Home » » Pejabat Ganti Plat Mobil Dinas Bakal Disanksi

Pejabat Ganti Plat Mobil Dinas Bakal Disanksi

Written By Posmetro Prabu on 05/12/13 | 5.12.13

PRABUMULIH, PP - Puluhan mobil dinas (mobdin) dilingkungan pemerintah kota (Pemkot) Prabumulih, banyak yang tak jelas keberadaannya. Hal ini dikarenakan, akhir-akhir ini banyak pejabat yang mendapatkan fasilitas mobdin mengganti plat mobilnya dari plat merah menjadi plat hitam. Bukan hanya pejabat di Pemkot saja, penggunaan plat hitam dimobil dinas juga dilakukan oleh anggota DPRD Kota Prabumulih.

Tidak jelas apa alasan para pejabat tersebut menggunakan plat hitam, namun yang pasti penggunaan plat hitam pada mobdin rentan untuk disalahgunakan alias dipakai bukan untuk keperluan dinas. Tidak hanya itu saja, banyak diantara mobdin tersebut kini kondisinya sudah tidak terawat. Padahal, kalau dilihat dari usianya mobdin yang digunakan para pejabat masih tergolong muda.

Ketua Lembaga Pemantau Pembangunan dan Penyelamat Aset Daerah (LP3AD), Mulwadi menyayangkan, prilaku pejabat yang men ggangti plat mobdin. Menurut Mulwadi, apa yang dilakukan para pejabat tersebut tidak dapat dibiarkan begitu saja. Karena bukan tidak mungkin, kata Mulwadi, nantinya kendaraan dinas itu digelapkan.

“Kita tidak tahu apa maksud penggantian plat mobdin itu, apakah untuk menghindari pengisian BBM jenis premium atau memang ada unsur ingin memiliki asset pemerintah (penggelapan),” ujar Mulwadi ketika dibincangi wartawan, Kamis (5/12/2013).

Dikatakannya, Wali Kota Prabumulih harus mengambil tindakan terkait ulah para pejabat itu. “Wako harus memberikan teguran, atau bila perlu diberikan sanksi tertulis bahkan kalau memang dianggap perlu kandangkan saja mobdin yang diganti platnya,” tegasnya sembari menuturkan semestinya para pejabat bangga mendapatkan fasilitas mobdin.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya secara tegas mengatakan, kendaraan dinas tidak boleh diganti plat nomor polisinya dari merah menjadi hitam. “Tidak boleh, siapa yang mengganti plat segera laporkan kepada saya akan saya layangkan surat peringatan dan akan kita berikan teguran,” tandasnya.

Diakui Ridho, memang anggaran mobdin itu sangat minim tapi hal itu tidak dapat dijadikan alasan bagi para pejabat untuk mengganti plat. “Kebetulan biaya operasional tidak memadai, tapi jangan jadikan alasan untuk mengganti-ganti plat merah menjadi plat hitam,” ungkapnya.

Dikatakan Ridho, semestinya para pejabat yang mendapatkan fasilitas mobnas bangga menggunakannya. Sebab kata dia, tak semua orang dapat menggunakan mobil dengan plat merah. “Harusnya bangga pake plat merah, tidak semua orang bisa pake plat merah. Tapi semua orang berduit bisa pake plat hitam. Kayolah uwong dak biso pake plat merah kalu bukan pejabat,” pungkasnya. (dn)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu