lama berlangsung. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap 3 bulan sekali, sedangkan pemenangnya akan dirapelkan. Untuk pengumpulan dana di potong dari uang gaji. Saat ini anggota arisan ini kurang lebih 100 orang yang terdiri 70 orang PNS dan 30 orang TKS.


“Ini adalah bulan terakhir kegiatan arisan ini. Ke depan, arisan ini kan terus dilanjutkan,” tutup Widi. (win)

PAS, Aplikasi Online Mudahkan Urusan Sekolah

PRABUMULIH, PP - Sebanyak 45 tenanga pendidik SMA - SMK se-kota Prabumulih dilatih untuk menjadi operator entri data Paket Aplikasi Sekolah (PAS) online. Pelatihan operator aplikasi sekolah online digelar di SMA PGRI Kota Prabumulih selama tiga hari mulai dari tanggal 27- 29 Juni. Pelatihan Program ini dimaksudkan untuk mempermudah laporan dan pelayanan data manajemen informasi setiap sekolah yang tersebar di Indonesia melalui jaringan internet dengan satu server di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

PAS SMA sendiri menurut Narasumber dari Kemendikbud RI Andik Purwanto adalah piranti lunak sistem informasi manajemen pendidikan Menengah Atas untuk tingkat sekolah, yang secara khusus dirancang dan dibangun untuk dijalankan di setiap Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Indonesia. Dan saat ini Seluruh SMA dan SMK di Kota Prabumulih diwajibkan mampu mengimplementasikan aplikasi tersebut secara online. Dengan menggunakan PAS-SMA, administrasi sekolah akan sangat terbantu khususnya dalam pendataan, pelaporan, dan pelayanan data dan informasi tentang sekolahnya kepada pihak luar yang membutuhkannya.

Dikatakan Andik, Sesungguhnya PAS itu adalah Pendataan sekolah menengah online. PAS yang dimaksudkan adalah aplikasinya, Kalau program dikementrian namanya pendataan Sekolah menengah online, kalau di Dikdas nama programnya Dapodik, Kalau di Dikmen namanya Paket Aplikasi Sekolah Online.

Aplikasi PAS bertujuan karna untuk saat ini di kementerian sedang menggelar sistem reformasi birokrasi, untuk membenahi jalur pendataan. Untuk itu dibutuhkan suatu aplikasi untuk mempermudah pihak sekolah dalam berinteraksi atau mengelola data sekolahnya masing-masing. Selama ini pendataannya berjenjang. Sebelum data masuk ke pusat data sekolah dikelola dulu oleh dinas pendidikan ditingkat kabupaten selanjutnya ke Dinas Pendidikan Propinsi. Nah dengan pola seperti itu dinilai tidak efektif. Permohonan atau data yang diterima oleh kementrian sejauh ini kebanyakan sudah sudah basi, kenapa? Karena data untuk sampai ke pusat itu perlu waktu yang cukup lama dan tidak up to date," ujarnya.

Disinggung apa saja kendala kendala yang dihadapi saat memberikan pelatihan terhadap peserta, Andik mengungkapkan, kebanyakan para peserta belum mengenal perangkat aplikasi. Yang kedua para peserta masih banyak yang bertanya serta SDM para peserta yang masih minim dibidang aplikasi online.

Ketua Panitia Sosialisasi dan pelatihan PAS Heriadi dari Dinas Pendidikan Kota Prabumulih disela-sela acara pelatihan kepada wartawan mengungkapkan bahwa sesudah pelatihan ini, Aplikasi PAS akan di instal di komputer milik sekolah untuk memudahkan para operator yang telah dipersiapkan pihak sekolah memasukkan data atau permohonan kepada Kementrian melalui program atau alat yang telah disediakan. Setiap sekolah diwajibkan dalam pengelolaan data sekolah menggunakan program tersebut. Jika sekolah sudah mengisi data di PAS, kementerian juga dengan mudah menanggapi keluhan yang terjadi disekolah-sekolah. Server pusat akan segera melakukan verifikasi terhadap laporan yang masuk dan kemudian dilakukan analisis untuk selanjutnya direalisasikan. Mudah, cepat dan aman, ujarnya.

Manfaatnya sendiri bagi sekolah lanjut Heriadi adalah, sekolah dalam melengkapi administasi management sekolah jauh lebih bagus seluruh data terintegritasi dalam satu sistem yang falid dan up to date. Sementara bedanya PAS dengan Dapodik adalah pengelolaan data di PAS bisa dilakukan secara offline. Setelah data dikemas di Offline selanjutnya di masukkan pada program seterusnya dikirimkan.

Sangat Sederhana. Tidak membutuhkan perangkat keras komputer dengan spesifikasi teknis yang tinggi. Dapat disesuaikan dan dikembangkan secara lebih lanjut dan mandiri, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing sekolah. Untuk juli nanti program ini sudah harus dijalankan. Jadi dipastikan para peserta yang mengikuti pelatihan sudah siap dalam menjalankan program yang dimaksud, tandasnya. (pp/01)

Payuputat Gelar Jampersal dan Lomba Desa Siaga

PAYUPUTAT, PP - Kelurahan Payu Putat Kecamatan Prabumulih Barat menyelenggarakan Jampersal bagi seluruh Ketua RT dan RW di Kelurahan Payuputat. Hal ini disampaikan oleh Lurah Payuputat Edi Suanto, saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

"Jampersal sendiri diikuti oleh seluruh Ketua RT dan RW se Payu Putat dan kegiatan Lomba Desa Siaga adalah salah satu program dari Dinas Kesehatan Kota Prabumulih," tambah Edi Suanto.

Ia mengharapkan dalam penilaian Desa Siaga ini, Kelurahan Payu Putat dapat menjadi juara dan menambah prestasi membanggakan bagi kelurahan ini. (bmg)

KPPT Prabumulih Gelar Sosialisasi Perundang-Undangan Bidang Perizinan

PRABUMULIH, PP - Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Prabumulih menggelar Sosialisasi Perundang-Undangan Bidang Perizinan. Dalam kegiatan ini, diikuti oleh seluruh Kasi Ekonomi Kelurahan dan Kecamatan se Kota Prabumulih.

Pelaksanan kegiatan Siti Zainab menyatakan kegiatan ini untuk mensosialisasikan perizinan dan pedoman hukumnya kepada pihak-pihak terkait, terutama bagi pelayanan masyarakat di tingkat Kelurahan dan Kecamatan di Prabumulih.

Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Prabumulih H Zaily O.F Abidin AP MSi, menyatakan ini merupakan kegiatan yang akan terus dilakukan dalam rangka menyamakan pemahaman tentang tata cara pengurusan perizinan yang efektif, cepat dan bebas pungli. "Ke depan, pelayanan pengurusan perizinan memang satu atap, dengan pengurusan cepat, mudah, jelas retribusinya dan bebas pungli dan upaya peningkatan PAD" tandas H Zaily.

Kegiatan sendiri dibuka oleh Asisten III Setda Kota Prabumulih H Rochim AZ mewakili Walikota Prabumulih, hadir juga Kepala Diskoperindag Prabumulih Junaidah SE MM. (bmg)

RM Bintang Sumatera Diresmikan



Zainuddin  H Nanguri beserta Istri, Pemilik RM Bintang Sumatera
LEMBAK, PP - Bagi anda pencinta kuliner, kini telah diresmikan Rumah Makan Bintang Sumatera yang berlokasi di Lembak, Kabupaten Muara Enim.

Rumah Makan yang menyajikan masakan khas Padang ini, merupakan salah satu Rumah Makan yang mempunyai keunggulan kelezatan cita rasa, penyajian yang cepat dan ramah, serta harga terjangkau.


Zainuddin H Nanguri, pemilik dan pengelola Rumah Makan Bintang Sumatera, disela-sela peresmian Rumah Makan Bintang Sumatera, Kamis (27/6) menyatakan minatnya memiliki dan mengelola rumah makan, karena dirinya pencinta kuliner. "Sebagai pencinta kuliner, saya sangat tertarik untuk memiliki dan mengelola rumah makan ini, dan peminat kuliner masakan khas Padang ini cukup besar, maka saya terjun ke usaha rumah makan Padang ini," jelas Zainuddin.

 

Para tamu menikmati hidangan RM Bintang Sumatera
RM Bintang Sumatera sendiri buka 24 jam, untuk melayani konsumen dan pelanggan. "Kami berikan pelayanan maksimal untuk pelanggan, harga terjangkau dan cita rasa lezat," tambah Zainuddin H Nanguri.

Tampak dalam peresmian Rumah Makan Bintang Sumatera ini, dihadiri oleh para kerabat, tamu undangan, Plt Sekda Prabumulih H Achmad Sobri SH, para Kepala SKPD di Pemerintah Kota Prabumulih. (bmg)

Pemkot Prabumulih Lepas Kontingen LPI dan Jambore Pemuda

PRABUMULIH,  PP – Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya diwakili oleh Plt Sekda Prabumulih H Achmad  Sobri, melepas tiga kontinge Liga Pendidikan Indonesia dan Jambore Pemuda tingkat SMP sebanyak 20 orang dan tingkat SMA sebanyak 20 orang. Pelepasan ini berlangsung di Halama Perkantoran Pemerintah Kota Prabumulih Sindur (27/6).

“Kegiatan LPI dan Jambore Pemuda ini diwakili oleh SMP Negeri 1 Prabumulih dan SMA Negeri 1 Prabumulih, yang akan bertanding dalam cabang olahraga Sepak Bola, yang akan berlangsung dari tanggal 30 Juni s.d 4 Juli 2013 mendatang di Kompleks GOR Jakabaring Palembang,” ujar Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Prabumulih, Taftazani dalam sambutannya.

Kurung waktu dua tahun terakhir ini, kontingen Kota Prabumulih sudah menunjukkan prestasi dan mengharumkan nama daerah, dan mewakili Provinsi SumateraSelatan dalam  kegiatan yang sama di Manado, Sulawesi Utara.

Walikota Prabumulih diwakili Plt Sekda Prabumulih H Achmad Sobri dalam sambutannya mengharapkan agar kontingen Prabumulih dapat menjaga nama baik daerah, serta menjaga sportivitas. “Mari jaga nama baik daerah, junjung tinggi sportivitas dan berprestasi dengan baik,” ujar H Achmad Sobri. Ia juga memberikan bantuan uang kepada tiga kontingen dan langsung melepas kontingen LPI dan Jambore Pemuda, yang didampingi langsung oleh Kepala  Kantor Pemuda dan Olahraga Prabumulih ke Palembang. (bmg)

Ketika Pali Berharap Dukungan Stake Holder

26 Jun 2013

PALI PP  – Untuk menunjang roda pemerintahan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten pemekaran seperti Kabupaten Pali pemerintah Kabupaten dibawah pimpinan Bupati Caretaker Heri Amalindo sangat berharap dukungan stake Holder maupun elemnt masyarakat. Guna mewujudkan hal tersebut, kemarin Selasa (25/06) di Gedung Arsendora Pertamina EP Field Pendopo Bupati Pali mengundang tokoh masyarakat Pali, Pimpinan BUMN, BUMD, Camat se Kabupaten Pali, Perbankan, Swasta dan stake holder lainnya untuk meminta dukungan demi tercapainya Kabupaten Pali sebagaimana yang diharapkan.

 Mengingat kondisi Kabupaten pemekaran dari Kabupaten Muara Enim ini yang masih minim fasilitas maupun sarana dan prasarana, Pemkab Pali untuk saat ini sangat berharap kepada pemegang tampuk pimpinan perusahaan, BUMN maupun swasta dapat memberikan konstibusi demi kelancaran roda pemerintahan. Hal ini sangat dimaklumkan mengingat anggaran yang masih berharap dari kabupaten induk yang jumlahnya tidak seberapa sementara tugas pemerintahan dituntut lebih maksimal.

Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh pimpinan perusahaan seperti BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) serta tokoh masyarakat ini banyak melakukan pembahasan seputar pemerintahan yang masih minim fasilitas pendukung. Turut hadir dalam acara yang dikemas dalam ramah tamah tersebut, Pimpinan PT Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo Handri Utama. FM KSO-KSO Pertamina, Direktur perusahaan jasa/ kontruksi, perusahaan perkebunan/ sawit, perusahaan pembiayaan, APMS, perbankan, PLN, Kantor Pos, hingga PDAM, dan lain-lain.

Kepala Urusan Pemerintahan Umum, Hukum, Organisasi, dan Kepegawaian Pemkab PALI, Drs Darmawi MM , dalam sambutannya  mengungkapkan, bahwa Kabupaten PALI yang baru berdiri dan diresmikan 22 April lalu sangat berharap dukungan perusahaan-perusahaan di PALI untuk mensukseskan pemerintahan Kabupaten Pali yang lebih baik dimana dalam waktu dekat direncanakan penempatan sementara Kantor Bupati Pali. 

Intinya Instansi Swasta maupun BUMN bisa bersinergi mewujudkan Pemerintahan Pali yang lebih baik dan berharap kontribusi perusahaan dalam hal pemenuhan kebutuhan peralatan dan perlengkapan kantor pemerintahan Pali nantinya.

“Kondisinya sangat minim. Kami sebagai orang-orang yang ditunjuk sebagai tim pendukung tugas-tugas caretaker Bupati sudah bekerja maksimal. Dengan meminta bantuan pada pihak terkait. Alhamdulillah untuk rumah dinas Bupati sendiri difasilitasi Pertamina. Pun juga perkantoran di KM 10 itu, pinjam pakai dengan pihak MHP. Oleh karena itu, pertemuan malam ini kami mohon dukungan dan bantu kami dalam rangka melaksanakan program pembangunan kepada masyarakat. 

Adapun anggaran dari Kabupaten induk Muara Enim senilai Rp 5 M ditambah bantuan anggaran Rp10 M dari Propinsi dinilai masih belum cukup. Dimana dana tersebut juga digunakan sebagai biaya operasional. Sementara awal Juli nanti dimungkinkan semua struktur organisasi pemerintahan di Kabupaten PALI sudah dibentuk, untuk kemudian dilantik dan menempati perkantoran Pemerintahan PALI yang saat ini sudah mulai direnovasi.
 
Untuk Kantor Bupati sendiri statusnya masih pinjam pakai yakni kantor di eks gedung Diklat di MHP (Musi Hutan Persada) KM 10 dan direncanakan menjadi pusat perkantoran pemerintahan Pali selama masa transisi 2013 – 2015 mendatang. Untuk renovasi sendiri kata Darmawi, sudah dimulai. Bukan hanya Bupati, semua dinas terkait juga akan bergabung disana.

Selanjutnya Kata Darmawi, beberapa peralatan dan perlengkapan kantor pemerintahan Pali yang dibutuhkan. Sedikitnya ada 23 item kebutuhan peralatan dan perlengkapan kantor dimaksud. Mulai dari komputer hingga kursi lipat. Dengan besaran nominal anggarannya mencapai angka  Rp1,9 M.

Menanggapi permintaan tersebut, pimpinan perusahaan atau yang mewakili menyatakan dukungan dan kepeduliannya kepada pemerintahan PALI. Hanya saja, rata-rata pimpinan perusahaan malam itu mengaku hanya bisa menampung permintaan atau usulan saja.
 
Seperti yang disampaikan Joko Laksono, dari bagian Legal PT MHP. “Saya mewakili Direktur untuk sementara hanya bisa menampung apa yang menjadi harapan tersebut. “kami mengerti, bahwa PALI ini Kabupaten baru dan perlu banyak bantuan. Kami akan mengakomodir untuk selanjutnya menyampaikan ke pihak Manajemen,” janjinya.

Hal senada juga disampaikan FM Pertamina EP Field Pendopo, Handri Utama. Menurutnya, Pertamina sangat peduli pada perkembangan daerah dan lingkungannya. “Kami siap mendukung dan peduli. Namun kami bukan pengambil keputusan. Segala sesuatu, keputusannya ada di SKK Migas,” tandasnya. 

Teks/Photo : Pidin
Editor J Manurung
 

© Copyright Posmetro Prabu 2010 -2011 | Design by Jun Manurung