Home » , » Mulai 1 Januari, Bayar PBB Langsung ke Pemkot

Mulai 1 Januari, Bayar PBB Langsung ke Pemkot

Written By Posmetro Prabu on 24/12/13 | 24.12.13

PRABUMULIH  – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) kota Prabumulih sejak 1 Januari 2014 mendatang sepertinya harus bekerja lebih ekstra. Penyebabnya, sejak tanggal tersebut pengelolaan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dilimpahkan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPPP) ke Pemerintah daerah.

“Jadi mulai Januari nanti pengelolaan PBB P2 diserahkan kepada pemerintah daerah, suka tidak suka kita harus melaksanakan amanat tersebut,” tegas Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM ketika diwawancarai usai melakukan launching pengelolahan PBB P2 di hotel Grand Nikita , Senin (23/12/2013).

Menurut Ridho, dilimpahkannya pengelolahan PBB P2 dari KPP Pratama ke Pemerintah tersebut dilakukan sesuai dengan Undang-undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak Daerah dan Retrebusi Daerah, dimana sebagai pengganti undang-undang 34 tahun 2000.

“Untuk itu saya berpesan kepada Kepala DPPKAD untuk melaksanakan pengelolaan PBB P2 dengan baik sehingga sumber pembiayaan pembangunan kota Prabumulih tersebut bisa kita andalkan,” harapnya.

Ridho mengatakan, berdasarkan Undang-undang nomor 28 tahun 2009 tersebut ada sebelas jenis pajak daerah dengan artian terdapat penambahan empat pajak daerah, antara lain pajak air tanah, pajak sarang burung wallet, PBB P2 serta Pajak Bea Perolehan hak atas tanah dan bangunan.

“Sedangkan retrebusi daerah tetap ada tiga golongan, retrebusi jasa umum, jasa usaha serta perizinan tertentu,” tambahnya.

Lebih lanjut suami Ir Suryanti Ngesti Rahayu ini berharap, dengan telah dilimpahkannya pengelolahan PBB P2 tersebut, seluruh kepala dinas dan instansi yang mengelola pendapatan asli daerah agar dapat menggali secara maksimal segala sumber-sumber penerimaan daerah tersebut, sehingga PAD kota Prabumulih menjadi makin besar.

“Kita berharap tahun-tahun mendatang setelah launching ini dilakukan pengelolaan PBB khususnya di sector Pedesaan dan Perkotaan akan terus mengalami peningkatan, tidak justru mengalami penurunan,” bebernya.

Tidak hanya itu, agar pengelolaan dalam pelaksanaan pelimpahan tugas itu berjalan dengan baik, Walikota prabumulih secara langsung meminta KPP Pratama untuk terus memberikan pembinaan dan pendampingan kepada pemerintah kota Prabumulih dalam hal pengelolaan pajak tersebut. “Kita minta KPP Pratama terus mendampingi dan membina, sehingga pengelolaan PBB P2 berjalan sesuai keinginan dan tidak mengalami kendala,” pntanya.

Pantauan dilapangan, usai melakukan launching pengelolaan PBB P2 tersebut, Walikota Prabumulih bersama jajaran didampingi Kepala DPPKAD, Drs Ujang Sukarman melakukan peninjauan perlengkapan peralatan dalam pengelolaan dan penerimaan Pajak Bumi Bangunan sector Perdesaan dan perkotaan (PBB P2)





Sumber : tribunsumsel.com
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu