Home » » Kereta Api Mogok, Pintu Perlintasan Rel Prabujaya Tertutup Sekitar 2 Jam

Kereta Api Mogok, Pintu Perlintasan Rel Prabujaya Tertutup Sekitar 2 Jam

Written By Posmetro Prabu on 19/12/13 | 19.12.13

PRABUMULIH, PP - Gara-gara sebuah kereta api (KA) Suka Cinta IV bermuatan batubara tak tertanjak saat melintas di pintu perlintasan jalur rel kereta api Jalan Ahmad Yani, Prabujaya, Kamis (19/12) sore, membuat lalu lintas di jalan perlintasan tersebut macet total hingga 3 jam-an.

Tak ayal kondisi itu membuat sebagian pengendara sepeda motor balik dari arah jalan Jenderal Sudirman, Jalan Angkatan 45 dan sebaliknya terpaksa berbalik arah mencari jalan alternatif.


Berdasarkan pantauan, insiden terhentinya laju KA jenis babaranjang itu bermula saat KA yang datang dari arah Lahat menuju Kertapati, Palembang ini hendak melintasi pintu perlintasan rel Prabujaya, Kecamatan Prabumulih Timur.


Diduga karena sekitar jalur rel tersebut lagi ada pembangunan pembuatan gorong-gorong jalur rel double track, masinis KA Suka Cinta IV lantas mengurangi kecepatannya, akibatnya laju KA terhenti karena tak tertanjak saat melewati perlintasan rel  dan ditambah beban muatan batubara pada setiap gerbong KA.


"Kereta api tak bisa berjalan, karena tak tertanjak saat melintasi rel, jadi kalu mau cepat mutar saja pak, karena kita tidak bisa berbuat apa-apa," sebut salah satu penjaga pintu perlintasan rel KA Prabujaya, Andi, Kamis (19/12).


Ia menuturkan, seharusnya saat melintas di pintu perlintasan rel Prabujaya, kecepatan KA tidak boleh berkurang namun karena ada aktivitas pembuatan gorong-gorong jalur rel double track didekat pintu perlintasan, membuat masinis KA babaranjang mengurangi kecepatan.


"Akibat laju KA lamban, akhirnya tak tertanjak. Padahal di rambu sini jelas, kecepatan KA tidak boleh pelan," terangnya, sembari menyebutkan kejadian itu baru pertama kali terjadi.


Sementara itu, akibat tertutupnya badan jalan oleh rangkaian gerbong KA yang melintang tepat didepan pintu perlintasan rel Prabujaya, membuat aktivitas lalu lintas kendaraan mobil dan sepeda motor macet total hingga sejam-an lebih.


"Ai terpakso pak, muter balik arah lewat jalan laen. Lamo nunggukenyo, men mobil lemak pacak didorong be men sepor (KA) ini apolagi bawa batubara, bukan barang dorongan," cetus Dola (32) warga Kelurahan Gunung Ibul, yang mengaku terpaksa memutar jauh kendaraan sepeda motornya untuk menuju pulang kerumahnya. (dn)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu