Home » » Konsleting Listrik, Kantor Disnakertrans Nyaris Terbakar

Konsleting Listrik, Kantor Disnakertrans Nyaris Terbakar

Written By Posmetro Prabu on 19/12/13 | 19.12.13

PRABUMULIH, PP - Diduga akibat terjadi konsleting listrik atau arus pendek pada salah satu sambungan kabel listrik laptop, membuat kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Prabumulih, nyaris terbakar, Kamis (19/12/2013) pagi sekitar pukul 10.00 WIB. Beruntung insiden yang sempat membuat pegawai dinas ini kocar kacir berhamburan keluar kantor menyelamatkan diri, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Dari informasi dihimpun, kejadian itu bermula saat salah satu pegawai diruangan Hubinwas membeli sebuah sambungan kabel colokan di salah satu toko listrik. Setibanya dikantor, sambungan colokan kabel itu langsung dia coba pada sambungan kabel laptop. Namun belum beberapa menit dipasang, tiba-tiba dari dalam colokan itu mengeluarkan asap dan bau kabel terbakar.


Bahkan berselang kemudian, dari colokan itu mengeluarkan suara dentuman kecil disertai percikan api dan asap yang ditimbulkan makin tebal dan memenuhi ruangan seluruh kantor. Kontan kejadian itu membuat sejumlah pegawai yang ada dalam ruangan itu panik, dan berhamburan keluar kantor sambil menyelamatkan barang-barang kantor.


"Kepulan asap awalnya kecil kami kiro dari asap rokok, tapi lamo-lamo tambah banyak dan tercium bau seperti kabel terbakar," aku salah satu pegawai Hubinwas Disnakertrans Prabumulih kepada media  ini, Kamis (19/12)


Pegawai yang tidak mau menyebutkan namanya ini pun mengaku, langsung berteriak minta tolong dan keluar dari ruangan tersebut bersama rekan-rekannya yang lain.


Dia menduga, asal api disebabkan konsleting listrik dari sambungan colokan kabel yang baru saja dibeli temannya pada salah satu toko listrik.

Beruntung api berhasil cepat dipadamkan, namun kejadian itu tak urung membuat aktivitas ruangan Hubinwas terganggu. Kepanikan juga dialami Syarifah Revi J, staf Hubinwas lain. Menurutnya, peristiwa itu sempat membuat dirinya dan rekan sekantornya yang lain panik, dan lari menyelamatkan diri.

"Asapnya tebal sekali, jadi sesak nafas ini, ada-ada saja kejadiannya dan nyaris kantor ini ludes terbakar," akunya, seraya meninggalkan kantor.


Sementara itu, Kadisnakertrans Kota Prabumulih Zulkifli, melalui Kabid Hubinwas, Ahmad Riadi, ketika dibincangi dilokasi kejadian mengatakan, insiden terjadi karena terjadi konsleting listrik pada salah satu sambungan kabel colokan laptop.


"Hanya insiden kecil, colokan kabel dari sambungan kabel laptop terbakar, tapi sudah berhasil dipadamkan hanya sisa asapnya saja yang masih membumbung memenuhi ruangan," jelas Ahmad Riadi, Kabid Hubinwas, ketika dibincangi sejumlah wartawan. (dn)

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu