Home » » P4 - IP Langkah menuju Masyarakat Madani

P4 - IP Langkah menuju Masyarakat Madani

Written By Posmetro Prabu on 16/12/13 | 16.12.13

Oleh : Eka Patriani
Wartawan Prabumulih pos

Pemerintah terus berusaha memperbaiki perekonomian Indonesia, mengajak dari masayakat yang biasa menuju kepada masyarakat madani. salah satu upayanya Pada Tahun 2013, Pemerintah telah menetapkan berbagai Program untuk mengurangi beban hidup masyarakat miskin yang dialami akibat perubahan besaran harga subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM).

Salah satu Program Kompensasi Pasca Kenaikan BBM tersebut adalah Program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Permukiman (P4-IP) di Perdesaan dan Perkotaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.
 
Program P4-IP dalam mendukung Program nasional Pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan dimaksudkan sebagai upaya memberikan kemudahan akses penyediaan infrastruktur permukiman di perkotaan, terutama bagi masyarakat miskin, yang berbasis pemberdayaan masyarakat di Perkotaan dan Pedesaan. 

Melalui penyediaan infrastruktur Permukiman di Perkotaan tersebut diharapkan masyarakat miskin di wilayah sasaran dengan cepat dapat memulihkan kembali kondisi kesejahteraan dan mengembangkan pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

Seperti di Kota Prabumulih tahun ini, Program P4-IP dilaksanakan di 10 Kelurahan/ desa dengan tujuan untuk mberikan kemudahan akses masyarakat miskin terhadap infrastruktur dasar permukiman di perkotaan dan Mendorong roda perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat miskin dengan terbangunnya sarana dan prasarana infrastruktur yang baik. (petunjuk plaksanaan p4-ip, KemenPU,2013)

Dalam pelaksanaan dilapangan, program P4IP ini murni diserahkan dan diola oleh masyarakat, sehingga masyarakat setempat yang kamungnya terpilih sebagai wilayah sasaran pembangunan melalui program ini merasa dihargai dan keberadannya dibutuhkan. Dalam pelaksanaanya biasanya semuanya dilakukan secara bergotong royong, cara tersebut jugamerupaka budaya kita yang hampir hilang namun tetap dilestarikan melalui berbgai program Pemerintah yang dijalankan melalui PNPM MP.

Bahkan untuk memermudahkan masyarakat dalam pelasanaan program ini, tahapan kegiatan pelaksanaan P4IP  juga diinformasikan secara jelas dan lengkap, mulai dari persiapan Sosialisasi tentang P4IP yang Dilakukan agara seluruh pelaku pembangunan lokal memahami masing-masing tugas pokok dan fungsi, sehingga mengetahui, memahami, melaksanakan, dan melestarikan dan Membangun komitmen Bersama Agar pelaksanaan sesuai dengan tupoksi stake holders masing – masing maka perlu di bangun komitmen bersama agar pelaksanaan sesuai dengan perencanaan yang sudah disusun bersama.

Mengenai rencana kegiatan, program – program yang sudah dilaksanakan dan program yang belum maka perlu dilakukan review Perencanaan Jangka Menengah dan Rencana tahunan Program penanggulangan kemiskinan (PJM-Pronangkis). Sehingga dapat disusun rencana tahunan kegiatan untuk tiga tahun kedepan. Melalui kegiatan ini masyarakat belajar meninjau pelaksanaan yang sudah dilakukan.

Dana P4IP dikhususkan untuk kegiatan infrastruktur, untuk itu program kegiatan yang sudah tersusun perlu di sepakati, sehingga kegiatan infrastruktur yang sudah tersusun dapat direalisasikan sesuai dengan rencana. Dengan kegiatan ini masyarakat belajar menyusun kegiatan pembangunan infrastruktur.

Untuk mendapatkan acuan dalam pembangunan kegiatan maka perlu acuan, sehingga penyusunan proposal kegiatan dan rencana anggaran biaya dirasa sangat penting, sehingga pelaksanaan sesuai dengan rencana yang tersusun dalam proposal dan RAB. Melalui kegiatan diharapkan masyarakat dapat belajar menyusun usulan kegiatan yang dapat di usulkan kepada pihak – pihak terkait.

Seteleh kegiatan dan proposal tersusun, tahap berikutnya adalah pengajuan anggaran, sehingga penyusunan dokumen pencairan BLM perlu disusun dan ditandatangani serta di ajukan kepada pihak terkai dengan ferifikasi dari pihak konsultan. Dalam tahapan ini pembelajaran menyusun usulan pengajuan anggara diajukan kepada pihak pemerintah, dan diharapkan juga dapat bermitra dengan pihak swasta dan kelompok peduli.

Setelah persiapan dan perencanaan selesai maka tahap selanjutnya adalah pelaksanaan dengan beberapa tahapan, seperti Pencairan Dana Bantuan Langsung Mandiri (BLM). pendanaan disesuaikan dengan tahapan perkembangan pelaksanaan kegiatan, setelah pelaksanaan pembangunan kegiatan mencapai 40% dilanjutkan dengan 30% dan seterusnya sampai dengan selesai, hal ini unutk pengendalian dan pelaksanaan sesuai dengan progress kegiatan.

Pada waktu pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan dan persiapan pra konstruksi, kegiatan dilaksanakan dengan menggalang kebersamaan dan kegotong royongan serta keswadayaan masyarakat. Proposal dan RAB yang telah tersusun menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan.
Agar kegiatan dapat berumur panjang maka perlu dibentuk Tim pemeliharaan, sehingga jika terjadi kerusakan – kerusakan tim pemelihara dapar melakukan perbaikan – perbaikan, sehingga kerusakan dapat dicegah dan diminimalisir.

Karna bentuk program ini pemberdayaan masyarakat, dan bangunan yang terbangun menjadi asset masyarakat maka perlu  dipantau secara berkala oleh masyarakat setempat.

Evaluasi capaian kegiatan dilakukan untuk mengetahui sampai sejauh mana kegiatan dilaksanakan, sehingga beberapa kegiatan yang dirasa masih kurang dapat dilakukan perbaikan- perbaikan dikemudian hari dan hal – hal yang sudah baik dapat di pertahankan.

Semonga masing- masing stake holder dan pelaku pembangunan lokal dan berperan dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan dan penanggulangan kemiskinan. Tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan P4IP merupakan bagian dari suatu proses pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat, diharapkan masyarakat mampu terus bertumbuh menuju masyarakat berdaya, mandiri, dan madani.(*)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu